Google+ Followers

Saturday, December 3, 2016

Kopi Darat Komunitas Baking & Cooking Lovers...

Assalamu'alaikum...

Hari ini, akhirnya untuk pertama kalinya komunitas "Baking & Cooking Lovers" ketemuan... Aku masih newbie sebenernya... Hahaha... Di grup wa bilangnya sih ada 10 orang yang dateng plus ada juga yang bawa pasangan halal (istri atau suami). Di obrolan wa ada yang udah inisiatif bawa makanan, yaudah aku kira kita akan potluck-an makanan beli... Aku mikir mau beli dimsum atau rujak aja di deket Al-Azhar (krn lokasi ketemuan hari ini (pikinik), mau di Taman Mataram sebelah Al-Azhar), pas aku tanya makanan yang dibawa pada beli atau bikin, eh ternyata bikin lho... Aku mah masak emang suka tapi bukan berarti jago dan sering kan ya hahaha... Suka it maksudnya klo lagi masak di dapur ya in syaa Allah hepi, meski pegel meski berantakan, hahahhaa....
Aku memutar otak mau masak apa nih buat dibawa, g mungkin kan bawa makanan g enak... Klo dimakan sendiri sih gpp, lha ini akan dicicipin sama temen-temen yang hobi masak... Hahahaha, tadinya sempet kepikiran buat Nutella Cheese Cake, eh tapi bahan-bahannya mahal juga dan jadinya porsinya cuma seminil... Tiba-tiba kepikiran aja gitu mau buat goreng-gorengan... Yaudah buat deh lumpia... (sebenernya cerita ini udh ada di postingan blog sebelumnya ya, hahahhaa).
Kali ini aku buat porsi yang lebih banyak, aku perkirakan sih isian lumpia yang aku buat ini bisa untuk 50 lumpia, ternyata meleset dikit, jadinya 45 lumpia aja kawan...
Nah di bawah ini foto-foto penampakannya... No pictures, HOAX kan... Nih bukti otentiknya, hahahaha...

Bahan-bahan buat lumpia, 2 kali lipat dr kemarin lusa...
Kali ini ngerjain semuanya sendirian... s-e-n-d-i-r-i-a-n *menangis di ... , yaelah Din udah tahun 2016 masih aja pake (bintang, menangis di ... -red), oke lanjut, abaikan intermezzo tadi, hehehe... Potong-potong bawang sampai bercucuran air mata (lebay), yah maklum ada 3 jenis bawang yang dipakai, aku suka sekali sama semua jenis bawang :p. Kali ini pake pisau yang tajem, alhamdulillah lebih mempermudah motong-motong, cuma emang mesti hati-hati aja sih, kuku aku sempet kena pisau, tapi gpp alhamdulillah, g berdarah, cuma ngilu aja dikit awalnya, agak cenat-cenut... Proses potong-potong lumayan lama, soalnya aku menikmati sih (alibi), hampir 2 jam aja gitu lho...
Lanjut ke proses masak-masak, nah ini juga nih yang buat tangan lumayan berotot, saat masukin daging, tumisan kan jadi berair, padahal klo mau jadi isian lumpia itu harus kering, nunggu airnya asat itu g boleh didiemin, kemaren (pas trial and error), aku sempet diemin, alhasih ada bawang yang gosong. Jadi? Harus diaduk terus-terusan, sekitar setengah jam lah ini tangan g berenti ngaduk, ya lumayan kan buat tangan berotot... Hahahaha... :))

Setelah isian lumpia selesai, kita diemin dulu 15 menit sampe lumayan dingin...
Nah PR selanjutnya adalah lipet-lipet lumpianya, aku sih hepi-hepi aja (berhubung aku bukan OCD), klo ada yang mencong-mencong atau bentuknya g bagus ya senyum dan ketawa aja, hihiihihi...
Toh practices make perfect kan... Stress kali kalo semuanya harus serba sempurna, inget, kesempurnaan hanya milik Allah, tsaaah... Eh eh tapi tetap harus do the best ya... :))
Yaudah beginilah bentukan lipetan lumpia aku, g konsisten, kya orang yg buat :p

Buat 45 lumpia sendiriaaaan.... 

Mau jualan lumpia, hahaha... G deng :p
Goreng-gorengnya asli cepet banget kok ini, untuk 30 lumpia yang aku goreng (15 lumpianya aku simpen di kulkas untuk besok), cuma butuh waktu 15-20 menit, itu pun karena aku pake teflon biasa jadi cuma bisa5 lumpia sekali goreng...
Beginilah penampakan dalemnya :)
Alhamdulillah rasanya lebih enak dari yang sebelumnya aku buat, kali ini asinnya lebih terasa :)

