Google+ Followers

Tuesday, November 29, 2016

Beri Aku Waktu

Beri aku waktu tuk mengejar mimpi
Beri aku waktu menggapai cita-cita
Beri aku waktu menikmati musim-musim yang silih berganti
Beri aku waktu untuk diriku sendiri
Beri aku waktu untuk menemuimu setelah aku melewati semua itu
Aku tak pernah tahu apa yang terjadi setelah pertemuan itu
Akankah aku pergi dengan membawa masa lalu
Atau akan menetap bersama masa depan
Beri aku waktu pada saatnya
Saat daun-daun mulai menjingga dan jatuh perlahan
Saat udara mulai dingin menusuk

Sunday, November 27, 2016

Pengajian dan Tasyakuran Hijabers Community: Menggenggam Kuat Aqidah

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah hari ini, Hijabers Community (HC) ngadain pengajian dan syukuran... :)
Alhamdulillah HC udah 6 tahun lho berdiri...

Kita bahas pengajian dulu yuk...
Ini dia posternya... Designnya Ka Pinkan yang bikin (tim design HC), bagus ya :)
Temanya berat ya, pembicaranya juga Profesor :). Kali ini aku diamanahkan apa ya, bisa tebak g? Hahahaha... Jeng jeng jeng jeng... Jadwal PIC untuk bulan ini tuh udah ditulis jauh-jauh hari... Waktu aku diamanhkan jadi petugas pengajian bulan November ini, aku oke2 aja... Hhihihi... Aku jadi Mc, yaudah oke... Pas baca grup, yang isi pengajian kali ini Ibu Profesor, wow... Allah selalu ngasih tantangan supaya aku keluar dari zona aman... Bismillaah :)
Ada yang lagi berusaha fokus dengerin ceramah di depan... :))
Sebenernya baru di perjalanan sih aku susun run down durasi ceramahnya, durasi tanya jawab, dan kapan harus udahan. Jadi Mc itu mesti pinter ngatur waktu, ngepasin durasi, mutusin dengan waktu sekian bisa berapa pertanyaan, krn udh harus selesai setidaknya 10 menit sebelum adzan berkumandang supaya yang hadir sempet berwudhu dan ikutan sholat berjama'ah semua...
On duty :))
Terus aku juga baca-baca lagi tentang bahasan aqidah, rukun iman, rukun islam, yaaa setidaknya klo nanti belum ada yg mau nanya, cara mancing member hc nanya itu ya Mc duluan yg ngajuin pertanyaan ke pembicara... Terus tantangan jadi Mc itu adalah ketika harus ngerangkum ceramah dari pembicara, biasanya jadi keliatan deh fokus apa ngganya kita selama dengerin ceramah.... :)

Ada sedikit catatan yang tadi aku buat saat dengerin Prof. Amani ceramah...
Prof. Amani menyampaikan bahwa ada 8 langkah untuk menguatkan aqidah...
1. Harus mengenal Tuhan kita, yaitu Allah S.W.T., salah satu caranya melauli asmaul husna.
2. Berpegang teguh kepada Al-Qur'an yang merupakan pedoman manusia.
3. Memahami ajaran-ajaran agama yang ada di dalam Al-Qur'an secara komprehensif (luas dan lengkap). Jadi, jangan hanya baca Al-Qur'an (arabnya aja), jangan juga cuma baca terjemahannya, jangan juga cuma baca tafsirnya, tapi baca dan pelajari kesemuanya.
4. Mengenal rukun iman, tapi jangan cuma kenal aja tapi diterapkan juga, ada internalisasi di dalam diri.
5. Mensucikan diri (hati yang bersih, ikhlas).
6. Mengenal sunnah Rasulullaah. Jangan hanya bilang cinta kepada Rasulullah tapi g pernah baca shirah Nabawiyah. Kerjakan sunnah beliau.
7. Dzikir. Paling tidak, dzikir setelah sholat seperti yang dicontohkan oleh Rasulullaah... Tasbih (Subhanallah), Tahmid (Alhamdulillaah), dan Takbir Allahu Akbar)....
8. Dakwah. Bisa dengan lisan atau dengan perbuatan.

Semoga bermanfaat yaa catatan di atas, aamiin :)

Efek blur, padahal emang hpnya aja belum ready nich :p hahahaha...
Crowd hari ini, 250 orang lebih :). Foto atas captured by Mei komite Hc :)
Lanjut ke pembahasan tasyakuran... Kali ini dikemas dengan sederhana tapi in syaa Allah tetap bermakna, kita ajak member hc yang hadir untuk makan siang bersama :)
Background untuk foto-foto...
Alhamdulillah Hijabers Community sudah berusia 6 tahun,,, Aku sendiri sudah 4 tahun gabung di komunitas ini... Apa yang aku rasain? Bersyukur pastinya. Di komunitas ini, aku bisa ketemu para muslimah kece dengan segudang ide dan kreativitas... Aku juga punya kesempatan untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik, itu cakupan kecil untuk diri akunya. Untuk cakupan luasnya, dengan semakin banyaknya member yang hampir 85 ribu orang, semoga Hc semakin berkah dan bermanfaat... 
Harapan aku untuk Hijabers Community adalah...
1. Semoga terus membuat kegiatan inspiratif bagi para muslimah
2. Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan di jalan dakwah
3. Semoga Hc selalu memunculkan energi positif
4. Semoga istiqomah mengajak wanita muslim menutup aurat (berjilbab) :)
Dan masih banyak lagi sebenernya eh tapi ini otak udh agak sengkleh krn udah mau jam 1 pagi hahahaha...

Sebagian komite yang hadir hari ini... :) *ada beberapa yg hadir tapi g sempet foto bareng...
Menanggapi foto di atas. Aku pernah baca tulisan orang bahwa make up terbaik bagi wanita adalah senyumannya. Aku mau nambahin aja, aku setuju sih... Make up terbaik itu, bukan bedak, bukan blush on, bukan lipstick, dan bukan eye shadow, melainkan senyum dari hati yang tulus... :).
Show your inner beauty and keep smiling... :)

Friday, November 25, 2016

DSLR Aku Masuk Bengkel :s

Assalamu'alaikum...

