Saturday, December 3, 2016

Kopi Darat Komunitas Baking & Cooking Lovers...

Assalamu'alaikum...

Hari ini, akhirnya untuk pertama kalinya komunitas "Baking & Cooking Lovers" ketemuan... Aku masih newbie sebenernya... Hahaha... Di grup wa bilangnya sih ada 10 orang yang dateng plus ada juga yang bawa pasangan halal (istri atau suami), pas hari H cuma 6 orang yang dateng. Di obrolan wa ada yang udah inisiatif bawa makanan, yaudah aku kira kita akan potluck-an makanan beli... Aku mikir mau beli dimsum atau rujak aja di deket Al-Azhar (krn lokasi ketemuan hari ini (piknik), mau di Taman Mataram sebelah Al-Azhar), pas aku tanya makanan yang dibawa pada beli atau bikin, eh ternyata bikin lho... Aku mah masak emang suka tapi bukan berarti jago dan sering kan ya hahaha... Suka it maksudnya klo lagi masak di dapur ya in syaa Allah hepi, meski pegel meski berantakan, hahahhaa....
Aku memutar otak mau masak apa nih buat dibawa, g mungkin kan bawa makanan g enak... Klo dimakan sendiri sih gpp, lha ini akan dicicipin sama temen-temen yang hobi masak... Hahahaha, tadinya sempet kepikiran buat Nutella Cheese Cake, eh tapi bahan-bahannya mahal juga dan jadinya porsinya cuma seminil... Tiba-tiba kepikiran aja gitu mau buat goreng-gorengan... Yaudah buat deh lumpia... (sebenernya cerita ini udh ada di postingan blog sebelumnya ya, hahahhaa).
Kali ini aku buat porsi yang lebih banyak, aku perkirakan sih isian lumpia yang aku buat ini bisa untuk 50 lumpia, ternyata meleset dikit, jadinya 45 lumpia aja kawan...
Nah di bawah ini foto-foto penampakannya... No pictures, HOAX kan... Nih bukti otentiknya, hahahaha...

Bahan-bahan buat lumpia, 2 kali lipat dr kemarin lusa...
Kali ini ngerjain semuanya sendirian... s-e-n-d-i-r-i-a-n *menangis di ... , yaelah Din udah tahun 2016 masih aja pake (bintang, menangis di ... -red), oke lanjut, abaikan intermezzo tadi, hehehe... Potong-potong bawang sampai bercucuran air mata (lebay), yah maklum ada 3 jenis bawang yang dipakai, aku suka sekali sama semua jenis bawang :p. Kali ini pake pisau yang tajem, alhamdulillah, mempermudah motong-motong, cuma emang mesti hati-hati aja sih, kuku aku sempet kena pisau, tapi gpp alhamdulillah, g berdarah, cuma ngilu aja dikit awalnya, agak cenat-cenut... Proses potong-potong lumayan lama, soalnya aku menikmati sih (alibi), hampir 2 jam aja gitu lho...
Lanjut ke proses masak-masak, nah ini juga nih yang buat tangan lumayan berotot, saat masukin daging, tumisan kan jadi berair, padahal klo mau jadi isian lumpia itu harus kering, nunggu airnya asat itu g boleh didiemin, kemaren (pas trial and error), aku sempet diemin, alhasil ada bawang yang gosong. Jadi? Harus diaduk terus-terusan, sekitar setengah jam lah ini tangan g berenti ngaduk, ya lumayan kan buat tangan berotot... Hahahaha... :))

Setelah isian lumpia selesai, kita diemin dulu 15 menit sampe lumayan dingin...
Nah PR selanjutnya adalah lipet-lipet lumpianya, aku sih hepi-hepi aja (berhubung aku bukan OCD), klo ada yang mencong-mencong atau bentuknya g bagus ya senyum dan ketawa aja, hihiihihi...
Toh practices make perfect kan... Stress kali kalo semuanya harus serba sempurna, inget, kesempurnaan hanya milik Allah, tsaaah... Eh eh tapi tetap harus do the best ya... :))
Yaudah beginilah bentukan lipetan lumpia aku, g konsisten, kya orang yg buat :p

Buat 45 lumpia sendiriaaaan.... 

Mau jualan lumpia, hahaha... G deng :p
Goreng-gorengnya asli cepet banget kok ini, untuk 30 lumpia yang aku goreng (15 lumpianya aku simpen di kulkas untuk besok), cuma butuh waktu 15-20 menit, itu pun karena aku pake teflon biasa yang kecil, jadi cuma muat 5 lumpia sekali goreng...
Beginilah penampakan dalemnya :)
Alhamdulillah rasanya lebih enak dari yang sebelumnya aku buat, kali ini asinnya lebih terasa :)

Jeng-jeng-jeng, ketemuan pun dimulai... Kita janjian jam 13.15 sampe Taman Mataram, aku baru sampe jam 13.30 karena baru selesai masak-masak...
Oh iya, akhir-akhir ini cuaca berangin melulu... Pas sampe, enak sih tempatnya di bawah pohon rindang, tapi anginnya asli kenceng juga, temen aku kepalanya kena ranting pohon, jadilah kita pindah tempat... Voilaa udah g sabar nih aku untuk mencicipi hidangan dari temen-temen aku, hihhihii... Makan-makan kita...
Ada dimsum Ka Ayu  yang enak banget dan Puding Ka Metha yang seger...
Ka Ayu bawa dimsum yang juga enak banget, porsinya gede lagi, kenyang deh alhamdulillaah... Untuk pencuci mulut, ada pudding marbles nya Ka Metha yang maniiis...
Asinan Sayur dengan bumbu fenomenal Bang Ucup
Asinan sayur yang dibawa Bang Ucup, aseli enak banget g pake bohong, racikan sendiri... Mantaplah rasanya, ada asem-asemnya, ada pedes, dan manisnya... Bang Ucup juga bawah kangen water di galon kecil abis itu ngeraci sirup tapi ditambahin air jeruk nipis dan es, mantap segernya... :))
Piknik santai...
Alhamdulillah meski jam 1 an tapi udara adem, sempet gerimis sedikit abis itu berhenti... :)
Nasi Liwet, Teri Pedas, dan Ayam Suwir Ka Yunie, mantaaap abis :)
Nah pas udah pada kenyang, datenglah Ka Yunie, hihiii... Bawa Nasi Liwet enaaaak bangeeet, gurih dan lembut... Ayam suwir dan terinya juga juaraa, aku sampe nambah 3 kali hahahha (krn awalnya cuma ambil secimit-secimit).
Tim hari ini :)
Alhamdulillah banget, hari ini menyenangkan sekali silaturrahim sama mereka, baru ketemu tapi ngobrolnya langsung nyambung, kita ketawa-ketawa dan bahas soal resep-resep... Agenda selanjutnya adalah masak-masak di salah satu rumah kita... (sepertinya mama sudah kasih lampu hijau untuk masak-masak di rumah, hiihihihihihi..).
Semoga silaturrahim ini dirahmati oleh Allah dan akan membuka pintu-pintu rezeki, serta menguatkan ukhuwah :) Amiinn..

No comments:

Post a Comment