Google+ Followers

Friday, May 11, 2018

Harapan di Tahun 2018

Assalamu'alaikum semua,

Kali ini, aku mau buat tulisan dari hati. Padahal harusnya aku masih punya PR buat tulisan mengenai perjalanan seru aku ke-3 tempat menawan di awal tahun ini. Berhubung tulisan dan foto belum siap (foto belum semuanya aku  pindahin ke laptop), jadilah aku nulis apa yang sedang mengusik benak aku ini.

Alhamdulillaah, Allah telah mengabulkan impian aku untuk mengajar di pelosok negeri, so impian petualangan sudah tepenuhi, jadi siap mikirin "nikah" dong harusnya? Ulala sebenernya aku udah mulai mengurangi untuk membahas hal ini di media sosial. Ya lelah aja... Lelah denger pertanyaan basa-basi orang lain ke aku, "Kapan nikah?", "Sekarang lagi deket sama siapa?", "Kenalin dong calonnya?". Mereka ngerti g sih klo jodoh itu adalah rahasia Allah, mereka nanya 1000 kali ke aku pun, aku g akan pernah bisa jawab.

Sebenernya orang di luar sana g perlu tau sih tapi yaudahlah aku kasitau aja, di umur aku yang udah 28 ini emang dikira aku g mau nikah apa? Ya pasti maulah, apalagi aku tuh seneng banget sama anak-anak, aku udah pengen bisa main sama anak-anak aku sendiri. Klo orang lain berpikir aku g usaha, aku terlalu pemilih, aku ini dan itu (berprasangka buruk), ya terserahlah mereka mikir apa... Mereka g tau aja kan ikhtiar apa yang udah aku lakukan selama 10 tahun terakhir ini... Apa aja yang udah aku persiapkan... 

Dari mulai tertarik sama lawan jenis, ketika berdoa g lama kemudian orangnya menikah sama orang lain. Berusaha serius sama orang tapi ternyata cuma friendzone terus orangnya nikah sama orang lain, pernah berusaha membahas cita-cita ke depannya sama seseorang tetiba orangnya menghilang. Aku sampai di titik aku g terlalu mikirin. Menolak untuk memikirkan semua ini lebih tepatnya. 

Aku bener-bener berusaha menyibukan diri setiap harinya, ya ke perpuslah buat baca buku, ya ikut kajianlah, ya berkegiatan sosiallah, ya masak-masaklah, pokoknya apa aja yang buat aku sibuk positif. Pernah aku push to the limit 3 kegiatan nonstop perharinya dari jam 9 pagi sampe 10 malem full. 

Ya Allah, Addina memang merupakan orang yang banyak maunya, Addina pengen ini pengen itu, pengen traveling ke sana pengen traveling ke situ. Addina pengen BFD lah ke Jerman. Sesungguhnya di balik semua impian yang banyak banget itu, Addina memprioritaskan menikah, jika ada orang yang memang tepat, baik agama dan akhlaknya, Addina rela kok melepas semua impian Addina itu, asal Allah ridho.

Ya Allah tapi jika memang belum waktunya Addina menikah dalam waktu dekat, izinkan Addina ke Jerman dulu ya Allah, permudah Addina untuk ke Jerman ya Allah.


Wednesday, January 17, 2018

Alhamdulillaah, 2018 Penuh Kejutan dari Awal...

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillaah aku ucapkan, banyak kejutan unik dari Allah untuk akuuu...
Aku melalui sidang yang begitulah tapi alhamdulillaah akhirnya aku lulus jugaa...

Alhamdulillaah aku akan pergi ke 2 negara berbeda di bulan Januari dan Februari dan 2 negara itu adalah 2 negara yang awalnya bukan jadi tujuan aku di tahun 2018...

Mungkin belum ke Jerman, Austria, atau Swiss... Tetap berdoa untuk bisa ke negara tersebut di tahun ini, aamiin...