Jeng-jeng-jeng, ketemuan pun dimulai... Kita janjian jam 1.15 sampe Taman Mataram, aku baru sampe jam 1.30 karena baru selesai masak-masak...
Oh iya, akhir-akhir ini cuaca berangin melulu... Pas sampe, enak sih tempatnya di bawah pohon rindang, tapi anginnya asli kenceng juga, temen aku kepalanya kena ranting pohon, jadilah kita pindah tempat... Voilaa udah g sabar nih aku untuk mencicipi hidangan dari temen-temen aku, hihhihii... Makan-makan kita...
Ada dimsum Ka Ayu  yang enak banget dan Puding Ka Metha yang seger...
Ka Ayu bawa dimsum yang juga enak banget, porsinya gede lai, kenyang deh alhamdulillaah... Untuk pencuci mulut, ada pudding marbles nya Ka Metha yang maniiis...
Asinan Sayur dengan bumbu fenomenal Bang Ucup
Asinan sayur yang dibawa Bang Ucup, aseli enak banget g pake bohong, racikan sendiri... Mantaplah rasanya, ada asem-asemnya, ada pedes dan manisnya...
Piknik santai...
Alhamdulillah meski jam 1 an tapi udara adem, sempet gerimis sedikit abis itu berhenti... :)
Nasi Liwet, Teri Pedas, dan Ayam Suwir Ka Yunie, mantaaap abis :)
Nah pas udah pada kenyang, datenglah Ka Yunie, hihiii... Bawa Nasi Liwet enaaaak bangeeet... Ayam suwir dan terinya juga juaraa, aku sampe nambah 3 kali hahahha (krn awalnya cuma ambil secimit-secimit).
Tim hari ini :)
Alhamdulillah banget, hari ini menyenangkan sekali silaturrahim sama mereka, baru ketemu tapi ngobrolnya langsung nyambung, kita ketawa-ketawa dan bahas soal resep-resep... Agenda selanjutnya adalah masak-masak di salah satu rumah kita... (sepertinya mama sudah kasih lampu hijau untuk masak-masak di rumah, hiihihihihihi..).
Semoga silaturrahim ini dirahmati oleh Allah dan akan membuka pintu-pintu rezeki, serta menguatkan ukhuwah :) Amiinn..

Friday, December 2, 2016

Jum'at, Hari Istimewa Untukku...

Assalamu'alaikum,

Jum'at selalu istimewa untukku... Dalam agama islam, hari Jum'at merupakan hari yang istimewa, kenapa?

Dalam hadits disebutkan bahwa,

"Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum'at. Pada hari ini, Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at." (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

"Di hari Jum'at itu ada satu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah, niscaya permintaannya akan dikabulkan (lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan betapa sedikitnya waktu tersebut)." (HR. Abu Hurairah)

Mengenai waktu yang dimaksudkan, terdapat perbedaan pendapat, ada yang menyebutkan bahwa waktu tersebut adalah waktu diantara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan (shalat Jum'at). Ada yang berpendapat bahwa waktu tersebut adalah waktu setelah Ashar.
"Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah, melainkan akan diampuni (dosa-dosa yang terjadi) antara Jum'at tersebut ke Jum'at berikutnya." (HR. Bukhari)
Nah, karena hari Jum'at adalah hari yang istimewa, maka dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Sunnahnya, membaca Al-Kahf dan perbanyak sholawat.

Sumber: https://almanhaj.or.id/3315-beberapa-keutamaan-dan-keberkahan-hari-jumat.html
https://khotbahjumat.com/keutamaan-hari-jumat
https://konsultasisyariah.com/24693-keutamaan-sedekah-hari-jumat.html

Hari ini juga ada aksi damai 212, aku memang g ikutan turun ke jalan hari ini tapi doa aku in syaa Allah selalu kuberikan pada para pejuang islam... Saat menuju ke tempat kerja (jam 6.10), terdengar lantunan doa-doa dalam bahasa arab dari masjid-masjid yang aku lalui, disertai berbondong-bondong orang berjalan rapi di sebelah kiri... Masya Allah merinding banget liatnya... Aku pun merasakan betapa umat islam ingin membela agama yang dicintainya... Aku salut dan menghargai adanya doa bersama yang dilakukan hari ini... Damai dan tidak anarkis... Islam itu adalah agama yang cinta damai, aku yakin itu... Tapi bukan berarti bebas dihina...
Saat hujan turun, mereka tetap berjalan rapi dan berdoa... Inilah islam, dalam islam, hujan adalah keberkahan, saat dikabulkannya doa-doa, bukan malah suatu hal untuk dicela (misal "yah hujan").
Hati ini terenyuh, betapa Engkau Maha Sempurna, Ya Allah, dengan ilmu Yang Maha Luas.

Oke lanjut...

Hari ini merupakan hari istimewa bagiku karena alhamdulillaah hari ini aku kembali bekerja :). Betapa aku bersyukur bisa main sama anak-anak lagi, bisa mendongeng lagi, bisa ngobrol sama krucil2 dan peluk-pelukin mereka. Hari ini ada beberapa murid yang aku baru kenal. Ada murid baru yang meski belum kenal tapi dia mau aku aja ngobrol (ini g mudah lho krn anak-anak biasanya masih nyaman dengan orang-orang terdekatnya saja). Ada anak yang baru aku kenal sedang asyik main mandi bola, dibujuk sama orang terdekatnya untuk cuci tangan (krn abis main glitter), g mau. Aku coba deketin anak itu dan yakin in syaa Allah bisa ajak anak itu cuci tangan. Aku merendahan posisi badan supaya wajah aku dan dia sejajar, aku bilang, "Yuk, cuci tangan sama Tante", awalnya boro-boro dia menggubris, dia masih aja asyik main mandi bola. Akhirnya aku ulurkan tangan aku, dan bilang lagi, "Sini yuk, kita cuci tangan dulu, liat deh tangannya, kotor kan, supaya bersih kita cuci dulu yuk". Alhamdulillah akhirnya dia liat mata aku dan mau aku gendong, dan dia bilang, "Cuci tangan sama Tante", denger anak ngomong setulus itu tuh pengen peluk teruuus rasanya... Orang terdekatnya sampe kaget dan bilang, "Ya ampun dari tadi dibujuk g mau sama sekali eh taunya maunya sama Tante". 

