Google+ Followers

Monday, December 11, 2017

Antara Hujan dan Salju

Di sini sedang turun hujan
Di negeri sana sedang turun salju
Persamaannya yaaa sama-sama dingin
Sama-sama ada rasa khawatir
Kadang membuat cemas karena anginnya kencang
Kadang membuat tersenyum karena aku suka melihat ada butiran turun dari langit
Antara butiran air dan butiran es

Thursday, December 7, 2017

Revisi Hidup

Assalamu'alaikum,

Kemarin adalah salah satu hari yang penuh ujian. Menahan air mata untuk orang sesensitif aku ternyata g baik juga... Selama ini, aku udah jarang sekali nangis. Nah, kemarin sekalinya nangis udah deh banjir sampe mata bengkak nyut-nyutan dan kepala pusing... Mata udah dikompres sampe dua kali...

Revisi. Seiring berjalannya waktu, revisi bagi aku g hanya soal revisi ketika skripsi dan tesis. Mmm, sepertinya hidup aku juga perlu aku revisi... Dengan segala kerandoman aku, spontanitas, keacak-acakan yang buat orang geleng-geleng kepala... 
Alhamdulillaah nya dengan segala kekurangan dan keterbatasan aku sebagai manusia, aku selalu dikelilingi sama orang-orang yang selalu ada untuk aku... Terima kasih ya semua (orang-orang yang berada dalam ring 1 aku) yang selalu yakin sama aku, yang selalu ada buat meluk aku, yang selalu bilang semangat. Terima kasih atas doa-doanya untuk kelancaran segala urusan aku, terima kasih atas kehadirannya kemarin untuk memberikan selamat tapi berujung belum bisa kasih selamat karena masih ada yang tertunda...
Kadang sempat berpikir untuk menyerah saja karena aku sudah lelah tapi aku sudah sejauh ini... Hanya tinggal beberapa hari harus berjuang yang menentukan aku ke garis finish atau memilih give up ikut ambulans klo dipertandingan lari...
Yah hidup itu bukan hanya tentang hal yang membahagiakan saja, bukan hanya keceriaan yang aku tampilkan pada gambar dan tulisan di media sosial. Kadang aku hanya tidak ingin membagi kisah sedih dan keluh kesah di media sosial. Mungkin blog menjadi satu-satunya media sosial bagi aku untuk bercerita lebih banyak tanpa perlu mengganggu banyak pihak, tanpa perlu dilihat orang banyak.
Di balik kebahagian dan keceriaan yang kalian lihat percayalah pasti ada juga kok air mata yang pernah menetes. Aku pun jadi introspeksi diri, kenapa tidak perlu terlalu mengekspose kebahagiaan karena belum tentu orang lain bahagia dengan kebahagiaan kita. Ada kalanya mereka berpikir bahwa hidup aku terlalu bahagia tanpa mereka tau kisah-kisah sedih yang tak pernah aku tampilkan lewat gambar. Padahal awalnya aku berpikir bahwa foto-foto kebahagiaan aku juga bisa membuat orang lain bahagia...

Hidup adalah kisah bahagia dan sedih... Tidak mungkin bahagia terus tidak mungkin sedih terus...
Well, sekarang saatnya aku mengumpulkan sisa-sisa tenaga untuk revisi, ya revisi tulisan, ya revisi hidup...

Bismillaah... Kembalikan semuanya kepada Allah...

Friday, December 1, 2017

KIJP (Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau)

Assalamu'alaikum,

Hua mulai dari mana ya kisah ini... Baiklah, kisah dimulai dari awal mula aku tau KIJP.
Beberapa tahun yang lalu aku sempet ketemu sama Ka Asta dan Ka Chiki Fauzi yang pada waktu itu menjadi salah satu pengisi materi di Temu Pendidik Nusantara, Sekolah Cikal. Aku tertarik sama komunitas sosial yang Ka Chiki ikuti, ngobrol dan tanya-tanyalah aku. Ternyata komunitas itu adalah KIJP!

Singkat cerita, aku follow deh IG nya KIJP, tapi dulu aku jarang mainan IG jadi g tau klo lagi ada kegiatan dan dibuka untuk jadi relawan.
Nah, memang takdir Allah itu pasti. Aku yang g sengaja (padahal mah emang udah takdir Allah) liat IG KIJP yang lagi mencari relawan untuk ngajar di pulau. Alhamdulillaah aku pun sudah resign waktu itu jadi lebih fleksibel untuk pergi-pergi. Daftarlah aku, kirain ngisi isian biasa aja secara online, taunya panjang euy jawaban yang harus diberikan. Aku bener-bener belum ada bayangan itu isi pertanyaan2nya dari hp, klo diminta buat essay singkat 500 kata di beberapa pertanyaannya, aku pilih ngisi pake komputer deh, hehehe.... Soalnya pas pake hp eh ke restart, ulang dari awal coba, huhuuuu... Udah ngetiknya perjuangan, biasalah aku masih suka typo klo ngetik pake hap, jarinya kegedean kali ya... Hahahha...

Saat daftar biasa deh aku belum bilang ke mama papa soalnya (....), soalnya tesis belum selesai hahahahhaa.... Ya pasti ditanya2 deh kok kamu pergi2 kan tesis belum selesai bla bla bla bla.... Ya meskipun ujung-ujungnya aku akan berargumen :p. Saat udah kirim semua jawabannya terus aku baru bilang deh ke mama dan papa bahwa aku mau ngajar di pulau, sebentar kok cuma 3 hari... Tanggepan mereka, ya pastilah bahas2 tesis yang belum selesai tapi aku yakinkan bahwa kegiatan ini in syaa Allah bermanfaat dan positif :).