Kali ini mau bahas kamera... Udah lama aku g mainan kamera :p, gegara kamera aku g bisa dipake auto focusnya... Terus kepikiran mau hunting foto, jadi kyanya ini kamera perlu deh masuk bengkel... Eh pas udah masuk bengkel, cari-cari di internet, ternyata masalah auto focus yang g bisa dipake itu emang masalah beberapa slr...
Ada aja dong video cara benerinnya, aku sempet bilang dalam hati "wah coba aku benerin sendiri" (sebelum nonton videonya), eh tapi pas udah nonton, hahahahaha.. aku sotoy banget mau otak-atik itu lensa... Lebih dari 10 baut kali yang harus dicopot dan bautnya itu kecil-kecil banget, hampir g mungkin sih aku benerin kamera sendiri... Adek aku mungkin bisa, ya asumsi aja sih, soalnya dia jago otak-atik, dr cpu komputer, perkabelan, otak-atik gundam bermalem-malem, pokoknya dia suka yang ngerakit-rakit gitu deh, g tau belajar dari mana... hahahaha... daaan hasil kerjaan diaa rapiii, hihiiihi... beda ya sama kakaknya yang satu ini yang berantakan... :p

Oke baiklah balik lagi ke masalah kamera... Kembali membahas keinginan akan hunting foto, berniatlah aku beli batere cadangan dan memory card 16 GB (aku punyanya 8 GB) daan penonton kecewa saudara-saudara... Harganya mahal :( *garuk-garuk tanah *emot nangis bombay
Padahal pas cek online harganya g sampe segitu :(. Aku urungkan niat aku, aku nabung dulu aja deh... :D

Aha, inget kamera jadi inget sahabat aku yang baru beli kamera, hihihii... Udah aku ajakin hunting foto di kota tua padahal sama komunitas .... (namanya lupa, maaf :(), hahaha aku juga baru sekali ini mau ikutan hunting foto bareng komunitas fotografi... Eh sahabat aku ini g bisa ikutan krn ternyata udh hrs balik ke Belanda menemani suaminya yang lagi kerja di sana... Terus akhirnya dengan sedih krn belum sempet hunting foto bareng, kita janjian deh akan hunting foto di sana (di mana kek, di mana aja boleh, di Belanda bisaaa, di Jerman bisaaa, di Swiss juga bisaaa), bilang aamiin dong semua yang baca... hehehehe... :)

Jadi begitulah kisah hari ini, aku mengantarkan kameraku masuk bengkel, semoga cepet sembuh ya kamu kameraku :))

Ketika pertanyaan "Kapan Nikah?" mulai terasa "mengganggu"

Assalamu'alaikum...

Well, ini akan jadi tulisan jujur-jujuran buat aku... Kalau aku rasa kyanya g cocok deh tulisan ini ada di blog, bisa aja aku apus sih tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, :p

Waktu umur masih di bawah 25, aku dan keluaga adalah orang yang santai menanggapi pertanyaan "itu" dari orang sekitar... Kita akan senyum aja... Nah nah nah, saat umur udah 26, ternyata oh ternyata keluarga terdekat aku mulai intens membahasa masalah ini... Aku yakin, orang terdekat aku tahu sih kondisi sebenernya gimana... Ketika ortu mulai was-was karena dibrondong pertanyaan "itu" dari orang-orang sekitar...

Orang di luar sana mungkin saja hanya bertanya sebagai bentuk basa-basi, tapi tidak jarang juga pertanyaan yang diajukan disertakan wejangan yang mungkin tidak sesuai dengan kondisi orang yang ditanya... Oke contoh, kasus aku ya... Tiba-tiba ada yang nanya...
X : "Din, kapan nikah?
A : (senyum aja), paling jawab "ya didoakan saja"
X : "Udahlah Din, nunggu apa lagi sih,krn kerjaan?"

Berusaha sabar sih dengan percakapan seperti ini... Orang di luar sana belum tentu tau ikhtiar apa saja yang aku lakukan selama ini (dan mereka emang g perlu tau sih sebenernya...).

Pada intinya, aku cuma mau bilang bahwa jodoh itu adalah hak prerogatif Allah... Kita g akan pernah tahu kapan kita bertemu dengan jodoh kita, siapa jodoh kita, bagaimana rupanya, dia di mana sekarang, lagi ngapain, kerjaannya apa, umurnya berapa, sifatnya gimana, hobinya apa, sesholeh apa, ibadahnya gimana, dan hal-hal lain yang buat kita penasaran...
Aku yakin seyakin-yakinnya, sekeras apa kita usaha, klo menurut Allah emang bukan jodoh, g akan dipersatukan dalam ikatan pernikahan... Tapiii klo Allah udah bilang jodoh, sekali ketemu bisa langsung yakin dan dalam beberapa hari kemudian menikah... Jangan tanya aku pernah ngalamin apa ngga... Menurut yg baca, klo aku bisa nulis kya gini, jadi...

Kita g bisa maksa Allah, kita hanya bisa ikhtiar, meminta, dan berdoa kepada Allah... Karena apa, karena manusia cuma bisa liat apa yang tampak aja, manusia kadang udh ngerasa cocok dan yakin banget... Tapi sekali lagi, hei wahai manusia (termasuk aku), tahu apa sih... Allah Maha Tahu segalanya, Allah Maha Tahu yang terbaik untuk setiap umatNya... Termasuk pilihan terbaiknya menyiapkan pasangan di langit bukan di dunia... Tugas manusia itu ikhtiar, berdoa, dan tawakal, berserah kepada Allah akan ketetapanNya... Percaya dan yakin, serahkan semuanya kepada Allah... Dulu mulai umur 20an aku pengen banget nikah, bawaannya baper terus pengen ada yang ngelamar, makin lama makin berkurang dan makin sadar bahwa perlunya untuk belajar bertawakal ketika kita sudah berikhtiar...

Ketika gagal, bukan berarti Allah g sayang, percayalah bahwa in syaa Allah, Allah telah menyimpan orang terbaik untuk kita... Yang terpenting adalah tetap berikhtiar dengan cara yang diridhoi Allah (maaf, say no untuk pacaran), berdoa, dan bertawakal... Menata hati jika belum ada yang kunjung meminang, kita bisa juga bersyukur karena Allah jaga kita dari hubungan yang tidak diridhoiNya, menjaga dari hubungan yang mendekati zina...

Ada pendapat dari Ustadz Salim A. Fillah yang aku setuju, aku tampilkan ya kata-katanya....
Tulisan Ustadz Salim A Fillah, ambil dr internet... 

Jodoh itu sudah tertulis di Lauhul Mahfuz, 50 ribu tahun sebelum langit dan bumi diciptakan... G akan tertukar... Keep calm dan bersabar dalam ketaatan... :))

Aku bahagia dengan cara Allah menjagaku, in syaa Allah aku berserah akan ketetapanNya... Yang aku tahu, Allah selalu ada untuk aku, yang aku tahu, Allah selalu memilihkan pilihan terbaik untukku... :))

Terima kasih bagi orang yang bertanya kapan aku akan menikah, mohon doanya saja... In syaa Allah di saat yang tepat, Allah akan mempertemukanku dengan orang yang tepat... :))

Nostalgia ke Tempat Les

Assalamu'alaikum...

