Thursday, December 1, 2016

Lumpia Ala-ala Pemula...

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah hari ini, aku masak-masak lagi... Kegiatan masak-masak kali ini disponsori oleh --> Kegiatan kopi darat komunitas baking and cooking lovers (perdana akan tatap muka sama temen-temen di grup ini). Berhubung in syaa Allaah hari Sabtu kita akan kopi darat dan potluck membawa hasil masakan sendiri... Nah, hari ini aku trial and error bikin lumpia... Awalnya, hari Sabtu itu mau bawa Nutella Cheese Cake (soalnya udah pernah 2 kali buat dan rasanya enak banget), eh tapi modalnya lumayan juga buat beli Nutella ukuran besar, setengah kilo cream cheese, dan bahan-bahan lumayan mahal lainnya, hehehe... Akhirnya, aku memutuskan buat lumpia deh... Nekat sekali ini karena ini pertama kalinya aku buat lumpia sendiri... Pas aku kasih ide mau bikin lumpia, awalnya mama g setuju karena katanya takut g enak masa dikasih orang lain... Owh, tapi aku tidak berputus asa, aku meyakinkan mama klo aku pasti bisa buatnya (dalem hati in syaa Allah bisa :)). Yaudah deh, hari ini aku belanja-belanji, mmm karena sebagian bahan-bahan udah ada di rumah (bawang putih, bombay, garam, dan gula), jadi di supermarket tinggal beli daging, kulit lumpia, lada, kentang, dan bawang merah.

Bahan-bahan:
-Kulit lumpia (aku beli yang udah jadi)

Isian:
- Daging giling (sesuai selera, tadi sih aku 178 gr)
- 4 Wortel (dikupas terus dipotong dadu kecil-kecil biar manis bentuknya)
- 2 Kentang ukuran kecil (dikupas terus dipotong dadu kecil-kecil biar manis bentuknya)
- 5 Siung Bawang Merah (sesuai selera, tadi aku ngarang aja sih nentuin jumlahnya, hahahaha...)
- 4 Siung Bawang Putih (idem, takaran berdasrkan kira-kira aja)
- 1/2 Bawang Bombay (idem, cuma kira2)
- 3 jumput Garam (ternyata kurang asin, mungkin harus 4-5 jumput)
- 2 jumput Bubuk Lada
- 2 jumput Besar Gula
- 1 puteran Kecap Manis (dikiit ajaaa ya karena udah pake gula)
- Minyak buat numis (klo aku pake minyak zaitun supaya lebih sehat katanya)
- 1 buah telur untuk lem pinggiran kulit lumpia

Cara membuat:
1, Kupas bawang, wortel, dan kentang (masukan ke dalam air dulu, abis liat di youtube, menurut info bisa bersihin sisa-sisa kotoran yang masih nempel dan racun-racun semasa di dalam tanah).
2. Potong wortel dan kentang menjadi bentuk dadu kecil.
3. Cacah bawang bombay dan bawang merah. Khusus bawang putih, digeprek dulu (selalu inget saran temen aku yg chef, katanya klo bawang putih digeprek dulu bisa lebih keluar rasa dan aromanya), baru dicacah.
4. Tuang minyak, sedikit aja, tumis ketiga jenis bawang sampe harum.
5. Masukan daging giling (kering), tumis-tumis sampe warnanya cokelat.(Efek masukin daging ini adalah akan jadi berair, gpp tetep tumis aja sampe airnya asat).
6. Masukan kentang dan wortel, tambahkan air sedikit aja, kasih garam, lada, dan gula. Aduk terus.
7. Air sudah asat abis itu kasih kecap manis, sedikiiit aja...
Voila, jadi deh :) Eh ini baru buat isiannya, masih harus gulung-gulung lumpianya.. Nah kulit lumpianya kan aku udh beli jadi. Terus ada keterangannya gitu buat tutup pake kain lembab. Aku carilah di google pengetahuan mengenai "kulit lumpia" ini. Nah, kulit lumpia itu abis dikeluarin dari plastiknya, emang jadi cepet kering, makanya sembari gulung lumpia, tumpukan kulit lumpianya yg nunggu buat digunakan harus ditutup kain lembab dulu. Emang kenapa sih klo kulit lumpianya g ditutup kain lembab dan jadi kering? Kulit lumpia jadi kaku kya kanebo kering dan bisa-bisa patah saat mau digulung :(
 *sekian tipsnya

Voila ini dia fotonya...
Saat bahan-bahan mentah belum diolah.

Voila, dengan berlinang air mata (motong bawang.com).

Alhamdulillah bisa juga aku gulung lumpia, yaaa meskipun belum rapi dan sempurna (krn kesempurnaan hanya milik Allah). Bolehlah untuk pemula kya aku... *tepuk tangan dulu dong... prok prok prok...

Alhamdulillaah, mantaap... Rasanya enaak, meski kurang garem sedikiit (krn tadi lagi shaum jadi g bisa nyicipin rasanya). Abaikan warna kecokelatan yang tidak merata... Hihihihihi... Berbuka dengan lumpia buatan sendiri bikin happy :). Aku juga minta Mba aku nyobain, Mama, Papa, de Adroy...
Alhamdulillah mama bilang enak, de Adroy bilang "yah kecil banget", dan papa bilang "Kamu jualan ini aja, Na"... Hahahaha ada berbagai komentar...

Baiklah kita berdoa semoga lumpia yang aku bawa hari Sabtu bisa lebih enak lagi, aamiin...
Udah malem tidur ah, besok aku udah mulai kerja lagi lho... Alhamdulillah, duh kangen banget nis sama anak-anak :))

Back to school... *yes besok bisa peluk krucil-krucil lagi deh :))

No comments:

Post a Comment