Ini pengalaman pertama bagi aku untuk coba ikutan jadi relawan ke pulau. Harap-harap cemas lolos apa ngga ya dan alhamdulillaah aku lolos, seneng sekali.... Beneran aku tungguin lho kabar ini...
Aku pengen aja gimana caranya aku bisa jadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak, aku mau aja bisa berkonstribusi lebih di dunia pendidikan khususnya pendidikan anak-anak :).

Oh iya aku itu ikutan KIJP batch 6, ternyata ada hampir lebih 300 relawan baik inspirator, fotografer, dan videografer yang bergabung. Relawan-relawan tersebut akan dibagi ke 13 pulau (Pulau Karimun Jawa, Pulan di Banten, dan 11 Pulau di Kepulauan Seribu).

Aku yang daftar sendiri (g sempet ngajak-ngajakin temen karena baru daftar saat hari terakhir batas pendaftaran) bener-bener mendapatkan kesempatan yang luar biasa, bisa kenal sama teman-teman baru yang seruuu bangeeet....

Sebelum hari keberangkatan ke pulau, ada trainingnya dulu, dari jam 8- hampir jam 5 sore... Wuih emang keliatannya lama banget ya dari pagi sampe sore, eits tapi ini trainingnya seru lho...

Saat training, relawan sempet dikelompokan berdasarkan cara belajar, tenyata aku ini orang bodily kinestetik.... Aku hepiii bangeet di grup ini karena hampir semuanya ya mirip aku, kita sama-sama rame, orangnya suka gerak, seru, jadi kelompok paling heboh, hahahhaa....

Nah pas awal training itu kita belum tau akan ditempatkan di pulau apa, aku pun pasrah aja karena emang temen baru semua, alhamdulillaah aku ngerasa satu frekuensi aja sama semua temen-temen di KIJP. Mmmm mungkin karena kita punya kesamaan, sama-sama peduli akan pendidikan anak-anak, sama-sama mau terjun langsung membuat diri menjadi lebih bermanfaat, dan sama-sama mau belajar dari orang lain.

Saat jadi relawan dari luar kita emang ngajar tapi sebenernya kita yang jadi banyak belajar.... 

Saat yang dinanti tiba, pembagian pulau. Aku dapet di Pulau Kelapa, mmm belum familiar pulaunya (aku cuma tau Pulau Pramuka, Harapan, Pari, Bidadari, Tidung). Tidak berekspektasi banyak, aku in syaa Allah sudah siap... Ya iyalah klo mau jadi relawan mah harus siap dengan kondisi seadanya :))

Ya meskipun teman-teman yang pas awal dateng aku kenalan dan aku udah deket pada hari itu g ada yang sepulau... Jadi kenalan lagi deh sama temen-temen baru yang akan sepulau. Persiapan sebelum berlayar cukup padat, kita ngadain dua kali ketemu. Aku gabung di seksi kertas cita-cita untuk anak-anak, kita buat lebih dari 300 topi-topian untuk anak-anak. Nah ketemuan untuk ngerjain pra karya ini di rumah aku (eh rumah Allah deng, yang dititipkan ke mama papa aku).

Nah berikut ini gambar yang sempat diabadikan :))

Naik perahu kayu, seseruan sama temen-temen yang asyik

Muka bahagia g bisa bohong, lautnya indaah masya Allah

To be continue maaf aku ngantuk, piss yooo....


Tuesday, November 21, 2017

Seminar Prasidang

Penantian
Belum Usai
Semoga Segera Usai

Hitam Putih Kehidupan

Biar gambar yang berbicara -sekian-

Sunday, November 19, 2017

Selasa Depan Seminar Pra Sidang

Assalamu'alaikum,

Huaa sudah jarang ngepost... Padahal banyak banget yang mau aku tulis, dari nikahan sahabat tersayang, serunya berlayar dan ngajar di pulau bareng KIJP (Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau, dan ikutan workshop merangkai bunga...
Nanti yah semoga sempet aku tulis :))
 Yup2, bismillaah in syaa Allah Selasa depan aku akan seminar pra sidang alias review tesis...
Mohon doanya ya semua...
Mohon maaf juga kalau ada salah soalnya bisa jadi dosa yg aku perbuat yg akan menghambat kelancaran segala urusan aku... 
Semoga studinya bisa segera lulus, ilmunya berkah, aamiin :)

Thursday, November 16, 2017

Saat Hujan Menemani

Hari ini cerah
Ya, awalnya
Kemudian
Mendung
Hujan
Hari ini aku menulis
Jari-jemariku menari di atas keyboard laptop
Aku berada di  depan jendela kaca besar
Hujan tidak pernah gagal
Tidak pernah gagal membuatku tersenyum
Aku suka sekali
Kali ini meski mungkin hatiku berair
Di depan mataku
Ada pemandangan danau yang menghampar
Airnya beriak terkena tetesan air hujan
Jendela kaca dipenuhi titik-titik air
Aku suka
Suka sekali
Kalau saja aku punya kesempatan bermain di bawah hujan
Ah aku mau sekali
Bukan hanya kali ini
Hujan menemani
Bukan hanya di waktu kini
Hujan menemani
Bukan karena aku senang
Hujan menemani
Bukan
Justru hujan datang di waktu yang tepat
Saat hatiku mungkin butuh teman
Saat semua terasa begitu sepi
Terima kasih telah menemaniku
Hujan


Saturday, October 28, 2017

Ketika Ada yang Menjauh???