Huaa akhirnya menyapa kembali setelah minggu ini berjibaku dengan urusan ketak-ketik cantik tugas negara...

Hari ini, kisahku dimulai lagi... Setelah kirim revisian, aku pun ada urusan buat foto di daerah Sabang... Ternyata difoto cuma 20 detik aja lho dan hasilnya langsung jadi 20 menit kemudian...
Nah kan langsung berpikir, abis ini mau refreshing dulu, enaknya kemana ya, tiba-tiba aja langsung kepikiran untuk berkunjung ke tempat les yang ada di Sam Ratulangie, hihihihihi...
Naik ojek pakai aplikasi, cuma 2000 aja lho (tapi ya jangan pikir aku bayar cm segitu ya, tegaaa bener...). Saat nyampe, wooow aku kangeeen masa-masa aku menimba ilmu di sini (kangen mulu perasaan), 3 tahun gitu lho... Setiap melangkah, aku bener2 ngeliatin sekeliling... Kangen pake bangeet... Semenjak 3 tahun yang lalu kyanya aku g pernah ke tempat itu lagi... Terus krn sudah masuk waktu dzuhur, bergegaslah aku ke mushola... Jeng jeng jeng jeng... Wow jadi lebih gede dan karpetnya bagus :)). Pas liat kamar mandinya juga ada kurang lebih 4 tempat wudhu di dalam kamar mandi perempuan (dulu aku sukanya wudhu di wastafel kamar mandi wanita krn tempat wudhunya masih dicampur, bagi aku menjaga aurat itu penting). Seneng banget fasilitas beribadahnya diperbagus kya gini... Oh iya tambahan, baru ngeh juga klo ada hijabnya sekarang antara shaf laki-laki dan perempuan :). Ini dia penampakannya :)) *g sempet foto tempat wudhu di kamar mandi wanita soalnya hp aku yang udh bocor ini langsung mati, huuhhu...

Alhamdulillaah musholanya jadi lebih besar :))
Setelah sholat, aku laper juga... Belilah aku lauk, krn aku bawa roti tawar 3 lembar dari rumah. Mbanya masih sama, aku sapa aja dan nanya dia masih inget g sama aku dan ternyata masih inget dong, huaaa terharu... Makanan di sini tuh enak-enak, risolesnya juara sih... Klo ke sini harus coba ya, Sob.. Tapi sayang, risolesnya cuma ada hari Sabtu, hari ini g ada deh... Dulu aku lesnya hari Sabtu jadi aku beli risoles mulu :)). Tadi itu aku beli, kentang kering balado manis, kering tempe, kailan bawang putih, dan gorengan ayam (g tau namanya apa tadi). Kisah unik selanjutnya adalah saat aku minta izin duduk satu meja sama 1 orang yang udah duduk duluan. Aku bilang, "Mba, boleh saya makan di sini?", dia bilang boleh.... Terus aku emang serius mau nanya tentang jam buka perpusnya, aku tanya lagi, "Maaf, tau jam buka perpusnya g?" dan ternyata dia bukan murid les di situ... Nah dari situ ternyata obrolan berlanjut... Seru banget pokoknya, ternyata kita satu almamater meski beda jurusan, ternyata sama-sama kerja di Sekolah, hiihihii... Lumayan banyak juga tadi yang diobrolin, seru sih bisa ngobrol nyambung sama orang yang baru kenal...
Setelah ngobrol-ngobrol selesai, lanjutlah aku ke perpus, yaah baca-baca buku sebentar... Aku masih inget, dulu tuh aku sukaaa banget bacain majalah Schoener Wohnen, liat rumah dan isinya tuh bikin mupeng... Terus, aku cari-cari buku yang banyak gambarnya, aku suka banget liat pemandangan...

Tebak ini istana apa???
Liat gambar salah satu istana yang aku hafal banget bentuknya itu, seneng bangeeeet... (apalagi klo bisa ke sana dan lihat langsung ya...). Istana apa hayooo??? Iya, tebak aja... Salah gpp kok... Hihiihi... Ah kamu pasti lebih jago daripada aku klo soal Jerman :")
Yup, ini Neuschwanstein Schloss... Aku pengen banget ke istana ini, ada yang mau bawa aku ke sini g?

Baiklah, kita lanjut foto deh mumpung hp aku udh nyala, eh ini nich masalah aku dr dulu, klo ambil foto suka g simetris... Kadang mencong, kadang g proporsional... Jepretan di bawah ini contohnya, hihihihihi... Terlalu ke kanan ya aku ambilnya... Ya gpp, namanya juga masih belajar, ya kan... Jadi, nanti klo ke Jerman, akan hunting foto kan??? Iya... iya... In syaa Allah :)

Suka sama perpaduan warnanya :)
Warna cokelat pada kayu yang klasik berpadu dengan merah menyala pada tralis di sisi tangga yang modern minimalis... Luar biasa... Cantik dilihat... :))

Terus aku iseng nambahi tulisan di gambarnya... Hihihihi...


Teruntuk guruku, terima kasih ku ucapkan...
Sebenernya aku buat gambar ini tuh untuk ngucapin selamat hari guru kepada rekan guruku, guru-guru tersayangku, dan dosen-dosen tercinta... Eh malah pada ngucapin ke aku, hahahhaa... :))

Selamat hari guru yaaa... Mendidik itu adalah sesuatu mulia dan luar biasa... :)) Semangaat dan jangan lupa tersenyum, secerah merah yang menghiasi cokelat :))

Monday, November 21, 2016

Kenapa Puasa Sunnah pada Hari Senin dan Kamis?

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah, sekarang adalah hari Senin...
Kali ini aku akan membahas kenapa ada puasa sunnah hari Senin dan Kamis, informasi mengenai puasa sunnah ini sebenernya bisa didapat pada banyak sumber tapi aku bahas di sini supaya aku juga bisa menyampaikan informasi tersebut melalui blog aku ini...

