Saturday, November 5, 2016

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016


Assalamu'alaikum,
Alhamdulillah, hari ini, aku sempetin hadir di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 (FDII 2016) yang diadain di Museum Nasional alias Museum Gajah.
Perjalanan hari ini, semuanya dengan angkutan umum. Aku naik ojek aja sampe Al-Azhar terus naik Bus TransJakarta deh, enak busnya sepi jadi aku bisa duduk... Berhenti di halte Monas eh alhamdulillah banget haltenya itu di depannya Museum Nasional persis... :)) Berpetualang sendiri seru jugaa...

Ini Posternya, seruu kan....
Aku selalu menantikan acara ini setiap tahunnya, tahun lalu sayangnya aku g ikutan tapi 2 tahun lalu aku ikutan lho... Aku ikutan workshopnya juga... Tahun ini, seru banget karena workshopnya banyak dan ngundang pengisi acara dari luar negeri, kita jadi dapet perspektif yang berbeda dari pembicara yang berasal dari luar negeri tersebut...
Ada berbagai kelas mendongeng :)
Banyak ya pilihan workshopnya, huaaa rasanya klo ini gratis, aseli aku pengen ikutan semuanya... Berhubung lagi cuti kerja dan no pemasukan 2 bulan ini jadi cuma ambil 1 kelas workshop aja deh... (tp Alhamdulillah rezeki dr Allah mengalir terus :")).
Aku ambil kelas "Making a Story Interactive" bersama Jeeva Raghunath dari India... Yuk kita lihat foto-fotonya... Hehehehe...
Jeeva Raghunath dari India
Murid Mrs. Jeeva dr Singapur,
aku bilang ke dia saat minta foto bareng
"oke the nice one" :)
Seruuu banget workshopnya, Mrs. Jeeva itu ekspresif sekali... Aku dan teman yang lain diminta untuk untuk ikutin dia cerita, pake suara yang beda-beda gitu dan pake gerakan, aseli kocak banget... Beliau juga bilang bahwa bercerita itu bukan menyampaikan apa yang ada di kepala kita melainkan menyampaikan apa yang berasal dari hati... Jika menyampaikan cerita itu dari hati, kita bisa jadi lepas, g perlu urutan dan detail yang saklek, yang terpenting adalah alur keseluruhan ceritanya... Mrs. Jeeva ngajak kita praktek cerita "5 Little Monkeys" sambil nyanyi...
-Five little monkeys swinging in the tree, teasing Mr. Crocodile can't catch me... And Snaaap... Ooow... 1 little monkey gone"- dst sampe "No more monkey swinging in the tree...". Terus cerita yang kedua mengenai berburu Singa pake nada juga ceritanya... Mrs. Jeeva ini suaranya bisa berubah-ubah dan suka bikin gerakan yg kocak dan kemungkinan  besar memang akan menarik perhatian anak-anak.


Karena sebelum foto "nice",
kita "lion pose"


Nah, di tengah workshop, Mrs. Jeeva ngenalin dua muridnya dari Singapur, mereka mau bercerita dengan nyanyian... Seru juga, tentang "The Best Mama", ceritanya tentang anak kucing yang mau cari mama baru yang terbaik tapi pada akhirnya anak kucing tadi sadar bahwa mama aslinya lah yang terbaik...

Oh iya, ada pertanyaan bagus dari salah satu pesertanya mengenai perlukah orang dewasa memberitahu pesan moral cerita di akhir ceritanya. Kata Mrs. Jeeva g perlu, biarlah anak yang menjawabnya sendiri. Kita bisa ajukan pertanyaan tepat dan cerdas yang membuat anak penasaran hingga akhirnya mendapatkan jawaban apa pesan moral dalam cerita yang ia dengarkan tanpa perlu kita beritahu terlebih dahulu.
Foto ini: Nampak kalem...
Foto ini: Aselinya aku,
yah klo ketemu anak-anak aku begini...
Selesai workshop, kita foto deh sama pengisi acaranya... Seru banget ya mereka ekspresif juga klo di foto, hihihihi... Hari ini, ketemu sama orang-orang yang senang dengan anak-anak, seruuu... Aku jadi bebas berekspresi ala anak-anak... Di sini, aku menemukan kemiripan sama orang-orangnya, pada pake bando bentuk telinga/tanduk binatang gitu panitianya, aku pun beli bando bentuk bunga dan seru aja makenya krn yang lain juga make... Hampir aja aku mau face painted (krn face painternya perempuan juga), tapi pas aku mau antri eh udh bubaran... Yang dewasa pun ada yang di gambar sulur-sulur bunga gitu mukanya, kereen... Klo di rumah kadang aku nyanyi-nyanyi ngulang2 lagu anak-anak di Sekolah sambil pake gerakan, mama malah bilang... "Na, kamu kan udah gede, dewasa dong...". Lha gimana sih kan aku ngajar anak-anak emang caranya begini... Masa mau serius dan duduk tenang aja gitu??? !@#$%^* !@#$%^&*!@#$%^&*

Temen-temen sekelas saat workshop :)

Alhamdulillah so happy today :))
Hari ketemu temen-temen juga, ada Ka Dinda yang buka booth dan menjual hasil karya-karya ngegemesinnya, ada Citta yang suka dengan dunia anak juga, ada Ka Ana yang jadi salah satu pengisi acara untuk mendongeng dengan boneka tangan...
Ini designnya temen aku, Ka Dinda, dia buka booth juga di FDII ini, lucu yah...
Alhamdulillah, hari ini, aku dapet ilmu banyaaak banget lho... Semoga ilmu hari dapat membantu penyelesaian tugas akhir aku ya soalnya aku emang mengangkat judul "Efektivitas Boneka Tangan dalam Meningkatkan Kindness pada Anak Usia 3-5 Tahun".

Mohon doanya supaya tugas negara ini cepat selesai, banyak mimpi-mimpi yang menunggu untuk diwujudkan setelah ini... Aku siap berpetualang :))

No comments:

Post a Comment