Assalamu'alaikum,
Sebenernya lagi bingung kenapa ada orang yang tiba-tiba menjauh. Apa ini cuma perasaan aku aja ataukah emang ada sesuatu... Aku coba introspeksi diri, apakah aku ada salah atau pernah menyakiti orang tersebut...
Ya, sebenernya sedih banget sih karena aku tau sebenernya dia temen yang baik dan asik bangeeet... Masa setiap dia sadar aku ada di sebelahnya dia langsung pergi, setiap aku sapa dia nunduk dan suaranya jadi pelan... Aku komentar tapi g dibales juga :"( Terus g pernah sapa aku duluan lagi... Yasudah kita lihat progressnya saja ya mungkin hanya karena kesibukan dan mungkin ada hal yang lagi dia pikirkan...
Ya klo memang bermaksud menjauh karena g nyaman temenan sama aku, aku hargai keputusan itu...
 *wahai teman yang masih dan tetap aku anggap baik :")

Bertambah Dewasa???

Assalamu'alaikum,

Yup kali ini kita akan bahas tentang "dewasa". Dewasa yang akan dibahas kali ini bukan dari umur tapi pemikiran... Ya meskipun g dipungkiri umur jadi salah satu faktor yang bisa bikin pikiran berubah dewasa juga...
Aku ngerasain semakin ke sini, cara pandang aku akan sesuatu dan cara aku menghadapi masalah semakin berubah...
Awalnya, aku orang yang belum stabil secara emosi, bisa nangis sesenggukan tiba-tiba klo lagi sedih g peduli aku lagi di mana, kadang di keramaian pun...
Sekarang kebiasan itu sudah mulai berubah, aku g hanya peduli sama diri sendiri tapi aku juga mulai bisa menempatkan diri. Aku ini hidup g sendiri, aku ini hidup bukan hanya untuk memikirkan perasaan diri sendiri tapi ada perasaan orang lain yang akan terlibat jika aku berekspresi...
Klo aku sedih dan tiba-tiba nangis di keramaian apa orang lain g jadi khawatir? Apalagi orang-orang terdekat...
Ada kesedihan-kesedihan yang bisa dikelola atau dikontrol sehingga orang lain g perlu merasakan kesedihan juga.... Aku juga sudah mulai belajar untuk memaafkan dan merelakan, berdamai dengan masa lalu itu lebih menenangkan... Tetap bersilaturrahim dengan semua orang tanpa terkecuali itu membahagiakan, kita g perlu pilih-pilih, biarlah yang sudah berlalu...
Aku ingin semuanya baik-baik saja...
G semua orang suka sama kita, tapi bagi aku yang terpenting adalah aku g boleh jahat sama orang...
Bagi aku perubahan menjadi "dewasa" ini g luput dari bantuan Allah... Allah selalu punya cara yang paling baik untuk menjaga hambaNya, Allah bisa saja menjadikan itik buruk rupa jadi angsa yang elegan. Mudah bagi Allah menjadikan hati yang awalnya benar-benar lemah dan patah menjadi hati yang kuat seperti baja.
Bertambah "dewasa" juga bicara ketenangan dalam menghadapi sesuatu... Bukan cuma panik dan bingung tapi gimana memikirkan jalan keluarnya dan g main menyalahkan orang lain...
Harus instrospeksi...
Udah ah segini aja ya tulisannya... Sebenernya lagi tiba-tiba pengen nulis aja...
Bismillaah semoga jadi pribadi yang lebih baik...
*Maafkan klo tulisannya bersifat sangat personal, semoga berkenan.

Monday, October 16, 2017

Jerman Mengingatkanku pada ....

Assalamu'alaikum,

Wah udah jam setengah 2 pagi nih, belum bisa tidur...
Tadi abis liat foto-foto pemandangan musim gugur di IG. Eh pas banget lokasinya ternyata di Jerman, tulisannya sih di kota Köln... Sebenernya klo inget Jerman itu serasa ada sesuatu yang hanya perlu dikenang, disimpan rapi. Ada kenangan yang g perlu muncul ke permukaan. Selama ini, banyak puisi-puisi aku yang berkaitan dengan Jerman, itu aku klo merem bayangin lagi ada di salah satu tempat di Jerman abis itu bisa lancar nulisnya. Ya, Jerman jadi salah satu inspirasi aku nulis puisi. Aku pernah nulis tentang hasrat aku merasakan musim gugur di Jerman, rasa jatuh cinta aku sama salju di Jerman, tentang orang yang lagi kedinginan di Jerman, tentang kota ramai di Jerman tapi serasa sepi karena jauh dari tanah air dan sebagainya....
Aku masih sedih sih belum bisa ke Jerman sampai saat ini, tapi klo ke Jerman pun aku g tau apakah akan bahagia atau justru tambah sedih...
Memang ada orang-orang berjasa yang ingin aku kunjungi di sana tapi ada juga orang yang pengen aku temui tapi sebaiknya g usah, ya gpp g usah aja...
Kadang sedih juga ya ketika punya impian tapi sebenernya kita udah sama sekali g bisa mewujudkannya...
Bukan karena kita g usaha, bukan...
Namun, memang sudah jalannya aja begitu...
Ada sesuatu yang sudah terjadi dan g bisa kita ubah....
Kebahagiaan itu bukan hanya tentang "aku". Harusnya kebahagiaan orang lain juga jadi kebahagiaan "aku".

