Monday, November 14, 2016

Hobi baru: Panahan...

Assalamu'alaikum...

Kali ini aku akan bercerita mengenai hobi baru aku, yaitu panahan... Olah raga ini menjadi hobi baru yang aku gemari mulai awal tahun ini... :)

Awalnya, aku memang mau mempelajari olah raga sunnah (berkuda, renang, memanah). Klo renang, emang udh hobi dari kecil, aku sempet les renang waktu SD, hehehee... Lumayan, 4 gaya sudah bisa, eh gaya kupu-kupu masih setengah mahir sih, cm sekedar bisa tapi g jago... Klo berkuda, naik kuda beberapa kali juga udah pernah sih dan seruuu, aku juga suka... Nah, panahan nih yang belum pernah aku coba, olah raga yang keliatannya butuh fokus tinggi ini pun menarik perhatian aku, apalagi saat tau ada Archery Club di Al-Azhar (wah deket banget dari rumah aku....). Daftarlah aku di YISC Archery Club, buat yang mau ikutan, klubnya buat umum kok, latihannya setiap hari Minggu dan ada 4 sesi, aku ikut yang sesi 1 jam 7.00-8.30.
Awal ikutan, seru banget, aku langsung jatuh cinta sama olah raga ini... G terlalu cape, tapi emang butuh fokus dan konsentrasi tinggi sih, klo udh pegel, tangan bisa tremor dan hasil bidikan jadi g akurat... Nah klo abis renang atau basket kan biasanya lelah abis itu bisa kalap makan, enaknya panahan ini, menurut aku lho ya, g seletih klo abis renang dan basket, jadi hari Minggu pagi panahan, siang dan malemnya masih bisa aktif ikut kegiatan lain deh, in syaa Allah, hari Minggu itu bisa jadi hari yang produktif :)).

Seru lah pokoknya panahan ini... Kalau berlum pernah, kalian mesti coba, Sob (sobian banget nich ceritanya, hahaha..), kemungkinan sih akan ketagihan... :))

Jangan harap bagus difoto klo lagi panahan.
Bibir udh menyong2 :s
Ini lagi coba "tarik kering" namanya karena g pake anak panah pas narik, cuma buat pemanasan aja... Sekalian nyari tarikan yang pas, awalnya aku cuma pake 16-18 lbs, tapi sekarang klo ketawan coachnya aku diminta pake yang 22-24 lbs karena jarak targetnya juga udah 12 meter jadi butuh yang tarikannya agak berat supaya lesatan anak panahnya juga lebih ajeg dan jauh.
Evaluasi: sikut kanan kurang diangkat, tangan kiri masih bengkok...
Oh iya salah satu resiko panahan adalah kejepret, biasanya pake pelindung tangan krn suka kejepret string dan bisa sampe biru lebam lho klo kejepret, alhamdulilaah aku g pernah sampe biru walaupun beberapa kali sempet kejepret juga sih... Nah buat aku yang pake jilbab, aku memutuskan untuk pakai chest guard karena jilbab aku suka nyangkut... Ada satu lagi pelindung jari, sebutannya finger tab, ini digunakan supaya jari-jari g sakit saat narik string, klo masih pake 16-18 lbs sih 30 tarikan mungkin masih kuat tanpa finger tab, tapi klo udah 22 lbs ke atas, aku memilih untuk pake finger tab, bisa merah sampe sedikit biru Bro ruas-ruas jarinya klo g pake...
Klo kena kuning tuh rasanya bahagia banget, apalagi klo kena X... :))

Buat para wanita, asyiknya panahan adalah, g masalah klo kalian mau pake gamis dan jilbab panjang, memungkinkan kok, in syaa Allah g gerah juga :)) Cuma klo sepatu, aku sarankan pake sepatu kets, karena ujung kaki akan jadi tumpuan busur panah sementara saat kita pasang arrow...
Gambar ini diambil dari grup wa panahan... Klo udh jago dan jarak target makin jauh, biasanya pake stabilizer, klo aku kan masih tahun pertama, masih pemula :))
Menarik hati banget sih ini panahan, mmm sekarang lagi nabung buat beli busur panah... :))
*semoga aku konsisten ya menekuni hobi ini, aamiin... :))

No comments:

Post a Comment