Pada intinya adalah adanya puasa Senin dan Kamis, karena pada dua hari tersebut amal manusia itu dilaporkan kepada Allah Yang Maha Kuasa. Rasulullah berkata bahwa beliau ingin saat amalannya dilaporkan, beliau sedang dalam keadaan berpuasa.
Berikut haditsnya, saya ambil dari sumber yang in syaa Allah terpercaya yaitu muslim.or.id :)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).
sumber: https://muslim.or.id/17854-puasa-senin-kamis.html

Manfaat puasa sunnah juga in syaa Allah banyak sekali lho... Syeitan itu dapat masuk melalui pembuluh darah, dengan berpuasa sunnah berarti kita mempersempit jalan syeitan untuk masuk ke tubuh kita... Berpuasa juga lebih dapat mnjaga hati dan menundukkan pandangan :))

Hal nyata yang aku rasakan ketika berpuasa adalah aku jadi lemes, dalam arti bukan lemes untuk melakukan hal-hal positif lho ya (in syaa Allah, puasa g menghalangi orang untuk tetap berolah raga kok, aku aja masih bisa nyapu, ngepel, jemur, dan nyiram tanaman pas puasa --> hihihii itu termasuk olah raga juga kan :p, g deng, aku juga suka sedikit plank, push up, dan loncat-loncat pas puasa). Eh iya balik lagi ke masalah lemes, maksud aku, aku lemes untuk marah dan kesel, klo ada yang buat kesel itu aku memilih untuk istighfar krn kya g sanggup ngeluarin nada tinggi, kya terlalu lelah untuk memulai kesel, ini jadi hal positif kaaan... :))

Oh iya, saat berpuasa, semangat untuk berbuat kebaikan juga meningkat daaaan tidak lupa berdoa yang banyak krn in syaa Allah doa orang yang berpuasa itu diijabah...  :)

Hari ini, aku menyiapkan teh untuk berbuka... Sebenernya aku biasa aja sama teh (bukan menu wajib saat berbuka, krn minuman favorit aku itu air putih dan susu), tapi mama suka sekali sama teh... Jadi, aku buat jugalah buat aku sendiri, hehehe... Untuk teh, aku suka yang diseduh, enak aja wangi dan rasanya yang sedikit pekat, aku suka...

Aku pake gelas ukuran standar aja :)

Selamat berbuka puasa :)
Alhamdulillah, makanan berbuka hari ini luar biasa, maka nikmat Tuhanmu mana yang kau dustakan... Semuanya aku suka, hihihihi... Lidah Indonesianya lagi bersemangat... Ada pastel dibawain mama, ada pepes tahu jamur, dan ada pare teri (padahal klo pare di siomay aku g suka karena pahit tapi ini pare g pahit dan enak krn asiin), mantaaap... 

Alhamdulillaah, bersyukur sekali :))
Mungkin keliatannya makanan berbuka aku kali ini biasa aja ya, tapi buat aku ini udh luar biasa, alhamdulillaah... Nikmat... Bersyukur... Dan perlu diingat, ketika seseorang bersyukur itu, dengan izin Allah, akan ditambah kenikmatannya... :) *selalu terbukti dalam kehidupan aku... *trust me, it works :))

Baiklah, semoga tulisan ini akan menambah semangat para saudara dan saudari seimanku untuk menjalankan ibadah puasa sunnah Senin dan Kamis... Aammin..

Akhir kata, yuk kita sama-sama saling mengingatkan dalam kebaikan, semoga Allah selalu menjaga dan memberikan berkah kepada hambaNya yang senantiasa berpuasa Senin dan Kamis, aamiin...

Selamat berbuka puasaaa, tetap semangat menjalankan ibadah di mana pun kamu berada :))

Thursday, November 17, 2016

Jangan Mengabaikan Akhirat Demi Kesenangan Dunia

Assalamu'alaikum,

Apakah kita sebagai manusia terlalu sibuk dengan hiruk-pikuk dunia? Padahal kita tahu bahwa kita di dunia ini hanya sekedar mampir saja, numpang lewat istilahnya... Hidup kita di dunia ini justru untuk beramal sebanyak-banyaknya demi mempersiapkan bekal di akhirat kelak... Sayang sekali, tipu daya syeitan sering kali melalaikan manusia... Banyak yang tergoda dan terjerumus dalam kemaksiatan...
Tidak dapat dipungkiri bahwa godaan syeitan itu begitu dahsyat karena memang syeitan bersumpah akan menggoda anak cucu Adam sampai hari kiamat tiba untuk menemaninya di neraka kelak...

Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah... Pertimbangkan lagi jika ingin berbuat sesuatu, jangan sampai kita mengabaikan bekal untuk ke akhirat demi kesenangan dunia yang sesungguhnya fana...

Hari ini, sudah masuk hari Jumat... Bismillaah... Yuk, luangkan waktu untuk mengamalkan sunnah... Membaca surat Al-Kahf... Allah sudah meberikah kita waktu 24 jam sehari, perbanyak mengingat Allah agar mempersempit celah syeitan untuk masuk...

Keutamaaan Membaca Surat Al-Kahf
Bismillaah, semoga selalu semangat saling mengingatkan dalam kebaikan, saling menasihati, semuanya itu tanda sayang... Umat muslim itu bersaudara :)

Selamat berjuang di buminya Allah, semoga keberkahan dan rahmat selalu tercurah kepada mereka yang tak kenal lelah menjemput hidayah, meski perlahan tapi tetap berproses ke arah kebaikan :))

Tuesday, November 15, 2016

Berkelana

Aku berkelana di musim gugur
Seorang diri
Menatap dedaunan yang gugur dengan warna cantiknya
Indah memang pemandangan ini tapi tak cukup menghibur
Mentari bersembunyi di balik awan
Udara sejuk mendekati dingin
Langkah demi langkah
Aku pun menarik nafas panjang
Kemudian, menghembuskannya
Sambil menutup mata
Andai saja ........
Ah, baiknya aku tak berandai-andai
Mari berkelana lagi
Meski seorang diri

Cerita Hujan

Aku yang gemar menari di bawah hujan
Bagai anak-anak yang tak banyak beban
Aku menatap langit dan gemercik air menyentuh lembut wajahku
Aku menikmati hujan
Gemerciknya, tetesannya, harumnya, semua aku suka
Tak peduli jika aku basah kuyup
Yang kutau hujan menenangkan
Membuatku bersyukur atas karuniaNya

Tak Perlu Tahu

Kamu tak perlu tahu rasanya jadi aku
Kamu tak perlu tahu bagaimana aku
Kamu tak perlu tahu ketika aku kedinginan
Kamu tak perlu tahu ketika aku sakit
Kamu tak perlu tahu perjuanganku di sini
Kamu tak perlu tahu betapa aku sepi
Kamu tak perlu tahu betapa aku beku
Kamu tak perlu tahu kehidupanku

*oke fine klo begitu, galak bener ya puisi aku kali ini, hihihihihi...

Musim Gugur

Kata beberapa orang, musim gugur itu indah
Jingga dimana-mana
Daun berbagai bentuk tergeletak di atas jalan
Daun-daun berguguran turun bagai hujan
Entahlah, mungkin memang indah
Aku melihat tapi tak merasakan
Karena aku di sini
Bukan di Jerman

Monday, November 14, 2016

Hobi baru: Panahan...

Assalamu'alaikum...