Melewatkan Musim Gugur

Sejak tahun lalu
Aku bercita-cita menjumpai musim gugur
Musim dengan warna-warni cantik mendominasi
Aku kagum dengan suasananya
Meskipun kata orang, dingin mulai menusuk
Aku selalu rindu berjumpa musim gugur
Berjalan di atas daun-daun yang terhampar bak permadani
Musim yang ingin kudekap
Musim yang belum pernah terjamah olehku
Namun, sayangnya tahun ini aku tetap melewatkannya
Mungkin aku memang belum diizinkan bertemu dengannya
Mungkin aku masih harus sedikit bersabar
Mungkin aku harus menunggu kamu 
Agar selanjutnya, aku tak lagi
Melewatkan musim gugur

Friday, October 13, 2017

Catatan Dini Hari

Assalamu'alaikum,
Hmmm, sepertinya ini blog udah mulai beralih fungsi jadi diary, hahahaha...
Alarm bunyi jam 3 terus sampe sekarang jam 4 belum bisa tidur lagi...
Kadang merenung sih, mikir tentang masa depan, mikir setelah selesai kuliah mau ngapain, sejujurnya mau liburan sih tapi ya masa liburan doang, abis itu mau ngapain coba? Pengennya bisa kerja sosial di Jerman sebenernya cuma ya belum ada respons positif dari Träger di Jerman, lagi pula mama maunya aku segera menikah, ya aku juga mau kali tapi klo belum ada calonnya ya masa mau dipaksain, ke Jerman dulu gpp kali mah....
Pengen gitu me time, jalan-jalan santai aja sambil bawa slr, jeprat-jepret, pengen juga ngerasain bisa paralayang di pegunungan, ya meskipun klo ada teman hidup mungkin akan lebih menyenangkan sih...
Hmmm lagi pula, aku tau sih dalam islam wanita itu sebaiknya ditemani mahram saat berpergian, menjaga dari fitnah juga...
Well, rencana sudah disusun, persiapan sudah dijalankan sebenarnya... Di atas semua usaha dan doaku selama ini, ada Allah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu... Aku akan kembalikan semuanya kepada Allah, semuanya...
Izinkan aku ke Jerman ya Allah, tanpa atau dengan mahram terserah Allah aja...
Karena sesungguhnya ke suatu negara itu bukan hanya masalah finansial dan waktu tapi ada takdir Allah yang memegang peranan penting:).

Wednesday, October 11, 2017

Atau Aku yang Kurang Peka?

Assalamu'alaikum,
Ini hanya pikiran acak aku aja yang tiba-tiba muncul di dini hari begini. Tetiba aja kepikiran, jangan-jangan bukannya g ada seseorang yang care di sekitar tapi akunya aja yang kurang peka. Ya bisa jadi sih, akhir-akhir ini emang udah g aktif di FB dan Twitter, aku g unduh aplikasinya di hp aku... Baru ngecek FB lagi setelah ada kompetisi gitu deh berkaitan dengan Jerman...
Ternyata banyak friend request juga... Ya sebenernya emang udah males klo di add sama lawan jenis yang aku g kenal, biasanya langsung aku "x".
Memencet tombol "x" juga ternyata g semudah itu alias ini jari suka salah tekan jadilah malah confirm atau sebenernya mau liat dulu profilenya siapa tau kenal eh malah "konfirmasi" dan jadi friend. Asli deh sekarang lagi belajar untuk g temenan sama lawan jenis di media sosial buat bentengin diri aja. So maaf ya emang sengaja g aku accept klo yg g kenal.
Ya mungkin benteng yang aku buat sendiri di sekeliling aku terlalu tebel dan kuat kali ya. Jangan coba-coba mendekat, aku butuh yang bisa dobrak.
Aku tuh bukan orang yang nyaman kenalan di sosial media, di dunia nyata juga ngga sih... Aku bukan tipe yang bisa dikenal-kenalin gitu... Klo ada yang g jelas deketin, aku bisa kabur...
Aku cuma bisa ngobrol banyak sama lawan jenis kalau memang ada urusan yang perlu dibahas, selebihnya kya udah males aja gitu ngobrol g jelas...
Aku ngga menyesal sih membuat benteng di sekitar aku, aku orangnya baperan karena emang g biasa deket sama lawan jenis, daripada baper mending g usah deket sama sekali..
Menjaga hati tentu lebih baik.
*Klo mau serius langsung dateng ajalah ke rumah temuin mama papa, sekian.

Monday, October 9, 2017

Menata Hati

Aku yang pernah terluka
Berkali-kali jatuh
Lukanya berbeda-beda
Ada yang menganga
Ada yang perlu dijahit
Dan ada pula yang nyaris tak bisa sembuh
Aku yang pernah menangis
Saat kujumpai kamu dan dia dalam foto yang beredar
Saat kamu memilih wanita lain
Aku yang pernah hampa
Senyum tak ada
Tapi kini aku beranjak sembuh
Kukerahkan seluruh tenagaku untuk memaafkan masa lalu
Ku melangkah perlahan tapi pasti
Meninggalkan kenangan manis dan pahit yang telah bercampur aduk
Aku bahagia pernah memiliki masa lalu yang membuatku belajar
Menata hati
Memaafkan
Menerima
Dan akhirnya 
Tersenyum

Ketidaksempurnaan

Kamu mungkin memang tak setampan pangeran yang ada dalam kisah dongeng 1001 malam
Kamu juga tak segagah panglima perang dalam film L*ord of The Ri*gs
Kamu tak tinggal di benteng kokoh nan megah di atas bukit
Kamu mungkin tak berani dengan kecoa terbang
Kamu bukan ensiklopedia berjalan
Kamu bukan si jago kungfu
Kamu bisa jadi orang yang penakut
Dan masih banyak ketidaksempurnaan lain melekat pada dirimu
Meski begitu, izinkan aku menerima ketidaksempurnaanmu yang akan menyempurnakan hidupku
*Puisi ini hanyalah fiktif belaka atau kalau boleh dibilang hanya imajinasi penulis
*Tidak mengarah ke seseorang

