Thursday, September 28, 2017

Ikutan ICIAP UI 2017

Assalamu'alaikum...

Hai hai semua, kengen sekali lho aku nulis blog... Bukan karena g ada yang dibahas tapi karena banyak deadline yang harus dituntaskan...
Kali ini, aku akan tulis mengenai kegiatan yang sebenernya sudah terlaksana pada tanggal 15 September 2017... Apakah itu??? Jeng jeng jeng... --> Konferensi Internasional



Jadi ceritanya, disemangatin sama dosen pembimbing aku untuk ikutan konferensi internasional yang diadakan UI. Kali ini, temanya juga berkaitan dengan tesis yang aku tulis... (Angkatan aku, wajib publikasi jurnal minimal jurnal nasional).

Awalnya, aku sempet g PD gitu karena ngerasa udah lama sekali g ngomong pake bahasa Inggris apalagi harus presentasi dengan kalimat ilmiah... Akhirnya bismillaah aja...

Eng ing eng ngebutlah turun lapangan untuk ambil data. Ambil datanya dipadatkan seminggu karena deadline pengumpulan jurnal untuk diseleksi itu minggu depannya.
Selasa pretest dan intervensi, Rabu Kamis intervensi, Jumat posttest 1. Jumat Sabtu Minggu ngebut olah data dan buat jurnal, Senin submit. Awalnya masih pake bahasa Indonesia buatnya.

Luar biasaaaa perjuanganya karena aku pun masih kerja waktu itu jadi ambil datanya sore abis ngajar... Ini sebenernya bukan perjuangan aku sendiri melainkan ada banyak pihak yang bantuin... Asli, kerja sama dengan orang tua murid yang nyemangatin anaknya masuk full seminggu juga luar biasa, pernah ada hari di mana hujan turun dan mereka tetep hadir :), saluut sekaliii....

Ucapan terima kasih pastinya kepada Allah, kemudian mama papa yang supportnya tiada henti, dosen2 aku yang selalu nyemagatin, temen-temen yang bantuin ambil data, Dida yang jadi partner cerita pake boneka tangan, Tante Puput, Tante Chicha, Tante Muthia yang udah bantu wawancara anak, Miss Lanie koordinator kelas. Ini special thanks juga untuk adik aku Echo, dia berhasil ngumpulin 4-5 orang temennya yang akhirnya bantuin penelitian aku alias nemenin anak berkegiatan di kelas saat beberapa anak diwawancara dan dibacakan cerita dengan boneka tangan karena anaknya ada 28 orang dan masih pada adaptasi masuk sekolah. Usia mereka juga baru 3-5 tahun.

Dan pengumuman pun diterima, jurnal aku lolos seleksi dengan syarat harus diperbaiki dan dialih bahasakan ke bahasa Inggris, ini minta bantuan temen aku Tante Dinda untuk terjemahin jurnal yang sudah aku buat sambil terus tektokan biar maksud dan hasil terjemahannya g beda. Thanks a lot :*

Awal dapet kabar jurnal lolos dan dipersilahkan untuk dipresentasikan itu antara seneng dan bingung sih...Seneng ternyata hasil kerja sama semua pihak akhirnya membuahkan hasil, bingung karena harus siap-siap presentasi pake bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan dalam bahasa tersebut...

Ada nama aku, eng ing eng deg-degan...
Oh iya, konferensinya berlangsung selama 2 hari dan aku kebagian presentasi di hari pertama jam 4 sore... Hahaha... Semaleman aku edit jurnalnya lagi dan buat ppt sampe jam 2 pagi, jam 8,30 udah di Margo Hotel kemudian jam 4 baru presentasi... Sebenernya pas presentasi antara sadar g sadar karena udah ngantuk, hahaha...

Keliatannya sok santai padahal mah deg-degan grogi hahaha...
Satu ruangan ada 4 presenter dan aku urutan ke-3, sebelum aku, 2 dosen aku yang presentasi... Luar biasa, gimana g jomplang ini presentasinya, hahahhaa... Bismillaah aja...

Di akhir presentasi, aku lumayan dapet banyak pertanyaan, aku jawab aja sebisa aku pake bahasa Inggris yang aku tau itu grammar pasti berantakan abis, hihihihihi....
Tapi jadi sempet mikir, klo jadi audiens biasanya aku akan kasih pertanyaan klo aku nyimak presentasinya, berarti alhamdulillaah pada menyimak presentasi aku karena aku dapet 6 pertanyaan... (ini seperti pra sidang :s

Akhirnya selesai jugaaaa, alhamdulillaah ya Allah, masih bisa presentasi dengan bahasa Inggris aku yang seadanya ini.... :))
Senyum bahagia lega setelah selesai presentasi....

Alhamdulillah, it's a wrap!
Hari berikutnya, aku dateng lagi, selain ingin dengerin berbagai penelitian bagus yang dipresentasikan, aku juga mau support 2 temen seangkatan aku yang presentasi juga... :)

Alhamdulillaah akhirnya dapet sertifikat :)

Alhamdulillaah... Tapi g boleh santai-santai dulu, masih harus tetap berjuang karena masih ada seminar (tesis review) dan sidang... Ya Allah semoga aku bisa menyelesaikan tesisku ini dengan baik ya Allah, aamiin... :)

No comments:

Post a Comment