Ya Allah, jangan cabut kenikmatan ini, kebahagiaan ketemu anak-anak, kebahagiaan melihat senyuman anak-anak, aku ingin mencontoh Rasulullah yang selalu sayang dengan anak-anak :")


Thursday, December 1, 2016

Lumpia Ala-ala Pemula...

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah hari ini, aku masak-masak lagi... Kegiatan masak-masak kali ini disponsori oleh --> Kegiatan kopi darat komunitas baking and cooking lovers (perdana akan tatap muka sama temen-temen di grup ini). Berhubung in syaa Allaah hari Sabtu kita akan kopi darat dan potluck membawa hasil masakan sendiri... Nah, hari ini aku trial and error bikin lumpia... Awalnya, hari Sabtu itu mau bawa Nutella Cheese Cake (soalnya udah pernah 2 kali buat dan rasanya enak banget), eh tapi modalnya lumayan juga buat beli Nutella ukuran besar, setengah kilo cream cheese, dan bahan-bahan lumayan mahal lainnya, hehehe... Akhirnya, aku memutuskan buat lumpia deh... Nekat sekali ini karena ini pertama kalinya aku buat lumpia sendiri... Pas aku kasih ide mau bikin lumpia, awalnya mama g setuju karena katanya takut g enak masa dikasih orang lain... Owh, tapi aku tidak berputus asa, aku meyakinkan mama klo aku pasti bisa buatnya (dalem hati in syaa Allah bisa :)). Yaudah deh, hari ini aku belanja-belanji, mmm karena sebagian bahan-bahan udah ada di rumah (bawang putih, bombay, garam, dan gula), jadi di supermarket tinggal beli daging, kulit lumpia, lada, kentang, dan bawang merah.

Bahan-bahan:
-Kulit lumpia (aku beli yang udah jadi)

Isian:
- Daging giling (sesuai selera, tadi sih aku 178 gr)
- 4 Wortel (dikupas terus dipotong dadu kecil-kecil biar manis bentuknya)
- 2 Kentang ukuran kecil (dikupas terus dipotong dadu kecil-kecil biar manis bentuknya)
- 5 Siung Bawang Merah (sesuai selera, tadi aku ngarang aja sih nentuin jumlahnya, hahahaha...)
- 4 Siung Bawang Putih (idem, takaran berdasrkan kira-kira aja)
- 1/2 Bawang Bombay (idem, cuma kira2)
- 3 jumput Garam (ternyata kurang asin, mungkin harus 4-5 jumput)
- 2 jumput Bubuk Lada
- 2 jumput Besar Gula
- 1 puteran Kecap Manis (dikiit ajaaa ya karena udah pake gula)
- Minyak buat numis (klo aku pake minyak zaitun supaya lebih sehat katanya)
- 1 buah telur untuk lem pinggiran kulit lumpia

Cara membuat:
1, Kupas bawang, wortel, dan kentang (masukan ke dalam air dulu, abis liat di youtube, menurut info bisa bersihin sisa-sisa kotoran yang masih nempel dan racun-racun semasa di dalam tanah).
2. Potong wortel dan kentang menjadi bentuk dadu kecil.
3. Cacah bawang bombay dan bawang merah. Khusus bawang putih, digeprek dulu (selalu inget saran temen aku yg chef, katanya klo bawang putih digeprek dulu bisa lebih keluar rasa dan aromanya), baru dicacah.
4. Tuang minyak, sedikit aja, tumis ketiga jenis bawang sampe harum.
5. Masukan daging giling (kering), tumis-tumis sampe warnanya cokelat.(Efek masukin daging ini adalah akan jadi berair, gpp tetep tumis aja sampe airnya asat).
6. Masukan kentang dan wortel, tambahkan air sedikit aja, kasih garam, lada, dan gula. Aduk terus.
7. Air sudah asat abis itu kasih kecap manis, sedikiiit aja...
Voila, jadi deh :) Eh ini baru buat isiannya, masih harus gulung-gulung lumpianya.. Nah kulit lumpianya kan aku udh beli jadi. Terus ada keterangannya gitu buat tutup pake kain lembab. Aku carilah di google pengetahuan mengenai "kulit lumpia" ini. Nah, kulit lumpia itu abis dikeluarin dari plastiknya, emang jadi cepet kering, makanya sembari gulung lumpia, tumpukan kulit lumpianya yg nunggu buat digunakan harus ditutup kain lembab dulu. Emang kenapa sih klo kulit lumpianya g ditutup kain lembab dan jadi kering? Kulit lumpia jadi kaku kya kanebo kering dan bisa-bisa patah saat mau digulung :(
 *sekian tipsnya

Voila ini dia fotonya...
Saat bahan-bahan mentah belum diolah.