Kali ini aku akan bercerita mengenai hobi baru aku, yaitu panahan... Olah raga ini menjadi hobi baru yang aku gemari mulai awal tahun ini... :)

Awalnya, aku memang mau mempelajari olah raga sunnah (berkuda, renang, memanah). Klo renang, emang udh hobi dari kecil, aku sempet les renang waktu SD, hehehee... Lumayan, 4 gaya sudah bisa, eh gaya kupu-kupu masih setengah mahir sih, cm sekedar bisa tapi g jago... Klo berkuda, naik kuda beberapa kali juga udah pernah sih dan seruuu, aku juga suka... Nah, panahan nih yang belum pernah aku coba, olah raga yang keliatannya butuh fokus tinggi ini pun menarik perhatian aku, apalagi saat tau ada Archery Club di Al-Azhar (wah deket banget dari rumah aku....). Daftarlah aku di YISC Archery Club, buat yang mau ikutan, klubnya buat umum kok, latihannya setiap hari Minggu dan ada 4 sesi, aku ikut yang sesi 1 jam 7.00-8.30.
Awal ikutan, seru banget, aku langsung jatuh cinta sama olah raga ini... G terlalu cape, tapi emang butuh fokus dan konsentrasi tinggi sih, klo udh pegel, tangan bisa tremor dan hasil bidikan jadi g akurat... Nah klo abis renang atau basket kan biasanya lelah abis itu bisa kalap makan, enaknya panahan ini, menurut aku lho ya, g seletih klo abis renang dan basket, jadi hari Minggu pagi panahan, siang dan malemnya masih bisa aktif ikut kegiatan lain deh, in syaa Allah, hari Minggu itu bisa jadi hari yang produktif :)).

Seru lah pokoknya panahan ini... Kalau berlum pernah, kalian mesti coba, Sob (sobian banget nich ceritanya, hahaha..), kemungkinan sih akan ketagihan... :))

Jangan harap bagus difoto klo lagi panahan.
Bibir udh menyong2 :s
Ini lagi coba "tarik kering" namanya karena g pake anak panah pas narik, cuma buat pemanasan aja... Sekalian nyari tarikan yang pas, awalnya aku cuma pake 16-18 lbs, tapi sekarang klo ketawan coachnya aku diminta pake yang 22-24 lbs karena jarak targetnya juga udah 12 meter jadi butuh yang tarikannya agak berat supaya lesatan anak panahnya juga lebih ajeg dan jauh.
Evaluasi: sikut kanan kurang diangkat, tangan kiri masih bengkok...
Oh iya salah satu resiko panahan adalah kejepret, biasanya pake pelindung tangan krn suka kejepret string dan bisa sampe biru lebam lho klo kejepret, alhamdulilaah aku g pernah sampe biru walaupun beberapa kali sempet kejepret juga sih... Nah buat aku yang pake jilbab, aku memutuskan untuk pakai chest guard karena jilbab aku suka nyangkut... Ada satu lagi pelindung jari, sebutannya finger tab, ini digunakan supaya jari-jari g sakit saat narik string, klo masih pake 16-18 lbs sih 30 tarikan mungkin masih kuat tanpa finger tab, tapi klo udah 22 lbs ke atas, aku memilih untuk pake finger tab, bisa merah sampe sedikit biru Bro ruas-ruas jarinya klo g pake...
Klo kena kuning tuh rasanya bahagia banget, apalagi klo kena X... :))

Buat para wanita, asyiknya panahan adalah, g masalah klo kalian mau pake gamis dan jilbab panjang, memungkinkan kok, in syaa Allah g gerah juga :)) Cuma klo sepatu, aku sarankan pake sepatu kets, karena ujung kaki akan jadi tumpuan busur panah sementara saat kita pasang arrow...
Gambar ini diambil dari grup wa panahan... Klo udh jago dan jarak target makin jauh, biasanya pake stabilizer, klo aku kan masih tahun pertama, masih pemula :))
Menarik hati banget sih ini panahan, mmm sekarang lagi nabung buat beli busur panah... :))
*semoga aku konsisten ya menekuni hobi ini, aamiin... :))

Thursday, November 10, 2016

Kisah Hujan...

Hari ini, hujan deras mengguyur kota Jakarta...

Kisah berawal dari aku yang sekarang anak kereta mau pulang ke arah Kebayoran (stasiun yang hanya berjarak kurang lebih 1 km dari rumah). Selama perjalanan, langit sudah gelap sih padahal baru sekitar jam 4an... Pas sampe  Palmerah, belum hujan... Eh pas sampe Kebayoran baru deh hujan
(ayo klo hujan baca doa apa? Allahumma shoyyiban naafi'an, yang artinya: Ya Allah turunkanlah hujan yang lebat lagi bermanfaat. Saat hujan turun itu, ada malaikat yang ikut serta dalam setiap tetes air hujan yang turun ke bumi, makanya saat hujan adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa). Aku pun selalu suka dengan hujan...

Walaupun kali ini hujannya beda... Mau tau bedanya gimana, kali ini hujan angin... Ini ada videonya...
Aku sempet-sempetnya videoin coba, kondisinya adalah saat aku selesai videoin, anginnya 5 kali lipat lebih kenceng, semua lantai 2 kesapu air... Orang-orang pada melipir ke pinggir, aku kya di tengah-tengah sendirian gitu, klo aku g bawa 3 tas yang isinya buku2 itu, rasanya udh mau terbang kebawa angin, hehehe... Awalnya, aku suka sih karena airnya memercik gitu... Lama-lama ngeri juga liat pohon-pohon ketiup angin kenceng banget, takutnya patah abis itu ngenain orang-orang di stasiun lantai 2 karena emang ruangannya terbuka gitu kya yang nampak di video... Terus, pas liat ke atas, lampu-lapunya goyang semua ketiup angin, aku langsung ambil posisi menghindar dari deket lampu dan berusaha ke lantai bawah... Petirnya juga dahsyat suaranya, wuih agak mencekam... Subhanallah kali ini ngerasain hujan angin yang lumayan gede...

Ya, tapi balik lagi karena suka hujan dan pengen cepet sampe rumah, aku tetep aja lho pulang 10 menit setelah hujan, hujannya masih deres tapi anginnya udh g kenceng... Aku naik ojek g pake jas hujan, ditawarin sama abangnya tapi aku bilang "Gpp Pak, saya suka hujan-hujanan". Beberapa kekhawatiran saat hujan itu tertuju pada buku-buku dan laptop sih. Dari dulu klo ada hujan sih seneng dan terabas aja tapi beberapa kali buku2 aku jadi kriting dan sedih liat buku kriting gitu... Alhamdulillah semenjak kuliah aku ada tas anti air, sekarang udh generasi kedua sih, yang pertama udh rusak tasnya... Sekarang, aku selalu beli tas yang anti air karena kebiasan aku yang suka nerobos hujan padahal aku bawa laptop dan buku2 penting (bukan buku aku soalnya, buku perpus)... 
Tas anti airku :))
Alhamdulillah tas anti airku ini tidak mengecewakan... Hujan hari ini cukup deras, semua bagian tas ini bener-bener basah tapi alhamdulillaah dalemnya g basah sama sekali... Jadi, lolos ujian untuk ketahanan terhadap air... hehehe... Review tas ah sekalian... Untuk ranselnya aku cukup suka (krn anti air), meski bagi aku ukurannya agak kecil (dr dulu tas ransel aku lumayan gede), tas jinjingnya motifnya aku sukaa (selain krn anti air juga), bagian dalem tasnya ada bahan agak tebel untuk pelapisnya menjadikan tas ini cukup berat meski belum diisi apa-apa... Oke review tasnya singkat aja ya...

