Friday, December 2, 2016

Jum'at, Hari Istimewa Untukku...

Assalamu'alaikum,

Jum'at selalu istimewa untukku... Dalam agama islam, hari Jum'at merupakan hari yang istimewa, kenapa?

Dalam hadits disebutkan bahwa,

"Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum'at. Pada hari ini, Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at." (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

"Di hari Jum'at itu ada satu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah, niscaya permintaannya akan dikabulkan (lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan betapa sedikitnya waktu tersebut)." (HR. Abu Hurairah)

Mengenai waktu yang dimaksudkan, terdapat perbedaan pendapat, ada yang menyebutkan bahwa waktu tersebut adalah waktu diantara duduknya imam sampai shalat dilaksanakan (shalat Jum'at). Ada yang berpendapat bahwa waktu tersebut adalah waktu setelah Ashar.
"Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah, melainkan akan diampuni (dosa-dosa yang terjadi) antara Jum'at tersebut ke Jum'at berikutnya." (HR. Bukhari)
Nah, karena hari Jum'at adalah hari yang istimewa, maka dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Sunnahnya, membaca Al-Kahf dan perbanyak sholawat.

Sumber: https://almanhaj.or.id/3315-beberapa-keutamaan-dan-keberkahan-hari-jumat.html
https://khotbahjumat.com/keutamaan-hari-jumat
https://konsultasisyariah.com/24693-keutamaan-sedekah-hari-jumat.html

Hari ini juga ada aksi damai 212, aku memang g ikutan turun ke jalan hari ini tapi doa aku in syaa Allah selalu kuberikan pada para pejuang islam... Saat menuju ke tempat kerja (jam 6.10), terdengar lantunan doa-doa dalam bahasa arab dari masjid-masjid yang aku lalui, disertai berbondong-bondong orang berjalan rapi di sebelah kiri... Masya Allah merinding banget liatnya... Aku pun merasakan betapa umat islam ingin membela agama yang dicintainya... Aku salut dan menghargai adanya doa bersama yang dilakukan hari ini... Damai dan tidak anarkis... Islam itu adalah agama yang cinta damai, aku yakin itu... Tapi bukan berarti bebas dihina...
Saat hujan turun, mereka tetap berjalan rapi dan berdoa... Inilah islam, dalam islam, hujan adalah keberkahan, saat dikabulkannya doa-doa, bukan malah suatu hal untuk dicela (misal "yah hujan").
Hati ini terenyuh, betapa Engkau Maha Sempurna, Ya Allah, dengan ilmu Yang Maha Luas.

Oke lanjut...

Hari ini merupakan hari istimewa bagiku karena alhamdulillaah hari ini aku kembali bekerja :). Betapa aku bersyukur bisa main sama anak-anak lagi, bisa mendongeng lagi, bisa ngobrol sama krucil2 dan peluk-pelukin mereka. Hari ini ada beberapa murid yang aku baru kenal. Ada murid baru yang meski belum kenal tapi dia mau aku ajak ngobrol (ini g mudah lho krn anak-anak biasanya masih nyaman dengan orang-orang terdekatnya saja). Ada anak yang baru aku kenal sedang asyik main mandi bola, dibujuk sama orang terdekatnya untuk cuci tangan (krn abis main glitter), g mau. Aku coba deketin anak itu dan yakin in syaa Allah bisa ajak anak itu cuci tangan. Aku merendahan posisi badan supaya wajah aku dan dia sejajar, aku bilang, "Yuk, cuci tangan sama Tante", awalnya boro-boro dia menggubris, dia masih aja asyik main mandi bola. Akhirnya aku ulurkan tangan aku, dan bilang lagi, "Sini yuk, kita cuci tangan dulu, liat deh tangannya, kotor kan, supaya bersih kita cuci dulu yuk". Alhamdulillah akhirnya dia liat mata aku dan mau aku gendong, dan dia bilang, "Cuci tangan sama Tante", denger anak ngomong setulus itu tuh pengen peluk teruuus rasanya... Orang terdekatnya sampe kaget dan bilang, "Ya ampun dari tadi dibujuk g mau sama sekali eh taunya maunya sama Tante". 

Ya Allah, jangan cabut kenikmatan ini, kebahagiaan ketemu anak-anak, kebahagiaan melihat senyuman anak-anak, aku ingin mencontoh Rasulullah yang selalu sayang dengan anak-anak :")

*belajar senyuman yang tulus dari anak-anak... *aku menyebutnya "smile from heaven"


No comments:

Post a Comment