Voila, dengan berlinang air mata (motong bawang.com).

Alhamdulillah bisa juga aku gulung lumpia, yaaa meskipun belum rapi dan sempurna (krn kesempurnaan hanya milik Allah). Bolehlah untuk pemula kya aku... *tepuk tangan dulu dong... prok prok prok...

Alhamdulillaah, mantaap... Rasanya enaak, meski kurang garem sedikiit (krn tadi lagi shaum jadi g bisa nyicipin rasanya). Abaikan warna kecokelatan yang tidak merata... Hihihihihi... Berbuka dengan lumpia buatan sendiri bikin happy :). Aku juga minta Mba aku nyobain, Mama, Papa, de Adroy...
Alhamdulillah mama bilang enak, de Adroy bilang "yah kecil banget", dan papa bilang "Kamu jualan ini aja, Na"... Hahahaha ada berbagai komentar...

Baiklah kita berdoa semoga lumpia yang aku bawa hari Sabtu bisa lebih enak lagi, aamiin...
Udah malem tidur ah, besok aku udah mulai kerja lagi lho... Alhamdulillah, duh kangen banget nis sama anak-anak :))

Back to school... *yes besok bisa peluk krucil-krucil lagi deh :))

Tuesday, November 29, 2016

Beri Aku Waktu

Beri aku waktu tuk mengejar mimpi
Beri aku waktu menggapai cita-cita
Beri aku waktu menikmati musim-musim yang silih berganti
Beri aku waktu untuk diriku sendiri
Beri aku waktu untuk menemuimu setelah aku melewati semua itu
Aku tak pernah tahu apa yang terjadi setelah pertemuan itu
Akankah aku pergi dengan membawa masa lalu
Atau akan menetap bersama masa depan
Beri aku waktu pada saatnya
Saat daun-daun mulai menjingga dan jatuh perlahan
Saat udara mulai dingin menusuk

Sunday, November 27, 2016

Pengajian dan Tasyakuran Hijabers Community: Menggenggam Kuat Aqidah

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah hari ini, Hijabers Community (HC) ngadain pengajian dan syukuran... :)
Alhamdulillah HC udah 6 tahun lho berdiri...

Kita bahas pengajian dulu yuk...
Ini dia posternya... Designnya Ka Pinkan yang bikin (tim design HC), bagus ya :)
Temanya berat ya, pembicaranya juga Profesor :). Kali ini aku diamanahkan apa ya, bisa tebak g? Hahahaha... Jeng jeng jeng jeng... Jadwal PIC untuk bulan ini tuh udah ditulis jauh-jauh hari... Waktu aku diamanhkan jadi petugas pengajian bulan November ini, aku oke2 aja... Hhihihi... Aku jadi Mc, yaudah oke... Pas baca grup, yang isi pengajian kali ini Ibu Profesor, wow... Allah selalu ngasih tantangan supaya aku keluar dari zona aman... Bismillaah :)
Ada yang lagi berusaha fokus dengerin ceramah di depan... :))
Sebenernya baru di perjalanan sih aku susun run down durasi ceramahnya, durasi tanya jawab, dan kapan harus udahan. Jadi Mc itu mesti pinter ngatur waktu, ngepasin durasi, mutusin dengan waktu sekian bisa berapa pertanyaan, krn udh harus selesai setidaknya 10 menit sebelum adzan berkumandang supaya yang hadir sempet berwudhu dan ikutan sholat berjama'ah semua...
On duty :))
Terus aku juga baca-baca lagi tentang bahasan aqidah, rukun iman, rukun islam, yaaa setidaknya klo nanti belum ada yg mau nanya, cara mancing member hc nanya itu ya Mc duluan yg ngajuin pertanyaan ke pembicara... Terus tantangan jadi Mc itu adalah ketika harus ngerangkum ceramah dari pembicara, biasanya jadi keliatan deh fokus apa ngganya kita selama dengerin ceramah.... :)

Ada sedikit catatan yang tadi aku buat saat dengerin Prof. Amani ceramah...
Prof. Amani menyampaikan bahwa ada 8 langkah untuk menguatkan aqidah...
1. Harus mengenal Tuhan kita, yaitu Allah S.W.T., salah satu caranya melauli asmaul husna.
2. Berpegang teguh kepada Al-Qur'an yang merupakan pedoman manusia.
3. Memahami ajaran-ajaran agama yang ada di dalam Al-Qur'an secara komprehensif (luas dan lengkap). Jadi, jangan hanya baca Al-Qur'an (arabnya aja), jangan juga cuma baca terjemahannya, jangan juga cuma baca tafsirnya, tapi baca dan pelajari kesemuanya.
4. Mengenal rukun iman, tapi jangan cuma kenal aja tapi diterapkan juga, ada internalisasi di dalam diri.
5. Mensucikan diri (hati yang bersih, ikhlas).
6. Mengenal sunnah Rasulullaah. Jangan hanya bilang cinta kepada Rasulullah tapi g pernah baca shirah Nabawiyah. Kerjakan sunnah beliau.
7. Dzikir. Paling tidak, dzikir setelah sholat seperti yang dicontohkan oleh Rasulullaah... Tasbih (Subhanallah), Tahmid (Alhamdulillaah), dan Takbir Allahu Akbar)....
8. Dakwah. Bisa dengan lisan atau dengan perbuatan.