Menata Hari Kembali

Assalamu'alaikum,
Hidup ini penuh dengan ujian. Iya dong, masa mau naik level ngga ada ujiannya.
Setiap orang punya kisahnya masing-masing, ya ada yang jalan hidupnya berliku, ada yang kusut di dunia pendidikan, ada yang nyaris menemukan jalan buntu dalam kelabilan, ada yang pusing sama kerjaan, ada pula yang rumit di masalah perncintaan, dan lain sebagainya...
Plis, don't compare your life with other jika hal tersebut malah hanya akan merusak hati bukan malah menyemangati..
Bersyukur guys, di balik semua ujian in syaa Allah akan ada jalan keluar dan yakin Allah punya rencana terbaik...
Kadang mungkin kita ngerasa ada suatu hal yang menurut kita baik, contoh: kita naksir orang yang menurut kita oke banget, ya sholeh, ya pinter, ya good looking, ya humoris, ya misterius, ya hobinya sama... Eh tapi ternyata orangnya g suka kita balik, nah lho gimana tuh ceritanya...
Sabar Sob, susah lho jagain orang yang almost perfect jadi bersyukurlah g jadi sama orang yang too good to be true, hahahaha g deng bercanda doang aku...
Btw, beneran sih bilang sabar Sob, dunia g langsung runtuh juga kok saat gayung tak bersambut, percayalah akan ada orang pilihan Allah untuk kita... Orang yang mungkin tak sesempurna bayangan kita tapi bisa buat kita dan dia merasa sempurna dengan ketidaksempurnaan, caelah ngomong apaan sih aku ini...
Eh tapi ya, ketidaksempurnaan seseorang itu wajar kan, manusia mana ada yang sempurna sih... Ya cara melengkapi ketidaksempurnaan itu dengan adanya perbedaan... Beda yang bisa saling mengisi, melengkapi...
Hahahaha omongan aku udah ngalor ngidul nih...
Sumpah tadi itu judul udah dibuat dan udah buat 1 paragraf, ke distraksi makan dulu hahaha hihihi dulu jadilah buyar semua inti pikiran yang mau dikembangin lewat tulisan yang mengacu pada judul di atas :p
Jadilah tulisan random, intinya mau nyemangatin siapa aja di luar sana  yang sedang down, yang hatinya lagi rapuh, yang pikirannya lagi kusut kya benang yang udah diuwel-uwel, yang lagi gampang baper, yang lagi sensian, yang lagi suka ngambek...
Yuklah kita menata hari kembali, pikirkan lagi ke depannya mau gimana, yang masih muda masih banyak lho yang bisa kita lakukan, suer deh di luar sana banyak banget kegiatan positif yang bisa bikin otak fresh, iya serius, asal kita mau cari...
Hidup itu cuma sebentar hanya numpang lewat, g bisa dimundurin, dimajuin, dilamain, atau dicepetin kya puter kaset di radio tape...
So don't waste your time guys....
Oh iya ada yang mau aku sampein lagi....
Nangis itu gpp Sob, boleh kok tapi g usah lama-lama, cape, mata bengkak, perih, tisu abis, belum lagi ditambah hati yang tersayat...
Soooo ayo senyuuum :)
In syaa Allah badai pasti berlalu...
Akan ada negeri dongeng baru dengan cerita uniknya...
Persiapkan bertemu naga, tukang sihir, dan pemburu di hutan...
Dan tersenyumlah pada ending ceritanya, bisa jadi kamu ketemu pangeran baik hati :)

Thursday, October 5, 2017

Datang dan Pergi

Assalamu'alaikum,
Maafkan ya ini lagi pms makanya random..
Malam ini tiba-tiba aja kepikiran tentang orang-orang yang pernah datang dan pergi dalam kehidupan aku...
Ya tapi bagi aku klo orang yang pernah aku kagumi itu udah nikah ya orangnya jadi gelap aja gitu bagi aku...
Aku beneran g akan kagum lagi, g akan ganggu kehidupan orang itu sama sekali...
Ya begitulah ya klo bukan jodoh mah diusahakan seperti apa juga ya g akan ketemu...
Udah sampe ada nama yang aku bawa saat berdoa di multazam, akhirnya menikah sama orang lain, ada yang sampe aku minta doa mama papa dan orang-orang terdekat, orangnya nikah juga sama orang lain...
Pokoknya dalam 3 tahun terakhir setiap kagum sama orang g lama kemudian orangnya nikah sama orang lain...
Fiuuuh so painful... Sampe akhirnya aku introspeksi diri, sadar bahwa Allah Maha Pencemburu, mungkin emang aku g boleh kagum sama orang yg belum jadi mahram aku... Beneran cuma jeda hitungan bulan saat kagum sama orang, orangnya bisa tiba-tiba menikah dengan orang lain...
Yaudah sekarang jadi lebih tahan untuk g kagum sama orang, jadi g kecewa klo emang orangnya itu bukan jodoh kita...
Lagi banyakin kegiatan positif aja sama komunitas, sahabat, dan keluarga... Asli g sempet untuk menaruh hati ke orang barang secuil... Alhamdulillaah efektif...
Mama sampe terus-terusan ngingetin bahwa doa mama itu aku menikah tahun ini, aamiin ma aamiin..
Sesungguhnya aku sudah sampai pada tahap sangat yakin urusan jodoh adalah urusan Allah...
Jika belum waktunya mau diusahakan sekeras dan seniat apapun tetep g akan bersatu...
-sekian-

Termenung

Begitu malam datang
Pikiranku menyeruak
Dalam keheningan
Aku kadang sampai terlalu keras berpikir
Rasanya otakku kian penuh
Entah itu tentang masa depan
Berjuta cita-cita dan harapan
Juga
Tentang usia yang kian bertambah
Tentang hidup yang cuma sekali
Tentang dunia yang hanya persinggahan belaka
Ada satu titik
Ketika aku terdiam
Termenung
Tak ada suara

Wednesday, October 4, 2017

Kepikiran Pendidikan Anak-anak

Assalamu'alaikum....

Kali ini random abis... Kembali lagi mengetik bersama android...

Atuh tetiba mikirin pendidikan anak-anak di Indonesia... Gegara diskusi kecil-kecilan di grup KIJP (komunitas inspirasi jelajah pulau).

