Monday, November 21, 2016

Kenapa Puasa Sunnah pada Hari Senin dan Kamis?

Assalamu'alaikum,

Alhamdulillah, sekarang adalah hari Senin...
Kali ini aku akan membahas kenapa ada puasa sunnah hari Senin dan Kamis, informasi mengenai puasa sunnah ini sebenernya bisa didapat pada banyak sumber tapi aku bahas di sini supaya aku juga bisa menyampaikan informasi tersebut melalui blog aku ini...

Pada intinya adalah adanya puasa Senin dan Kamis, karena pada dua hari tersebut amal manusia itu dilaporkan kepada Allah Yang Maha Kuasa. Rasulullah berkata bahwa beliau ingin saat amalannya dilaporkan, beliau sedang dalam keadaan berpuasa.
Berikut haditsnya, saya ambil dari sumber yang in syaa Allah terpercaya yaitu muslim.or.id :)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).
sumber: https://muslim.or.id/17854-puasa-senin-kamis.html

Manfaat puasa sunnah juga in syaa Allah banyak sekali lho... Syeitan itu dapat masuk melalui pembuluh darah, dengan berpuasa sunnah berarti kita mempersempit jalan syeitan untuk masuk ke tubuh kita... Berpuasa juga lebih dapat mnjaga hati dan menundukkan pandangan :))

Hal nyata yang aku rasakan ketika berpuasa adalah aku jadi lemes, dalam arti bukan lemes untuk melakukan hal-hal positif lho ya (in syaa Allah, puasa g menghalangi orang untuk tetap berolah raga kok, aku aja masih bisa nyapu, ngepel, jemur, dan nyiram tanaman pas puasa --> hihihii itu termasuk olah raga juga kan :p, g deng, aku juga suka sedikit plank, push up, dan loncat-loncat pas puasa). Eh iya balik lagi ke masalah lemes, maksud aku, aku lemes untuk marah dan kesel, klo ada yang buat kesel itu aku memilih untuk istighfar krn kya g sanggup ngeluarin nada tinggi, kya terlalu lelah untuk memulai kesel, ini jadi hal positif kaaan... :))

Oh iya, saat berpuasa, semangat untuk berbuat kebaikan juga meningkat daaaan tidak lupa berdoa yang banyak krn in syaa Allah doa orang yang berpuasa itu diijabah...  :)

Hari ini, aku menyiapkan teh untuk berbuka... Sebenernya aku biasa aja sama teh (bukan menu wajib saat berbuka, krn minuman favorit aku itu air putih dan susu), tapi mama suka sekali sama teh... Jadi, aku buat jugalah buat aku sendiri, hehehe... Untuk teh, aku suka yang diseduh, enak aja wangi dan rasanya yang sedikit pekat, aku suka...

Aku pake gelas ukuran standar aja :)

Selamat berbuka puasa :)
Alhamdulillah, makanan berbuka hari ini luar biasa, maka nikmat Tuhanmu mana yang kau dustakan... Semuanya aku suka, hihihihi... Lidah Indonesianya lagi bersemangat... Ada pastel dibawain mama, ada pepes tahu jamur, dan ada pare teri (padahal klo pare di siomay aku g suka karena pahit tapi ini pare g pahit dan enak krn asiin), mantaaap... 

Alhamdulillaah, bersyukur sekali :))
Mungkin keliatannya makanan berbuka aku kali ini biasa aja ya, tapi buat aku ini udh luar biasa, alhamdulillaah... Nikmat... Bersyukur... Dan perlu diingat, ketika seseorang bersyukur itu, dengan izin Allah, akan ditambah kenikmatannya... :) *selalu terbukti dalam kehidupan aku... *trust me, it works :))

Baiklah, semoga tulisan ini akan menambah semangat para saudara dan saudari seimanku untuk menjalankan ibadah puasa sunnah Senin dan Kamis... Aammin..

Akhir kata, yuk kita sama-sama saling mengingatkan dalam kebaikan, semoga Allah selalu menjaga dan memberikan berkah kepada hambaNya yang senantiasa berpuasa Senin dan Kamis, aamiin...

Selamat berbuka puasaaa, tetap semangat menjalankan ibadah di mana pun kamu berada :))

No comments:

Post a Comment