Semoga bermanfaat yaa catatan di atas, aamiin :)

Efek blur, padahal emang hpnya aja belum ready nich :p hahahaha...
Crowd hari ini, 250 orang lebih :). Foto atas captured by Mei komite Hc :)
Lanjut ke pembahasan tasyakuran... Kali ini dikemas dengan sederhana tapi in syaa Allah tetap bermakna, kita ajak member hc yang hadir untuk makan siang bersama :)
Background untuk foto-foto...
Alhamdulillah Hijabers Community sudah berusia 6 tahun,,, Aku sendiri sudah 4 tahun gabung di komunitas ini... Apa yang aku rasain? Bersyukur pastinya. Di komunitas ini, aku bisa ketemu para muslimah kece dengan segudang ide dan kreativitas... Aku juga punya kesempatan untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik, itu cakupan kecil untuk diri akunya. Untuk cakupan luasnya, dengan semakin banyaknya member yang hampir 85 ribu orang, semoga Hc semakin berkah dan bermanfaat... 
Harapan aku untuk Hijabers Community adalah...
1. Semoga terus membuat kegiatan inspiratif bagi para muslimah
2. Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan di jalan dakwah
3. Semoga Hc selalu memunculkan energi positif
4. Semoga istiqomah mengajak wanita muslim menutup aurat (berjilbab) :)
Dan masih banyak lagi sebenernya eh tapi ini otak udh agak sengkleh krn udah mau jam 1 pagi hahahaha...

Sebagian komite yang hadir hari ini... :) *ada beberapa yg hadir tapi g sempet foto bareng...
Menanggapi foto di atas. Aku pernah baca tulisan orang bahwa make up terbaik bagi wanita adalah senyumannya. Aku mau nambahin aja, aku setuju sih... Make up terbaik itu, bukan bedak, bukan blush on, bukan lipstick, dan bukan eye shadow, melainkan senyum dari hati yang tulus... :).
Show your inner beauty and keep smiling... :)

Friday, November 25, 2016

DSLR Aku Masuk Bengkel :s

Assalamu'alaikum...

Kali ini mau bahas kamera... Udah lama aku g mainan kamera :p, gegara kamera aku g bisa dipake auto focusnya... Terus kepikiran mau hunting foto, jadi kyanya ini kamera perlu deh masuk bengkel... Eh pas udah masuk bengkel, cari-cari di internet, ternyata masalah auto focus yang g bisa dipake itu emang masalah beberapa slr...
Ada aja dong video cara benerinnya, aku sempet bilang dalam hati "wah coba aku benerin sendiri" (sebelum nonton videonya), eh tapi pas udah nonton, hahahahaha.. aku sotoy banget mau otak-atik itu lensa... Lebih dari 10 baut kali yang harus dicopot dan bautnya itu kecil-kecil banget, hampir g mungkin sih aku benerin kamera sendiri... Adek aku mungkin bisa, ya asumsi aja sih, soalnya dia jago otak-atik, dr cpu komputer, perkabelan, otak-atik gundam bermalem-malem, pokoknya dia suka yang ngerakit-rakit gitu deh, g tau belajar dari mana... hahahaha... daaan hasil kerjaan diaa rapiii, hihiiihi... beda ya sama kakaknya yang satu ini yang berantakan... :p

Oke baiklah balik lagi ke masalah kamera... Kembali membahas keinginan akan hunting foto, berniatlah aku beli batere cadangan dan memory card 16 GB (aku punyanya 8 GB) daan penonton kecewa saudara-saudara... Harganya mahal :( *garuk-garuk tanah *emot nangis bombay
Padahal pas cek online harganya g sampe segitu :(. Aku urungkan niat aku, aku nabung dulu aja deh... :D

Aha, inget kamera jadi inget sahabat aku yang baru beli kamera, hihihii... Udah aku ajakin hunting foto di kota tua padahal sama komunitas .... (namanya lupa, maaf :(), hahaha aku juga baru sekali ini mau ikutan hunting foto bareng komunitas fotografi... Eh sahabat aku ini g bisa ikutan krn ternyata udh hrs balik ke Belanda menemani suaminya yang lagi kerja di sana... Terus akhirnya dengan sedih krn belum sempet hunting foto bareng, kita janjian deh akan hunting foto di sana (di mana kek, di mana aja boleh, di Belanda bisaaa, di Jerman bisaaa, di Swiss juga bisaaa), bilang aamiin dong semua yang baca... hehehehe... :)

Jadi begitulah kisah hari ini, aku mengantarkan kameraku masuk bengkel, semoga cepet sembuh ya kamu kameraku :))

Ketika pertanyaan "Kapan Nikah?" mulai terasa "mengganggu"

Assalamu'alaikum...

Well, ini akan jadi tulisan jujur-jujuran buat aku... Kalau aku rasa kyanya g cocok deh tulisan ini ada di blog, bisa aja aku apus sih tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, :p

Waktu umur masih di bawah 25, aku dan keluaga adalah orang yang santai menanggapi pertanyaan "itu" dari orang sekitar... Kita akan senyum aja... Nah nah nah, saat umur udah 26, ternyata oh ternyata keluarga terdekat aku mulai intens membahasa masalah ini... Aku yakin, orang terdekat aku tahu sih kondisi sebenernya gimana... Ketika ortu mulai was-was karena dibrondong pertanyaan "itu" dari orang-orang sekitar...