Ceritanya dari mana ya.. Oke, dari negara pertama yang in syaa Allah akan aku kunjungi 2 hari lagi... Awalnya g kepikiran sama sekali ke negara itu. Aku sama adek aku itu udah ke travel fair dari September dan negara inceran buat sweet escapenya itu Korea. Namanya juga sudah takdir ternyata tiket ke Korea lagi pada melambung (berhubung aku dan adek aku akan bayar sendiri untuk tikenya jadilah kita cari yang murah atau setidaknya sedanglah). Ternyata kita g sempet dapet tiket promo juga di travel fair itu karena g bawa kartu bank rekanan. Yudah deh cari di C*thay dan SG aja. Anehnya kita aku dan adek aku g nyari ke Korea tapi ke negara (masih rahasia) ini.
Alhamdulillaah dapet di tanggal yang sebenernya menengangkan karena g tau pada tanggal itu aku udah selesai urus-urus kelulusan apa belum....

Cerita ke 2 adalah akan perginya aku di bulan Februari ke negara yang sebenernya belum pengen-pengen banget aku kunjungi. Harga tiket yang lumayan mahal (padahala negara tetangga) menjadi pertimbangan aku g memasukkan negara ini menjadi negara yang pengen banget aku kunjungi dalam waktu dekat. Lagi-lagi semua sudah takdir Allah. Akibat ngobrol sama salah satu temen aku yang mau traveling ke negara tersebut, aku berniat join. Sayangnya harga tiket promo yang temen aku dapetin udah g ada, adaya harga normal yang cukup menguras kantong. Pada waktu itu aku memutuskan g jadi join. Eh tiba-tiba rezeki emang g kemana ya. Temen aku hubungi aku, salah satu temennya g jadi ikutan karena sedang hamil. Yasudah aku masuk menggantikan.
Alhamdulillaah-nya masih bisa ganti nama dan harga tiket promo yang aku harus bayar alhamdulillaah cukup murah 3,3 jt pp dengan harga normal 6-10 jt pp. Alhamdulillaah penginapan juga dapet yang murah 1,5 per orang untuk 5 hari 4 malam. Ini termasuk murah karena penginapannya apartemen, 2 kamar tidur dengan fasilitas dapur dan ruang tamu. Ulasan lengkapnya nanti ada part tersendiri ya, in syaa Allah akan aku review sekalian pas aku udah ke sana.


Tuesday, December 26, 2017

Ada rencana apa di tahun 2018?

Assalamu'alaikum...

Well sudah di penghujung tahun 2017 nich...
Ini salah satu tahun perjuangan bagi aku...  Yasudah kita beristirahat sejenak melepas pikiran kusut di bulan Desember ini...
Hmmm 2018 tinggal beberapa hari lagi. Punya rencana apa ya aku???
Au pair? (Mmm lebih pilih nikah sih sebenernya)
Kerja sosial (BFD)? (Mmm lebih pilih nikah juga sih sebenernya)
Traveling? Solo traveling? Ya boleh dicoba...
Alhamdulillaah, sekarang waktu aku fleksibel karena udah g kerja, tabungan alhamdulillaah ada karena udah aku siapin dari aku kuliah, nyali aja nih tinggal dikumpulin...

Klo ditanya emang mau ngapain sih solo traveling?
Sebenernya impian aku itu simpel, aku pengen menikmati pemandangan ciptaan Allah....
Aku cuma pengen jalan pelan-pelan sambil ngeliat alam dan arsitektur indah, jeprat-jepret pake kamera, duduk di bawah pohon rindang, makan sambil ngeliat danau, nongkrong di jembatan sambil nulis puisi, diam mematung sambil menikmati hembusan angin...
Ya sebenernya simpel aja cita-citanya...
Lagi mau menjelajah sendiri aja... Mmm, walaupun sebenernya suka juga sih klo ada yang nemenin, tapi harus yang sejalan atau klo pun beda harus yang bisa membuat lebih berwarna...
Oh iya aku juga punya cita-cita menjelajah masjid, ya salah satu tempat yang membuat aku nyaman... Wisata kuliner sih aku g berharap banyak karena mungkin perjuangan cari yang halal, in syaa Allah sudah mempersiapkan diri jika harus jadi vegetarian sementara :))