Ini teh ngetiknya lewat hp ngantuk pula baru pulang 1.30 jam yang lalu belum mandi.

Intinya gimana ini ngajarin anak pulau, gimana supaya ajaran kita ke mereka tetep ada di otak dan jadi kebiasaan...

Dari tadi mikir ini kalau ke pulau bulan depan aku teh mau ngapain, biasa ketemu krucil2 nah kali ini akan ketemu anak SD...

Bismillaah atuh semoga ilmu yang selama ini aku pelajari ngga sia-sia ya...

My dream almost come true, bisa ngajar ke pelosok negeri...

Bulan depan in syaa Allah ke pulau seribu...

Next berharap bisa ngajar ke pulau yang lebih jauh....

Ya Allah semoga ada rezeki, meskipun udah resign, bismillaah percaya rezeki itu g hanya uang ... Kesempatan untuk bisa berkonstribusi di dunia pendidikan anak juga rezeki namanya :))
Bahagiab ketemu anak-anak, ketemu temen-temen baru, menikmati pemandangan alam ciptaan Allah juga rezeki kan :).

Tuesday, October 3, 2017

PMS oh PMS

Assalamu'alaikum,

Ya ampun biasalah ya perempuan... Jadi ini toh penyebabnya tetiba bs nulis 3 puisi dalam semalam...
Langsung feeling blue gitu masa... Hahaha lebay ah...
Langsung jadi cepet banget nulis puisi...

Yasudah selamat malam, menahan perut yang masih sakit...

*Kali ini ngeblog dari android, lebih enak ternyata ya aplikasinya... So simple nanti coba masukin foto deh mau ngetes apakah simple juga...

Tentang Siapa Kamu

Aku tak mau menghabiskan waktuku hanya untuk memikirkan tentang siapa kamu
Dari mana asalmu, berapa cm tinggimu, usia berapakah kamu, dan beribu pertanyaan lainnya
Aku sudah mulai merasa tak mau peduli tentang siapa kamu karena aku rasa sudah ada yang telah mengaturnya
Aku tak ingin membahas tentang siapa kamu dalam percakapan dengan teman-temanku
Aku benar- benar ingin menutup mata tentang siapa kamu
Bukan karena aku menolak tahu
Ketidaktahuanku yang berpura-pura tau dapat melemahkanku
Aku tak ingin tentang siapa kamu memecah konsentrasiku
Cukup menjadi rahasia langit yang tak perlu kucari tahu
Jika memang bukan waktuku aku tak kan pernah tahu tentang siapa kamu
Oleh karena itu aku tak ingin mengungkapnya sebelum takdir
Mengertilah keadaan ini

Monday, October 2, 2017

Jangan Temui Aku

Jangan temui aku saat kamu belum siap
Jangan temui aku saat masih ada yang harus kamu selesaikan
Jangan temui aku jika hanya kesenangan dunia yang kamu kejar
Jangan temui aku jika kamu masih ragu

Mempercepat pertemuan tanpa adanya kepastian hanya akan menyakitkan

Biarlah
Tak perlulah mendahului takdir
Selesaikan dahulu apa yang harus diselesaikan
Akan tiba saatnya kita bertemu tanpa berpikir panjang
Akan ada saat yang tepat
Percayalah

Dulu Aku Pernah Suka Pada Salju

Dulu aku pernah suka
Pada salju

Salju yang turun di kota yang dingin
Kota yang ramai tapi sepi

Dulu aku pernah suka pada salju
Saat butiranya jatuh ke bumi

Dulu aku pernah suka pada salju
Sebelum dinginnya mencair

Dulu aku pernah suka pada salju
Sebelum matahari memeluknya

Dulu aku pernah suka pada salju
Saat negeri dongeng sedang kubangun

Mimpi menari di bawah salju berdansa dengan dingin yang mencekam

Kini bagiku salju tidak lagi turun
Ia tidak singgah di tempatku

Tidak akan pernah
Salju sudah berlalu dari musim yang ada di hidupku

Bahagialah, tersenyumlah...
Ada negeri dongeng lain yang sedang menanti...

Thursday, September 28, 2017

Ikutan ICIAP UI 2017

Assalamu'alaikum...

Hai hai semua, kengen sekali lho aku nulis blog... Bukan karena g ada yang dibahas tapi karena banyak deadline yang harus dituntaskan...
Kali ini, aku akan tulis mengenai kegiatan yang sebenernya sudah terlaksana pada tanggal 15 September 2017... Apakah itu??? Jeng jeng jeng... --> Konferensi Internasional



Jadi ceritanya, disemangatin sama dosen pembimbing aku untuk ikutan konferensi internasional yang diadakan UI. Kali ini, temanya juga berkaitan dengan tesis yang aku tulis... (Angkatan aku, wajib publikasi jurnal minimal jurnal nasional).

Awalnya, aku sempet g PD gitu karena ngerasa udah lama sekali g ngomong pake bahasa Inggris apalagi harus presentasi dengan kalimat ilmiah... Akhirnya bismillaah aja...

Eng ing eng ngebutlah turun lapangan untuk ambil data. Ambil datanya dipadatkan seminggu karena deadline pengumpulan jurnal untuk diseleksi itu minggu depannya.
Selasa pretest dan intervensi, Rabu Kamis intervensi, Jumat posttest 1. Jumat Sabtu Minggu ngebut olah data dan buat jurnal, Senin submit. Awalnya masih pake bahasa Indonesia buatnya.

Luar biasaaaa perjuanganya karena aku pun masih kerja waktu itu jadi ambil datanya sore abis ngajar... Ini sebenernya bukan perjuangan aku sendiri melainkan ada banyak pihak yang bantuin... Asli, kerja sama dengan orang tua murid yang nyemangatin anaknya masuk full seminggu juga luar biasa, pernah ada hari di mana hujan turun dan mereka tetep hadir :), saluut sekaliii....