Orang di luar sana mungkin saja hanya bertanya sebagai bentuk basa-basi, tapi tidak jarang juga pertanyaan yang diajukan disertakan wejangan yang mungkin tidak sesuai dengan kondisi orang yang ditanya... Oke contoh, kasus aku ya... Tiba-tiba ada yang nanya...
X : "Din, kapan nikah?
A : (senyum aja), paling jawab "ya didoakan saja"
X : "Udahlah Din, nunggu apa lagi sih,krn kerjaan?"

Berusaha sabar sih dengan percakapan seperti ini... Orang di luar sana belum tentu tau ikhtiar apa saja yang aku lakukan selama ini (dan mereka emang g perlu tau sih sebenernya...).

Pada intinya, aku cuma mau bilang bahwa jodoh itu adalah hak prerogatif Allah... Kita g akan pernah tahu kapan kita bertemu dengan jodoh kita, siapa jodoh kita, bagaimana rupanya, dia di mana sekarang, lagi ngapain, kerjaannya apa, umurnya berapa, sifatnya gimana, hobinya apa, sesholeh apa, ibadahnya gimana, dan hal-hal lain yang buat kita penasaran...
Aku yakin seyakin-yakinnya, sekeras apa kita usaha, klo menurut Allah emang bukan jodoh, g akan dipersatukan dalam ikatan pernikahan... Tapiii klo Allah udah bilang jodoh, sekali ketemu bisa langsung yakin dan dalam beberapa hari kemudian menikah... Jangan tanya aku pernah ngalamin apa ngga... Menurut yg baca, klo aku bisa nulis kya gini, jadi...

Kita g bisa maksa Allah, kita hanya bisa ikhtiar, meminta, dan berdoa kepada Allah... Karena apa, karena manusia cuma bisa liat apa yang tampak aja, manusia kadang udh ngerasa cocok dan yakin banget... Tapi sekali lagi, hei wahai manusia (termasuk aku), tahu apa sih... Allah Maha Tahu segalanya, Allah Maha Tahu yang terbaik untuk setiap umatNya... Termasuk pilihan terbaiknya menyiapkan pasangan di langit bukan di dunia... Tugas manusia itu ikhtiar, berdoa, dan tawakal, berserah kepada Allah akan ketetapanNya... Percaya dan yakin, serahkan semuanya kepada Allah... Dulu mulai umur 20an aku pengen banget nikah, bawaannya baper terus pengen ada yang ngelamar, makin lama makin berkurang dan makin sadar bahwa perlunya untuk belajar bertawakal ketika kita sudah berikhtiar...

Ketika gagal, bukan berarti Allah g sayang, percayalah bahwa in syaa Allah, Allah telah menyimpan orang terbaik untuk kita... Yang terpenting adalah tetap berikhtiar dengan cara yang diridhoi Allah (maaf, say no untuk pacaran), berdoa, dan bertawakal... Menata hati jika belum ada yang kunjung meminang, kita bisa juga bersyukur karena Allah jaga kita dari hubungan yang tidak diridhoiNya, menjaga dari hubungan yang mendekati zina...

Ada pendapat dari Ustadz Salim A. Fillah yang aku setuju, aku tampilkan ya kata-katanya....
Tulisan Ustadz Salim A Fillah, ambil dr internet... 

Jodoh itu sudah tertulis di Lauhul Mahfuz, 50 ribu tahun sebelum langit dan bumi diciptakan... G akan tertukar... Keep calm dan bersabar dalam ketaatan... :))

Aku bahagia dengan cara Allah menjagaku, in syaa Allah aku berserah akan ketetapanNya... Yang aku tahu, Allah selalu ada untuk aku, yang aku tahu, Allah selalu memilihkan pilihan terbaik untukku... :))

Terima kasih bagi orang yang bertanya kapan aku akan menikah, mohon doanya saja... In syaa Allah di saat yang tepat, Allah akan mempertemukanku dengan orang yang tepat... :))

Nostalgia ke Tempat Les

Assalamu'alaikum...

Huaa akhirnya menyapa kembali setelah minggu ini berjibaku dengan urusan ketak-ketik cantik tugas negara...