Bismillaah besok-besok klo ada hujan, jangan lupa berdoa, dan klo ada kesempatan bolehlah main hujan-hujannya :p


Temu Kangen: Field Trip Tema Dance to The Music

Selasa, 8 November 2016

Kemarin lusa, tepatnya hari Selasa, jadwalnya krucil-krucil field trip... Aku kebetulan lagi cuti, tapi bolehlah main-main sesekali... Hahaha melepas kerinduan nich ketemu krucil-krucil... Alhamdulillah rasanya bahagia sekaliii... :))
Tim hip-hop hari ini...

Ada chibi nyasar nih, hahaha...

Kostum hip-hop sama olah raga kok ya beda tipis...

Alhamdulillah krucil-krucilnya masih kenal aku, hahahaha... Jadi ngga matgay alias mati gaya, hahahaha... Ngeliat krucil-krucil pake baju hip-hop tuh gemesin pake banget...

Tadinya mau masukin banyak foto krucil eh tapi takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab seperti waktu itu... Semenjak kejadian foto bayi di blog ini dijadiin foto buat minta sumbangan, aku jadi waspada untuk masukin foto anak-anak... hiks-hiks... Padahal aseli ya, anak-anak yang bergaya hip-hop itu lucu abiiis... :))

Kangen banget sama krucil... Aku pelukinlah mereka satu-satu dan foto bareng... Ada juga krucil yang liat aku langsung nyamperin dan peluk, ada yang mau digandeng dan minta dipangku... Aaaah bahagianyaaa... :))

Sunday, November 6, 2016

SWISS oh SWISS...

Hijau yang menghampar
Ya, rerumputan
Dihiasi biru yang membentang
Ya, danau yang luas
Dan ditemani  putih yang menjulang
Ya, pegunungan bersalju
Ah indahnya...

Ini mimpiku
Bisa menginjakan kaki ke sana
Ke belahan dunia yang begitu jauh dari Indonesia
Belahan dunia yang hanya bisa aku pandangi lewat layar hp atau laptop

Bermain ski dan setelahnya menyantap cheese foudue
Menikmati dinginnya salju abadi
Di salah satu puncak tertinggi

Ya, memang sekarang aku baru bisa membayangkan
Tapi suatu saat nanti biarkan impian ini jadi kenyataan
Aku hanya sedang rindu
Pada "salju"
Yang belum pernah aku lihat langsung
Yang belum pernah ku sentuh
Mungkin bisa kutemui di Swiss suatu saat nanti..
Yaaa... siapa tau... :))

Saturday, November 5, 2016

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016


Assalamu'alaikum,
Alhamdulillah, hari ini, aku sempetin hadir di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 (FDII 2016) yang diadain di Museum Nasional alias Museum Gajah.
Perjalanan hari ini, semuanya dengan angkutan umum. Aku naik ojek aja sampe Al-Azhar terus naik Bus TransJakarta deh, enak busnya sepi jadi aku bisa duduk... Berhenti di halte Monas eh alhamdulillah banget haltenya itu di depannya Museum Nasional persis... :)) Berpetualang sendiri seru jugaa...

Ini Posternya, seruu kan....
Aku selalu menantikan acara ini setiap tahunnya, tahun lalu sayangnya aku g ikutan tapi 2 tahun lalu aku ikutan lho... Aku ikutan workshopnya juga... Tahun ini, seru banget karena workshopnya banyak dan ngundang pengisi acara dari luar negeri, kita jadi dapet perspektif yang berbeda dari pembicara yang berasal dari luar negeri tersebut...
Ada berbagai kelas mendongeng :)
Banyak ya pilihan workshopnya, huaaa rasanya klo ini gratis, aseli aku pengen ikutan semuanya... Berhubung lagi cuti kerja dan no pemasukan 2 bulan ini jadi cuma ambil 1 kelas workshop aja deh... (tp Alhamdulillah rezeki dr Allah mengalir terus :")).
Aku ambil kelas "Making a Story Interactive" bersama Jeeva Raghunath dari India... Yuk kita lihat foto-fotonya... Hehehehe...
Jeeva Raghunath dari India
Murid Mrs. Jeeva dr Singapur,
aku bilang ke dia saat minta foto bareng
"oke the nice one" :)
Seruuu banget workshopnya, Mrs. Jeeva itu ekspresif sekali... Aku dan teman yang lain diminta untuk untuk ikutin dia cerita, pake suara yang beda-beda gitu dan pake gerakan, aseli kocak banget... Beliau juga bilang bahwa bercerita itu bukan menyampaikan apa yang ada di kepala kita melainkan menyampaikan apa yang berasal dari hati... Jika menyampaikan cerita itu dari hati, kita bisa jadi lepas, g perlu urutan dan detail yang saklek, yang terpenting adalah alur keseluruhan ceritanya... Mrs. Jeeva ngajak kita praktek cerita "5 Little Monkeys" sambil nyanyi...
-Five little monkeys swinging in the tree, teasing Mr. Crocodile can't catch me... And Snaaap... Ooow... 1 little monkey gone"- dst sampe "No more monkey swinging in the tree...". Terus cerita yang kedua mengenai berburu Singa pake nada juga ceritanya... Mrs. Jeeva ini suaranya bisa berubah-ubah dan suka bikin gerakan yg kocak dan kemungkinan  besar memang akan menarik perhatian anak-anak.


Karena sebelum foto "nice",
kita "lion pose"


Nah, di tengah workshop, Mrs. Jeeva ngenalin dua muridnya dari Singapur, mereka mau bercerita dengan nyanyian... Seru juga, tentang "The Best Mama", ceritanya tentang anak kucing yang mau cari mama baru yang terbaik tapi pada akhirnya anak kucing tadi sadar bahwa mama aslinya lah yang terbaik...