Oh iya, ada lagi cita-citanya... Aku ini suka hal-hal baru... Aku pengen banget nyoba main ski, main sledding dari atas bukit, kayaking, paragliding dan hiking. Sedikit hal-hal ekstrim aku suka :p, tapi no bangee jumping, roller coaster dsb.
Hahahaha... Yup, iya aku emang banyak maunya... Kepengen ini itu... Pikiran aku tuh ruwet banget karena banyak maunya...
Sering orang g ngertiin aku, mereka nganggep aku cuma berkhayal...
Ya terserah mereka sih. Aku g peduli sama persepsi aneh orang ke aku... Selama aku g merugikan orang lain...

Saturday, December 23, 2017

Kekecewaan

Assalamu'alaikum,

Sebagai manusia biasa, aku juga pernah kecewa, kadang sering malah... Sebenernya kunci mengobati kekecewaan adalah dengan percaya sama Allah.. Yakin bahwa ketika Allah menakdirkan sesuatu, pasti ada hikmahnya, pasti ada pelajaran yang bisa diambil...

Ya, ini berkaitan sama peristiwa yang baru ini aku jalanin... Aku harus mengumpulkan sisa-sisa tenaga aku setelah melewati proses yang panjang dan ujian yang tak berjalan lancar... Aku masih harus berjuang untuk sampai ke garis finish... Aku sudah pasrah, kalaupun aku gagal kali ini (na'udzubillah), aku akan mundur saja...
In syaa Allaah, apapun hasilnya.... Masih ada orang-orang terdekat aku yang akan memeluk aku...
Terima kasih ya Allah, Engkau mengirimkan orang-orang terbaikMu ada disekelilingku...
Bismillaah aku akan tetap berjuang tapi aku sudah pasrah...

Tuesday, December 12, 2017

Ada di Masa "Pasrah"

Assalamu'alaikum,

Ketika aku merasa sudah benar-berar lelah. Air mata yang selama ini kutahan jebol bagai tanggul.
Ya, mohon doanya saja yaaa...
Semoga aku kuat menjalani hari ke depannya...
Bismillaah... 
Aku pasrah...

Monday, December 11, 2017

Antara Hujan dan Salju

Di sini sedang turun hujan
Di negeri sana sedang turun salju
Persamaannya yaaa sama-sama dingin
Sama-sama ada rasa khawatir
Kadang membuat cemas karena anginnya kencang
Kadang membuat tersenyum karena aku suka melihat ada butiran turun dari langit
Antara butiran air dan butiran es

Thursday, December 7, 2017

Revisi Hidup

Assalamu'alaikum,

Kemarin adalah salah satu hari yang penuh ujian. Menahan air mata untuk orang sesensitif aku ternyata g baik juga... Selama ini, aku udah jarang sekali nangis. Nah, kemarin sekalinya nangis udah deh banjir sampe mata bengkak nyut-nyutan dan kepala pusing... Mata udah dikompres sampe dua kali...