Ucapan terima kasih pastinya kepada Allah, kemudian mama papa yang supportnya tiada henti, dosen2 aku yang selalu nyemagatin, temen-temen yang bantuin ambil data, Dida yang jadi partner cerita pake boneka tangan, Tante Puput, Tante Chicha, Tante Muthia yang udah bantu wawancara anak, Miss Lanie koordinator kelas. Ini special thanks juga untuk adik aku Echo, dia berhasil ngumpulin 4-5 orang temennya yang akhirnya bantuin penelitian aku alias nemenin anak berkegiatan di kelas saat beberapa anak diwawancara dan dibacakan cerita dengan boneka tangan karena anaknya ada 28 orang dan masih pada adaptasi masuk sekolah. Usia mereka juga baru 3-5 tahun.

Dan pengumuman pun diterima, jurnal aku lolos seleksi dengan syarat harus diperbaiki dan dialih bahasakan ke bahasa Inggris, ini minta bantuan temen aku Tante Dinda untuk terjemahin jurnal yang sudah aku buat sambil terus tektokan biar maksud dan hasil terjemahannya g beda. Thanks a lot :*

Awal dapet kabar jurnal lolos dan dipersilahkan untuk dipresentasikan itu antara seneng dan bingung sih...Seneng ternyata hasil kerja sama semua pihak akhirnya membuahkan hasil, bingung karena harus siap-siap presentasi pake bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan dalam bahasa tersebut...

Ada nama aku, eng ing eng deg-degan...
Oh iya, konferensinya berlangsung selama 2 hari dan aku kebagian presentasi di hari pertama jam 4 sore... Hahaha... Semaleman aku edit jurnalnya lagi dan buat ppt sampe jam 2 pagi, jam 8,30 udah di Margo Hotel kemudian jam 4 baru presentasi... Sebenernya pas presentasi antara sadar g sadar karena udah ngantuk, hahaha...

Keliatannya sok santai padahal mah deg-degan grogi hahaha...
Satu ruangan ada 4 presenter dan aku urutan ke-3, sebelum aku, 2 dosen aku yang presentasi... Luar biasa, gimana g jomplang ini presentasinya, hahahhaa... Bismillaah aja...

Di akhir presentasi, aku lumayan dapet banyak pertanyaan, aku jawab aja sebisa aku pake bahasa Inggris yang aku tau itu grammar pasti berantakan abis, hihihihihi....
Tapi jadi sempet mikir, klo jadi audiens biasanya aku akan kasih pertanyaan klo aku nyimak presentasinya, berarti alhamdulillaah pada menyimak presentasi aku karena aku dapet 6 pertanyaan... (ini seperti pra sidang :s

Akhirnya selesai jugaaaa, alhamdulillaah ya Allah, masih bisa presentasi dengan bahasa Inggris aku yang seadanya ini.... :))
Senyum bahagia lega setelah selesai presentasi....

Alhamdulillah, it's a wrap!
Hari berikutnya, aku dateng lagi, selain ingin dengerin berbagai penelitian bagus yang dipresentasikan, aku juga mau support 2 temen seangkatan aku yang presentasi juga... :)

Alhamdulillaah akhirnya dapet sertifikat :)

Alhamdulillaah... Tapi g boleh santai-santai dulu, masih harus tetap berjuang karena masih ada seminar (tesis review) dan sidang... Ya Allah semoga aku bisa menyelesaikan tesisku ini dengan baik ya Allah, aamiin... :)

Monday, August 21, 2017

Kangen Nulis Blog

Assalamu'alaikum...

Hai hai hai blogku tersayang, lama tak bersua...
Hua maafkan aku yang udah lama g nulis, yah maklum ini lagi kejar tayang tesis banget... Daripada di DO kan ya... Ini semester akhir klo g lulus, DO (na'udzubillah).

Alhamdulillaah kabarku baik :). Bulan depan aku resign (kaget ya?). Yup aku harus bener-bener fokus tesis dulu untuk sementara waktu, padahal sebenernya aku kangen sekali bisa sering bercengkrama sama anak-anak atau loncat sana loncat sini buat kegiatan atau main panahan... In syaa Allah klo tesis selesai aku mau koprol ah, hihihihi...

Alhamdulillaah sudah masuk bab 3 dan besok adalah pengambilan data terakhir alias post test 2... Ini sembari mulai nyicil bab 4, bismillaah, doakan yaaaa...

Kabar aku baik, dengan dorongan dari pembimbing aku masukin jurnal untuk ikutan konfrensi yang diadain kampusku... Ya belum tau lolos atau ngga, tapi doakan saja ya untuk yang terbaik, semoga jika rezeki g kemana...

Oh iya banyak sekali hal yang belum aku ceritakan, nanti ya klo ada waktunya aku akan tulis kok, hehehe...

Ya Allah semoga semakin dekat dengan mimpi aku, bisa ngeliat indahnya pemandangan di Swiss, Austria, dan Jerman :)

Sunday, July 9, 2017

8 Juli?

Assalamu'alaikum,

Jadi, dari tadi aku mikir di tanggal ini kyanya ada sesuatu deh... Eh iya baru keinget klo tanggal 8 Juli 2013 itu aku sidang skripsi dan alhamdulillah dinyatakan lulus... Tanggal ini terngiang karena masuk ke ijazah dan tertera di tanggal kelulusan...
Udah sih gitu aja sih, tiba-tiba inget masa lalu...

Sunday, May 28, 2017

Ketika Aku Lelah Haruskah Aku Menyerah...