Hari ini, kisahku dimulai lagi... Setelah kirim revisian, aku pun ada urusan buat foto di daerah Sabang... Ternyata difoto cuma 20 detik aja lho dan hasilnya langsung jadi 20 menit kemudian...
Nah kan langsung berpikir, abis ini mau refreshing dulu, enaknya kemana ya, tiba-tiba aja langsung kepikiran untuk berkunjung ke tempat les yang ada di Sam Ratulangie, hihihihihi...
Naik ojek pakai aplikasi, cuma 2000 aja lho (tapi ya jangan pikir aku bayar cm segitu ya, tegaaa bener...). Saat nyampe, wooow aku kangeeen masa-masa aku menimba ilmu di sini (kangen mulu perasaan), 3 tahun gitu lho... Setiap melangkah, aku bener2 ngeliatin sekeliling... Kangen pake bangeet... Semenjak 3 tahun yang lalu kyanya aku g pernah ke tempat itu lagi... Terus krn sudah masuk waktu dzuhur, bergegaslah aku ke mushola... Jeng jeng jeng jeng... Wow jadi lebih gede dan karpetnya bagus :)). Pas liat kamar mandinya juga ada kurang lebih 4 tempat wudhu di dalam kamar mandi perempuan (dulu aku sukanya wudhu di wastafel kamar mandi wanita krn tempat wudhunya masih dicampur, bagi aku menjaga aurat itu penting). Seneng banget fasilitas beribadahnya diperbagus kya gini... Oh iya tambahan, baru ngeh juga klo ada hijabnya sekarang antara shaf laki-laki dan perempuan :). Ini dia penampakannya :)) *g sempet foto tempat wudhu di kamar mandi wanita soalnya hp aku yang udh bocor ini langsung mati, huuhhu...

Alhamdulillaah musholanya jadi lebih besar :))
Setelah sholat, aku laper juga... Belilah aku lauk, krn aku bawa roti tawar 3 lembar dari rumah. Mbanya masih sama, aku sapa aja dan nanya dia masih inget g sama aku dan ternyata masih inget dong, huaaa terharu... Makanan di sini tuh enak-enak, risolesnya juara sih... Klo ke sini harus coba ya, Sob.. Tapi sayang, risolesnya cuma ada hari Sabtu, hari ini g ada deh... Dulu aku lesnya hari Sabtu jadi aku beli risoles mulu :)). Tadi itu aku beli, kentang kering balado manis, kering tempe, kailan bawang putih, dan gorengan ayam (g tau namanya apa tadi). Kisah unik selanjutnya adalah saat aku minta izin duduk satu meja sama 1 orang yang udah duduk duluan. Aku bilang, "Mba, boleh saya makan di sini?", dia bilang boleh.... Terus aku emang serius mau nanya tentang jam buka perpusnya, aku tanya lagi, "Maaf, tau jam buka perpusnya g?" dan ternyata dia bukan murid les di situ... Nah dari situ ternyata obrolan berlanjut... Seru banget pokoknya, ternyata kita satu almamater meski beda jurusan, ternyata sama-sama kerja di Sekolah, hiihihii... Lumayan banyak juga tadi yang diobrolin, seru sih bisa ngobrol nyambung sama orang yang baru kenal...
Setelah ngobrol-ngobrol selesai, lanjutlah aku ke perpus, yaah baca-baca buku sebentar... Aku masih inget, dulu tuh aku sukaaa banget bacain majalah Schoener Wohnen, liat rumah dan isinya tuh bikin mupeng... Terus, aku cari-cari buku yang banyak gambarnya, aku suka banget liat pemandangan...

Tebak ini istana apa???
Liat gambar salah satu istana yang aku hafal banget bentuknya itu, seneng bangeeeet... (apalagi klo bisa ke sana dan lihat langsung ya...). Istana apa hayooo??? Iya, tebak aja... Salah gpp kok... Hihiihi... Ah kamu pasti lebih jago daripada aku klo soal Jerman :")
Yup, ini Neuschwanstein Schloss... Aku pengen banget ke istana ini, ada yang mau bawa aku ke sini g?

Baiklah, kita lanjut foto deh mumpung hp aku udh nyala, eh ini nich masalah aku dr dulu, klo ambil foto suka g simetris... Kadang mencong, kadang g proporsional... Jepretan di bawah ini contohnya, hihihihihi... Terlalu ke kanan ya aku ambilnya... Ya gpp, namanya juga masih belajar, ya kan... Jadi, nanti klo ke Jerman, akan hunting foto kan??? Iya... iya... In syaa Allah :)

Suka sama perpaduan warnanya :)
Warna cokelat pada kayu yang klasik berpadu dengan merah menyala pada tralis di sisi tangga yang modern minimalis... Luar biasa... Cantik dilihat... :))

Terus aku iseng nambahi tulisan di gambarnya... Hihihihi...


Teruntuk guruku, terima kasih ku ucapkan...
Sebenernya aku buat gambar ini tuh untuk ngucapin selamat hari guru kepada rekan guruku, guru-guru tersayangku, dan dosen-dosen tercinta... Eh malah pada ngucapin ke aku, hahahhaa... :))

Selamat hari guru yaaa... Mendidik itu adalah sesuatu mulia dan luar biasa... :)) Semangaat dan jangan lupa tersenyum, secerah merah yang menghiasi cokelat :))

Monday, November 21, 2016

Kenapa Puasa Sunnah pada Hari Senin dan Kamis?

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah, sekarang adalah hari Senin...
Kali ini aku akan membahas kenapa ada puasa sunnah hari Senin dan Kamis, informasi mengenai puasa sunnah ini sebenernya bisa didapat pada banyak sumber tapi aku bahas di sini supaya aku juga bisa menyampaikan informasi tersebut melalui blog aku ini...