Revisi. Seiring berjalannya waktu, revisi bagi aku g hanya soal revisi ketika skripsi dan tesis. Mmm, sepertinya hidup aku juga perlu aku revisi... Dengan segala kerandoman aku, spontanitas, keacak-acakan yang buat orang geleng-geleng kepala... 
Alhamdulillaah nya dengan segala kekurangan dan keterbatasan aku sebagai manusia, aku selalu dikelilingi sama orang-orang yang selalu ada untuk aku... Terima kasih ya semua (orang-orang yang berada dalam ring 1 aku) yang selalu yakin sama aku, yang selalu ada buat meluk aku, yang selalu bilang semangat. Terima kasih atas doa-doanya untuk kelancaran segala urusan aku, terima kasih atas kehadirannya kemarin untuk memberikan selamat tapi berujung belum bisa kasih selamat karena masih ada yang tertunda...
Kadang sempat berpikir untuk menyerah saja karena aku sudah lelah tapi aku sudah sejauh ini... Hanya tinggal beberapa hari harus berjuang yang menentukan aku ke garis finish atau memilih give up ikut ambulans klo dipertandingan lari...
Yah hidup itu bukan hanya tentang hal yang membahagiakan saja, bukan hanya keceriaan yang aku tampilkan pada gambar dan tulisan di media sosial. Kadang aku hanya tidak ingin membagi kisah sedih dan keluh kesah di media sosial. Mungkin blog menjadi satu-satunya media sosial bagi aku untuk bercerita lebih banyak tanpa perlu mengganggu banyak pihak, tanpa perlu dilihat orang banyak.
Di balik kebahagian dan keceriaan yang kalian lihat percayalah pasti ada juga kok air mata yang pernah menetes. Aku pun jadi introspeksi diri, kenapa tidak perlu terlalu mengekspose kebahagiaan karena belum tentu orang lain bahagia dengan kebahagiaan kita. Ada kalanya mereka berpikir bahwa hidup aku terlalu bahagia tanpa mereka tau kisah-kisah sedih yang tak pernah aku tampilkan lewat gambar. Padahal awalnya aku berpikir bahwa foto-foto kebahagiaan aku juga bisa membuat orang lain bahagia...

Hidup adalah kisah bahagia dan sedih... Tidak mungkin bahagia terus tidak mungkin sedih terus...
Well, sekarang saatnya aku mengumpulkan sisa-sisa tenaga untuk revisi, ya revisi tulisan, ya revisi hidup...

Bismillaah... Kembalikan semuanya kepada Allah...

Friday, December 1, 2017

KIJP (Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau)

Assalamu'alaikum,

Hua mulai dari mana ya kisah ini... Baiklah, kisah dimulai dari awal mula aku tau KIJP.
Beberapa tahun yang lalu aku sempet ketemu sama Ka Asta dan Ka Chiki Fauzi yang pada waktu itu menjadi salah satu pengisi materi di Temu Pendidik Nusantara, Sekolah Cikal. Aku tertarik sama komunitas sosial yang Ka Chiki ikuti, ngobrol dan tanya-tanyalah aku. Ternyata komunitas itu adalah KIJP!

Singkat cerita, aku follow deh IG nya KIJP, tapi dulu aku jarang mainan IG jadi g tau klo lagi ada kegiatan dan dibuka untuk jadi relawan.
Nah, memang takdir Allah itu pasti. Aku yang g sengaja (padahal mah emang udah takdir Allah) liat IG KIJP yang lagi mencari relawan untuk ngajar di pulau. Alhamdulillaah aku pun sudah resign waktu itu jadi lebih fleksibel untuk pergi-pergi. Daftarlah aku, kirain ngisi isian biasa aja secara online, taunya panjang euy jawaban yang harus diberikan. Aku bener-bener belum ada bayangan itu isi pertanyaan2nya dari hp, klo diminta buat essay singkat 500 kata di beberapa pertanyaannya, aku pilih ngisi pake komputer deh, hehehe.... Soalnya pas pake hp eh ke restart, ulang dari awal coba, huhuuuu... Udah ngetiknya perjuangan, biasalah aku masih suka typo klo ngetik pake hap, jarinya kegedean kali ya... Hahahha...