Oh iya, ada pertanyaan bagus dari salah satu pesertanya mengenai perlukah orang dewasa memberitahu pesan moral cerita di akhir ceritanya. Kata Mrs. Jeeva g perlu, biarlah anak yang menjawabnya sendiri. Kita bisa ajukan pertanyaan tepat dan cerdas yang membuat anak penasaran hingga akhirnya mendapatkan jawaban apa pesan moral dalam cerita yang ia dengarkan tanpa perlu kita beritahu terlebih dahulu.
Foto ini: Nampak kalem...
Foto ini: Aselinya aku,
yah klo ketemu anak-anak aku begini...
Selesai workshop, kita foto deh sama pengisi acaranya... Seru banget ya mereka ekspresif juga klo di foto, hihihihi... Hari ini, ketemu sama orang-orang yang senang dengan anak-anak, seruuu... Aku jadi bebas berekspresi ala anak-anak... Di sini, aku menemukan kemiripan sama orang-orangnya, pada pake bando bentuk telinga/tanduk binatang gitu panitianya, aku pun beli bando bentuk bunga dan seru aja makenya krn yang lain juga make... Hampir aja aku mau face painted (krn face painternya perempuan juga), tapi pas aku mau antri eh udh bubaran... Yang dewasa pun ada yang di gambar sulur-sulur bunga gitu mukanya, kereen... Klo di rumah kadang aku nyanyi-nyanyi ngulang2 lagu anak-anak di Sekolah sambil pake gerakan, mama malah bilang... "Na, kamu kan udah gede, dewasa dong...". Lha gimana sih kan aku ngajar anak-anak emang caranya begini... Masa mau serius dan duduk tenang aja gitu??? !@#$%^* !@#$%^&*!@#$%^&*

Temen-temen sekelas saat workshop :)

Alhamdulillah so happy today :))
Hari ketemu temen-temen juga, ada Ka Dinda yang buka booth dan menjual hasil karya-karya ngegemesinnya, ada Citta yang suka dengan dunia anak juga, ada Ka Ana yang jadi salah satu pengisi acara untuk mendongeng dengan boneka tangan...
Ini designnya temen aku, Ka Dinda, dia buka booth juga di FDII ini, lucu yah...
Alhamdulillah, hari ini, aku dapet ilmu banyaaak banget lho... Semoga ilmu hari dapat membantu penyelesaian tugas akhir aku ya soalnya aku emang mengangkat judul "Efektivitas Boneka Tangan dalam Meningkatkan Kindness pada Anak Usia 3-5 Tahun".

Mohon doanya supaya tugas negara ini cepat selesai, banyak mimpi-mimpi yang menunggu untuk diwujudkan setelah ini... Aku siap berpetualang :))

Wednesday, November 2, 2016

Saat Beberes Lemari

Assalamu'alaikum...

Hari ini, aku sedang ingin mencari sesuatu (rahasia), hiihihihii... Terus, aku coba deh untuk cek ke lemari bawah... Di kamar bawah, masih tersimpan koper gede aku yang isinya adalah barang-barang pindahan waktu ngekos (3 tahun lalu), mau aku buka tapi aku buka lemari dulu deh...

Pas buka lemari, g nyangka sih akan sesedih ini perasaannya... Mau tau apa yang aku temuin dan bikin sedih... Oke baiklah, ada beberapa foto yang akan aku tampilkan tapi g semuanya karena nanti kebanyakan...