Pada intinya adalah adanya puasa Senin dan Kamis, karena pada dua hari tersebut amal manusia itu dilaporkan kepada Yang Maha Kuasa. Rasulullah berkata bahwa beliau ingin saat amalannya dilaporkan, beliau sedang dalam keadaan berpuasa.
Berikut hadistnya, saya ambil dari sumber yang in syaa Allah terpercaya yaiyu muslim.or.id :)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).
sumber: https://muslim.or.id/17854-puasa-senin-kamis.html

Manfaat puasa sunnah juga in syaa Allah banyak sekali lho... Syeitan itu dapat masuk melalui pembuluh darah, dengan berpuasa sunnah berarti kita mempersempit jalan syeitan untuk masuk ke tubuh kita... Berpuasa juga lebih dapat mnjaga hati dan menundukkan pandangan :))

Hal nyata yang aku rasakan ketika berpuasa adalah aku jadi lemes, dalam arti bukan lemes untuk melakukan hal-hal positif lho ya (in syaa Allah, puasa g menghalangi orang untuk tetap berolah raga kok, aku aja masih bisa nyapu, ngepel, jemur, dan nyiram tanaman pas puasa --> hihihii itu termasuk olah raga juga kan :p, g deng, aku juga suka sedikit plank, push up, dan loncat-loncat pas puasa). Eh iya balik lagi ke masalah lemes, maksud aku, aku lemes untuk marah dan kesel, klo ada yang buat kesel itu aku memilih untuk istighfar krn kya g sanggup ngeluarin nada tinggi, kya terlalu lelah untuk memulai kesel, ini jadi hal positif kaaan... :))

Oh iya, saat berpuasa, semangat untuk berbuat kebaikan juga meningkat daaaan tidak lupa berdoa yang banyak krn in syaa Allah doa orang yang berpuasa itu diijabah...  :)

Hari ini, aku menyiapkan teh untuk berbuka... Sebenernya aku biasa aja sama teh (bukan menu wajib saat berbuka, krn minuman favorit aku itu air putih dan susu), tapi mama suka sekali sama teh... Jadi, aku buat jugalah buat aku sendiri, hehehe... Untuk teh, aku suka yang diseduh, enak aja wangi dan rasanya yang sedikit pekat, aku suka...

Aku pake gelas ukuran standar aja :)

Selamat berbuka puasa :)
Alhamdulillah, makanan berbuka hari ini luar biasa, maka nikmat Tuhanmu mana yang kau dustakan... Semuanya aku suka, hihihihi... Lidah Indonesianya lagi bersemangat... Ada pastel dibawain mama, ada pepes tahu jamur, dan ada pare teri (padahal klo pare di siomay aku g suka karena pahit tapi ini pare g pahit dan enak krn asiin), mantaaap... 

Alhamdulillaah, bersyukur sekali :))
Mungkin keliatannya makanan berbuka aku kali ini biasa aja ya, tapi buat aku ini udh luar biasa, alhamdulillaah... Nikmat... Bersyukur... Dan perlu diingat, ketika seseorang bersyukur itu, dengan izin Allah, akan ditambah kenikmatannya... :) *selalu terbukti dalam kehidupan aku... *trust me, it works :))

Baiklah, semoga tulisan ini akan menambah semangat para saudara dan saudari seimanku untuk menjalankan ibadah puasa sunnah Senin dan Kamis... Aammin..

Akhir kata, yuk kita sama-sama saling mengingatkan dalam kebaikan, semoga Allah selalu menjaga dan memberikan berkah kepada hambaNya yang senantiasa berpuasa Senin dan Kamis, aamiin...

Selamat berbuka puasaaa, tetap semangat menjalankan ibadah di mana pun kamu berada :))

Thursday, November 17, 2016

Jangan Mengabaikan Akhirat Demi Kesenangan Dunia

Assalamu'alaikum,

Apakah kita sebagai manusia terlalu sibuk dengan hiruk-pikuk dunia? Padahal kita tahu bahwa kita di dunia ini hanya sekedar mampir saja, numpang lewat istilahnya... Hidup kita di dunia ini justru untuk beramal sebanyak-banyaknya demi mempersiapkan bekal di akhirat kelak... Sayang sekali, tipu daya syeitan sering kali melalaikan manusia... Banyak yang tergoda dan terjerumus dalam kemaksiatan...
Tidak dapat dipungkiri bahwa godaan syeitan itu begitu dahsyat karena memang syeitan bersumpah akan menggoda anak cucu Adam sampai hari kiamat tiba untuk menemaninya di neraka kelak...

Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah... Pertimbangkan lagi jika ingin berbuat sesuatu, jangan sampai kita mengabaikan bekal untuk ke akhirat demi kesenangan dunia yang sesungguhnya fana...

Hari ini, sudah masuk hari Jumat... Bismillaah... Yuk, luangkan waktu untuk mengamalkan sunnah... Membaca surat Al-Kahf... Allah sudah meberikah kita waktu 24 jam sehari, perbanyak mengingat Allah agar mempersempit celah syeitan untuk masuk...

Keutamaaan Membaca Surat Al-Kahf
Bismillaah, semoga selalu semangat saling mengingatkan dalam kebaikan, saling menasihati, semuanya itu tanda sayang... Umat muslim itu bersaudara :)

Selamat berjuang di buminya Allah, semoga keberkahan dan rahmat selalu tercurah kepada mereka yang tak kenal lelah menjemput hidayah, meski perlahan tapi tetap berproses ke arah kebaikan :))