Assalamu'alaikum,

Aku hanya sedang lelah, rencana panjang buyar sudah...
Tesis belum selesai belum bisa lulus semester ini, otomatis g bisa au pair juga, g jadi deh ke Austria... Yaudah deh... G jadi juga ketemu temen-temen di sana tahun ini... 
Lelah sangat, rasanya pas tau g bisa lulus semester ini tuh pengen terbenam aja ke dalem bumi gitu, di bawah tanah... Pengen hilang sejenak aja rasanya... Zleep...
Lagi posisi g bisa mikir lagi posisi recovery dari kekecewaan... Lagi g tau lagi ke depannya gimana... Lagi hanya mau pasrah akan ketetapanNya, lagi g mau maksa dan egois punya rencana ini itu... Lagi mau sendiri aja, lagi mau ngadu ke Allah aja, mungkin diri ini banyak kurangnya, kurang ikhlas, kurang legowo...
Salah satu tahun terberat dimana rencana yang sudah dibuat tak mungkin terealisasikan....
Yasudah, aku lagi mau banyak berdoa aja... Sekeras apa usaha aku kalau takdir Allah bilang "ngga" ya ngga akan terjadi...
Yaudah ya ke Austria, Swiss, Jerman, Luxemburg, Belgia, Belanda, Prancis, Itali, Spanyol, Yunani, Norway, Finland, Swedia, Denmark, Ceko, Hungaria, dll. Nanti aja yah sama suami...
Punya mimpi itu bebas kan, g peduli orang lain bilang apa... Ini mimpi aku... :")

Marhaban ya Ramadhan


Peresmian Hijabers Community Malang

Assalamu'alaikum,

Yuk mari kita lanjutan postingan yang terlambat...
Jadi, kali ini aku akan memposting foto-foto peresmian HC Malang sebagai cabang HC resmi yang ke-10. Alhamdulillaah seneng banget, nambah keluarga baruuu :))










Super Cute :))


Saturday, May 27, 2017

Malang Vacation: Museum Angkut

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah... Sabtu, 20 Mei 2017... Touch Down Malang... Kota Adem yang yang pengen aku kunjungi lagi dan lagi...

Ban berjalannya mini, hihihi...
Kali ini ke Malangnya bareng temen HC, Echa... Setibanya di bandara dijemput sama komite HC Malang, senangnya silaturrahim sama temen baru :))
Wisata Kuliner part 1

Soto Ayam Ambengan
Abis makan, kita langsung cus ke Museum Angkut, mmm waktu yang dihabiskan sekitar 2,5 jam (Bandara ke kota Batu). Nah abis ini akan banyak foto-foto... Galeri foto selama di Museum Angkut ya ini namanya... Makasi ya buat Siska dan Mba Adhel yang udah bantu fotoin...
Klo sempet, nanti aku cicil buat tulisannya ya hehehe...
Salah fokus sama bendera Jerman *eh *maaf
Lumayan juga harga tiketnya, 100k
Nah klo weekend per orangnya kena 100k, klo bawa kamera nambah lagi 30k, lumaya mihil ya tapi seneng kok pas masuk, seruuu bangeet...
Alhamdulillah g rame pas kita ke sini... Mungkin karena barengan wisuda UniBraw...
Senyum bahagia liat banyak sepeda dari berbagai negara...

Mobil pake AC alam, aku sukaaa... Kok sekarang g ada lagi mobil begini?

Tim hari ini :)

Lucu ya motornya...

Sama bumil...

Nah ada motor BMW nih, biasa aja, hahaha... Soalnya g bisa naik motor juga...


Aku seneng banget sama pemandangan dan udara sejuknya :))

Kapan ke Jerman? Kapan aja boleh, tesis dulu selesain ah...

Happy liat dekorasinya :)

Musholanya bersih...
 Di museum angkut ini, ada mushola khusus perempuannya, bersih dan adem, seneng deh liatnya :)). Alhamdulillaah...


Sakura oh sakura....

Baik-baik ya kamu sapi..

Happy liat pesawat tapi g happy saat take off dan landing benerannya hahaha...


Ceritanya mau ngerasain pesawat yang first class :")


Hah, siapa yang nikah? Oh yaudah gpp, baarakallaah... :)

Enjoy your life :))

Jilbab yang berkibar...

Setelah berkali-kali loncat, hahaha...



Terik tapi sejuk :)

Hey jangan kabur! Beri juga nich! *nahan ketawa, hahaha...

Camera yang setia menemani dari sejak kuliah...

Aku selalu suka ketemu orang baru :)




Motor-motor berjejer...



Aku suka ke museum, rapi susunannya aku suka...

Seneng bisa liat kendaraan dari negara yang berbeda-beda...






Herzlich Willkommen! In syaa Allah jadi ya ke sana abis tesis selesai, aamiin...

Aku suka... :)
                  Museum Angkut mewujudkan impian aku ke tempat-tempat yang sela ini cuma bisa liat di layar dan buku...

Seperti kenal, ah mungkin hanya mirip... Sudahlah lupakan... :")

Ceritanya di "Buckingham Palace"

Ini ya tadinya gangsternya cuma duduk doang eh pas dijepret beginilah pose dia... Ngeriii... Hahaha...

Bismillaah ya bisa ke tiga kota tersebut, aamiin...
Aku punya impian untuk menjelajah... Aku tau mewujudkan impian aku itu butuh perjuangan... Aku pun sudah tau aku harus menabung ketat untuk itu semua, sekarang aku hanya ingin berdoa, semoga Allah meridhoi dan memudahkan apa yang aku impikan... Ya gimana, belum bisa berangkat kan kalau waktunya g tepat... Setelah selesai tesis, aku resign kerjaan, dan semoga bisa segera terwujud, aamiin :)
Masya Allah, indah banget sih replikanya...

Duduk di samping Ibu Ratu dulu yah...

Bang, saya mau beli roti Bang...
Wisata kuliner,, katanya sih namanya Mie Setan