Saat daftar biasa deh aku belum bilang ke mama papa soalnya (....), soalnya tesis belum selesai hahahahhaa.... Ya pasti ditanya2 deh kok kamu pergi2 kan tesis belum selesai bla bla bla bla.... Ya meskipun ujung-ujungnya aku akan berargumen :p. Saat udah kirim semua jawabannya terus aku baru bilang deh ke mama dan papa bahwa aku mau ngajar di pulau, sebentar kok cuma 3 hari... Tanggepan mereka, ya pastilah bahas2 tesis yang belum selesai tapi aku yakinkan bahwa kegiatan ini in syaa Allah bermanfaat dan positif :).

Ini pengalaman pertama bagi aku untuk coba ikutan jadi relawan ke pulau. Harap-harap cemas lolos apa ngga ya dan alhamdulillaah aku lolos, seneng sekali.... Beneran aku tungguin lho kabar ini...
Aku pengen aja gimana caranya aku bisa jadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak, aku mau aja bisa berkonstribusi lebih di dunia pendidikan khususnya pendidikan anak-anak :).

Oh iya aku itu ikutan KIJP batch 6, ternyata ada hampir lebih 300 relawan baik inspirator, fotografer, dan videografer yang bergabung. Relawan-relawan tersebut akan dibagi ke 13 pulau (Pulau Karimun Jawa, Pulan di Banten, dan 11 Pulau di Kepulauan Seribu).

Aku yang daftar sendiri (g sempet ngajak-ngajakin temen karena baru daftar saat hari terakhir batas pendaftaran) bener-bener mendapatkan kesempatan yang luar biasa, bisa kenal sama teman-teman baru yang seruuu bangeeet....

Sebelum hari keberangkatan ke pulau, ada trainingnya dulu, dari jam 8- hampir jam 5 sore... Wuih emang keliatannya lama banget ya dari pagi sampe sore, eits tapi ini trainingnya seru lho...

Saat training, relawan sempet dikelompokan berdasarkan cara belajar, tenyata aku ini orang bodily kinestetik.... Aku hepiii bangeet di grup ini karena hampir semuanya ya mirip aku, kita sama-sama rame, orangnya suka gerak, seru, jadi kelompok paling heboh, hahahhaa....

Nah pas awal training itu kita belum tau akan ditempatkan di pulau apa, aku pun pasrah aja karena emang temen baru semua, alhamdulillaah aku ngerasa satu frekuensi aja sama semua temen-temen di KIJP. Mmmm mungkin karena kita punya kesamaan, sama-sama peduli akan pendidikan anak-anak, sama-sama mau terjun langsung membuat diri menjadi lebih bermanfaat, dan sama-sama mau belajar dari orang lain.

Saat jadi relawan dari luar kita emang ngajar tapi sebenernya kita yang jadi banyak belajar.... 

Saat yang dinanti tiba, pembagian pulau. Aku dapet di Pulau Kelapa, mmm belum familiar pulaunya (aku cuma tau Pulau Pramuka, Harapan, Pari, Bidadari, Tidung). Tidak berekspektasi banyak, aku in syaa Allah sudah siap... Ya iyalah klo mau jadi relawan mah harus siap dengan kondisi seadanya :))

Ya meskipun teman-teman yang pas awal dateng aku kenalan dan aku udah deket pada hari itu g ada yang sepulau... Jadi kenalan lagi deh sama temen-temen baru yang akan sepulau. Persiapan sebelum berlayar cukup padat, kita ngadain dua kali ketemu. Aku gabung di seksi kertas cita-cita untuk anak-anak, kita buat lebih dari 300 topi-topian untuk anak-anak. Nah ketemuan untuk ngerjain pra karya ini di rumah aku (eh rumah Allah deng, yang dititipkan ke mama papa aku).

Nah berikut ini gambar yang sempat diabadikan :))

Tim Pulau Kelapa sebelum Berlayar, Miss you all guys...
Naik perahu kayu, seseruan sama temen-temen yang asyik
Perjalanan berjam-jam beneran g terasa. Seruuu banget, padahal aku udah minum obat mabuk laut, katanya sih bisa bikin ngantuk tapi sangking excited-nya aku g ngantuk sama sekali lho...