Ada Al-Ma'tsurat, alat-alat merajut, dan modem..
Aku kaget sih pas nemuin semua ini ada di lemari... Semenjak pindah kosan 3 tahun lalu, aku belum beberes barang-barang aku dong :(. Kebetulan banget aku nemuin buku surat Al-Ma'tsurat (seinget aku buku ini belum pernah aku baca deh semasa kuliah, masih bagus bgt kondisinya), aku mulai baca Al-Ma'tsurat itu baru-baru ini (download aplikasi di hp), yaa walau bacanya kalau lagi berhalangan aja biasanya... Supaya hati g resah, baca doa dan dzikir ini deh... Yang belum pernah baca, baca deh plus artinya juga, luar biasa lho, di dalam Al-Ma'tsurat ini ada doa yang kalau kita baca dan kita meninggal hari itu, in syaa Allah dosa-dosa kita terampuni dan ada juga doa terlindung dari binatang membahayakan pada hari di saat kita baca doanya... Aku menganggap ini adalah pengingat dari Allah supaya aku bs lebih rutin lagi baca doa dan dzikir pagi dan petang ini :). Kemudian, ada alat-alat merajut, terenyuh sekali pas nemuin ini sih (lebay lebay deh biarin), inget dulu aku dan beberapa temen sempet kenalan sama pengerajin lokal yang buka stand di FIB, terus aku dan temen-temen aku minta ibunya ngajarin kita merajut, jadilah kita les sama ibu itu... Merajut itu ternyata susah, butuh ketekunan dan konsistensi, aku orangnya g konsisten alhasil lubang bungannya bisa g sama besarnya, hahahhaa... Pengen suatu saat nanti bisa merajut sih... :)) Selanjutnya, ada 2 modem, ya ampun anak kuliahan yang tinggal di kosan g ber wifi bgt ya aku... Hidup harus pake modem... :(
Foto selanjutnya bikin sedikit melow dan berkaca-kaca :")
Yup, kamus :")
Masa-masa kuliah dulu, aku wajib berkutat dan "bermain" dengan kamus... Kenapa pake kata "bermain" karena ya kadang memang menyenangkan juga buka-buka kamus... Kyanya selama 3 tahun ini aku bener-bener menaruh semua kamus ini di lemari tanpa kusentuh... Sejujurnya, aku kangen bahasa Jerman... Hahahaha... Padahal waktu masih belajar bahasa Jerman, aku udh kya mau stop... Sekarang 3 tahun lamanya bahasa Jerman g pernah dipake dan kangen aja gitu lho... Apalagi klo liat-liat kamus begini... hiks hiks hiks... 5 tahun lho aku berkutat dengan bahasa Jerman... Aku pun jadi inget bahwa dulu aku pernah punya cita-cita melanjutkan kuliah ke Jerman, tapi cita-cita aku sudah aku kubur dalam-dalam karena aku memilih melanjutkan kuliah di sini... Yah gpp, hidup itu penuh dengan pilihan yang harus kita putuskan dengan berani...
Nemu sertifikat ini...
Salah satu hal yang cukup berani aku ambil semasa kuliah adalah aku memberanikan diri untuk mendaftar sebagai Liaison Officer Hakim Mahkamah Konstitusi dari Jerman... Kalau dipikir-pikir lagi, ini nekat sih namanya... Jujur, bahasa Jerman aku g canggih lho, bisa-bisanya mau nemenin Hakim Mahkamah Konstitusi dari Jerman yang bergelar Profesor dan doktor honoris causa pula... Ya tapi untuk gilanya aku ambil resiko boleh lah... Dari dulu, aku selalu berpikir bahwa aku ini biasa aja, g pinter-pinter amat, tapi yang bedain aku dari orang lain itu aku berani untuk mencoba, aku berani untuk mengambil resiko... Banyak orang yang jauh lebih pinter dari aku, banyak bangeeet... Tapi ya saat ada acara ini dan aku ajakin, sedihnya mereka bilang mereka g PD untuk ikut event sebesar ini... Ya ampuuun, Allah udah menganugrahkan temen-temen aku itu otak yang cerdas lho, hanya karena belum percaya diri jadi g mau ambil tantangan, kan sayang.. Akhirnya, kesempatan itu pun jatuh kepada orang yang sebenernya biasa aja tapi mau nyoba dan berani ambil resiko, yaitu aku... Saat dinyatakan lulus seleksi, agak shocked sih, ngeri karena ini bawa nama Indonesia, wah tapi aku g mau mengecewakan Indonesia sih, I'll do my best, baca-baca kamus, latihan ngomong di cermin... 
Lagi pula di balik semua hal yang aku rencanakan aku sebisa mungkin berdoa,"Ya Allah, aku akan berusaha, kalau ini yang terbaik, loloskanlah, jika tidak jangan diloloskan". Oleh karena itu, setiap aku mendapat kesempatan langka, aku selalu yakin, itu semua adalah keputusan terbaik Allah buat aku, aku g boleh setengah-setengah dan bismillaah harus aku jalani beserta resiko yang mungkin akan aku hadapi... Saat menjalani aktivitas sebagai L.O. aku bahagia dan merasa Allah memberi kesempatan luar biasa kepada aku. Aku bisa dialog langsung sama Pak Mellinghoff, aku bisa ngelatih bahasa Jerman aku, aku bisa kenal banyak orang, aku berkesempatan makan di dalam istana bogor, aku bisa berkunjung ke istana negara, dan ketemu bapak presiden RI. Pak Mellinghof itu baik sekali orangnya, walau profesor tapi g sombong... Waktu ada dinner yang dihadiri bapak presiden, aku bilang ke beliau "Wah aku pengen banget bisa lihat Pak Presiden secara langsung tapi sayangnya L.O. g diperbolehkan, harus tunggu di luar ruangan" dan tebak dong Pak Mellighoff bilang apa, "Kalau kamu mau, kamu bisa tetap di sini nanti saya yang akan bilang kalau kamu harus di sini." Wah baik banget, tapi aku nolak secara halus, hehehehe... Pengalaman yang menyenangkan deh, beliau udah aku anggep kya Opa aku dan mungkin dia angep aku ini cucunya, hihihihi... 
Jadi, setelah 5 tahun aku belajar bahasa Jerman tapi sekarang kerja dan kuliah yg g ada kaitannya dengan Jerman, aku g akan bilang semuanya sia-sia... Dengan aku kuliah di sastra Jerman aku dapet banyaaaaak bangeeet pengalamaaan yang luar biasaaaa... Bagi aku, belajar itu, menuntut ilmu itu, g akan ada yang sia-sia... Itu prinsip aku, se ngga nyambung apapun dengan kehidupan sekarang (keliatannya), padahal mah semua hal itu saling berkaitan... Mungkin orang g akan liat dampaknya secara langsung tapi apa yang aku dapatkan selama hidup aku ini adalah apa yang membuat aku jadi orang yang sekarang ini... 
Baiklah, kita lanjutkan ceritanya... Aku ini orang yang sangat menghargai kedekatan personal, jadi setiap aku magang atau ikut kegiatan atau di detik-detik perpisahan, aku biasanya akan bagiin selembaar kertas ke orang-orang di sekeliling aku untuk isi opini meraka tentang aku dan juga kritik sebenernya (ini tujuannya supaya aku bisa introspeksi diri aku). Dan, hari ini, aku menemukan beberapa tulisan orang lain buat aku, ada dari temen-temen magang, dari supervisor aku saat magang, dan dari Pak Mellinghoff... 
Terharu aku bacanya :")
Di akhir pertemuan, aku bilang bahwa jika aku ke Jerman aku akan berkunjung ke rumah beliau untuk ketemu keluarganya juga tapi sampai saat ini, aku belum diizinkan ke sana... Semoga sempat ke sana untuk berkunjung dan memberikan oleh-oleh khas Indonesia... (niatnya sudah ada, sekarang sedang berikhtiar untuk mewujudkannya).

Selain benda-benda yang membuat aku sedih dan hampir nangis, ada juga benda yang buat aku ketawa, aku menemukan kertas di bawah ini...
Coba tebak, kenapa bikin ketawa?
Frau Makeen Gahllaw banget namanya???? What??? Hahahhahahaha.... Ditutup dengan ketawa-ketawa ajalah... Kreatif... (Bukan aku yang kreatif tapi yang mencetuskan namanya :")

Tuesday, November 1, 2016

Segelas Es Cokelat

Assalamu'alaikum...

Ini cerita tentang siang kala itu...
Es Cokelat Kayu Manis
Alhamdulillah, segelas es cokelat kayu manis (Ice Chocolate with Cinnamon) membuatku senang... Siang itu, di perpustakaan, aku yang lagi kelaperan, cari makanlah... Selalu dan selalu aku ke Waroeng Harsa, hehehe... Kali ini, kita bahas minumannya... Biasanya aku pesen wedang jahe dengan gula merah, mantaap... Disajikannya juga pake wadah dari kya gelas tanah liat gitu, aduh aku g tau namanya...
Kali ini, batuk aku sudah sembuh jadi bisa minum es (sangat jarang minum es, minuman favorit aku air putih dan susu kok). Aku pesen segelas es cokelat kayu manis (harganya g terlalu mahal kok, sekitar 14ribu, yah klo buat mahasiswa sih lumayan tapi klo dibanding secangkir minuman yang 40ribu, ini udh termasuk murah kan, aku bukan penyuka kopi, pernah sih terpaksa minum kopi pas skripsian).
Awalnya, aku ngerasa kayu manis itu rasanya aneh sih, tapi setelah ke sini, berubah persepsi aku mengenai rasa kayu manis... Pas banget perpaduan cokelat dan kayu manis... Meski sendirian, bagi aku g masalah... Aku menikmati kesendirianku dengan segelas es cokelat yang manis, sedikit pahit ditambah paduan rasa kayu manis yang unik... Cukup melengkapi aku di siang itu :))

Ternyata minum minuman yang pas itu bisa membuat suasana hati lebih baik, sama halnya jika melihat pemandangan indah kemudian kita bersyukur... Iya, bersyukur masih bisa diberikan kebahagiaan oleh Allah saat melihat ciptaan-Nya...