Keseruan di kapal :))
Muka bahagia g bisa bohong, lautnya indaah masya Allah
Duduk di ujung kapal. Sunshine, no worries.
Posisi duduk di ujung kapal itu memberikan kesenangan tersendiri. In syaa Allah aku bukan orang yang rewel masalah panas matahari (yang penting udah pake sunblock supaya g rusak kulitnya). Seru banget klo ada ombak abis itu kapalnya naik turun. Posisi terpewe selanjutnya adalah (tetep di depan) senderan di kaca bagian depan, selonjoran, bisa liat laut dan langit, wah itu "menikmati hidup" banget....

Repost IG @jelajahpulauid :)
Selama perjalanan, kita buat yel-yel dan saat merapat ke pulau kita nyanyiin deh. Beneran seseru itu kita-kita :))

Setibanya di pulau, kita menuju ke penginapan Ibu Mardiah. Aku menempati kamar dengan 2 kasur untuk 5 orang. Setelah sholat dan ganti baju, kita ke RPTRA untuk mengadakan kegiatan masyarakat. Kita ngadain kuis semacam rangking 1 untuk anak-anaknya sedangkan untuk Ibu-ibunya kita ajak main angklung dan belajar bahasa Inggris.

Kegiatan bersama Masyarakat Pulau Kelapa.
Ibu-ibu  belajar bahasa Inggris
Keesokan harinya, aku dan temen-temen aku dapet jadwal ngajar siang di sekolah, paginya ada temen yang ngajakin gimana klo snorkling. Yaudah deh kita snorkling paginya (ini nekat sih soalnya siang-sore harus ngajar dan 4 jam ngajarnya hampir nonstop, butuh energi sekali padahal). Berlayar dengan perahu agak kecil ke pulau-pulau terdekat dan ke tengah laut buat snorkling itu menyenangkan sekali, aku suka banget... Bangeeet... Lagi-lagi aku duduk di ujung kapal atau di sisi samping yang kakinya bisa langsung kena air. Saat perjalanan sempet hujan, masyaa Allah aku tambah happy lagiii....
Menyempatkan snorkling (dadakan).
Pada saat snorkling, paling suka waktu gerombolan ikan mendekat ke aku, sampe kemasukan air mulut aku karena terlalu gembira dan akhirnnya kelepas deh selang snorklingnya... Hahaha...

Siang harinya, sholat dzuhur dulu abis itu siap mengajar :)).



Mengajar dengan Media Boneka Tangan

Bersama anak-anak pulau

Photo taken by Bang Jerry (Fotografer Pulau Kelapa)

Photo taken by Bang Jerry (Fotografer Pulau Kelapa)

Photo taken by Bang Jerry (Fotografer Pulau Kelapa)

Photo taken by Om Hendry (Fotografer Pulau Kelapa)


To be continue...


Tuesday, November 21, 2017

Seminar Prasidang

Penantian
Belum Usai
Semoga Segera Usai

Hitam Putih Kehidupan

Biar gambar yang berbicara -sekian-

Sunday, November 19, 2017

Selasa Depan Seminar Pra Sidang

Assalamu'alaikum,

Huaa sudah jarang ngepost... Padahal banyak banget yang mau aku tulis, dari nikahan sahabat tersayang, serunya berlayar dan ngajar di pulau bareng KIJP (Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau), dan ikutan workshop merangkai bunga...
Nanti yah semoga sempet aku tulis :))
Yup2, bismillaah in syaa Allah Selasa depan aku akan seminar pra sidang alias review tesis...
Mohon doanya ya semua...
Mohon maaf juga kalau ada salah soalnya bisa jadi dosa yg aku perbuat yg akan menghambat kelancaran segala urusan aku... 
Semoga studinya bisa segera lulus, ilmunya berkah, aamiin :)