Sunday, October 30, 2016

Temu Pendidik Nusantara 2016 : Bermain, Cara Belajar Terbaik Untuk Anak Usia Dini (Part 2)

Assalamu'alaikum,

Ini part 2 nya, kenapa dibuat 2 parts, biar part 1 itu banyakan bagian seriusnya dan part 2 ini agak lebih santai dan banyak cerita juga foto2nya... :))

Konferensi mulai pukul 8.30 dan aku seneng konferensinya tepat waktu:))

Dimulai dari aku yang nyasar dulu ke lantai 2 padahal ruangannya di lantai 1, hahaha... Jadilah pas masuk kelas udh hampir penuh kecuali bangku di depan deket pembicara, yaudah duduk di situ aja :)
Seru kok, aku seneng bisa duduk di depan :) Aku pun seneng banget pas tau ada Chiki Fauzi karena aku pengen banget ikutan ngajar di pulau-pulau kaya yang dia lakuin.
Beginilah posisi duduk aku :)
Capture dari IG @Ayomain ,difollow ya :)
Kalau lagi ikut kegiatan harusnya sih emang jangan setengah2, kali ini aku all out kok :)
Kali ini aku aktif banget, dari aktif nyatet, aktif dengerin serius, sampe saat abis nonton film "The Beginning of Life" dan diminta ada yang mau kasih pendapat, aku langsung angkat tangan dan jadi orang pertama yang memberikan komentar, hehehe... :) 

Rangkuman materinya sudah aku jabarkan di part 1 pada judul yang sama ya, jadi kita langsung loncat ke simulasi bermain, pengenalan bentuk geometri, seruu banget, ini dia sebagian foto-fotonya...

Dapet foto saat anak sedang meloncat itu senengnya bukan main, hehehe...
Anak-anak diajak main sama Ka Ale, Chiki iringin pake gitar biar tambah semangat, oh iya ada lagu yang liriknya dibuat untuk belajar geometri, kreatif ya... :)

Mendarat dengan sempurna :)
Ini dia foto kebersamaan kita semua, satu kelas ada 20an orang... Seru banget alhamdulillaah... Terus ada beberapa orang yang nyamperin aku, mereka tau aku guru cikal waktu pengenalan diri mungkin ya... Terus nanya2 tentang Sekolah Cikal, mereka seneng sama suasana sekolahnya, sama kelasnya juga (kelas di cikal itu emang dibuat nyaman dan dekoratif dengan hasil karya murid). Terus ada yang nanya, "Di sini ada kolam renangnya ya?", aku jawab "Iya ada, di sana, kalau selesai club jam 4 sore, guru-gurunya juga boleh berenang, seru banget kan... (bukan promosi berbayar lho ya sekali lagi, hihihii...). Terus ada satu orang yang tertarik ngelamar di Cikal, biasanya yang mau ngelamar di Cikal selalu nanya sama aku "Cikal lagi buka lowongan g?" Aku akan jawab "Saran aku, kalau mau ngelamar masukin CV aja, g usah tunggu sampe buka open recruitment, karena apa, karena kalau oprec itu saingannya akan banyak banget (bisa sampe 50 orng lebih) tapi yang diterima mungkin cuma belasan... Waktu dulu, aku ngelamar, barengan aku cuma 3 orang dan cm aku yang ngelamar jadi guru selebihnya jadi admin, alhamdulillah aku diterima" (Cikal lagi banyak banget peminatnya, kalau dulu belum sefamous ini, hihihihi... Makin ke sini makin famous, makin banyak yg nanya2in aku gmn caranya masuk cikal...). Kalau pendapat aku pribadi apa yang bedain cikal dari sekolah lainnya adalah bisa jadi karena guru-gurunya, temen-teman aku itu kreativitasnya gokil-gokil banget dan selalu aja banyak ide dan aku salut sama salah satu ownernya, yaitu Bu Ela yang selalu inovatif :))
TEMU PENDIDIK NUSANTARA 2016

Ngobrol-ngobrol sebentarlah sama Chiki Fauzi, aku tanya-tanya sedikit tentang menjadi sukarelawan mengajar anak pulau. Terus Chiki bilang coba ngobrol sama Ka Asta krn Ka Asta ketuanya (yang jadi moderator pas di kelas). Ngobrolah aku sama Ka Asta, aku bilang aku tertarik sekali bisa ngajar anak-anak di pulau. Akhirnya aku follow IG @jelajahpulauid nya deh... Aku selalu kagum sama orang-orang yang tergerak hatinya untuk peduli akan pendidikan, terutama pendidikan untuk anak-anak yang kurang beruntung agar mendapatkan pendidikan yang layak, salut kakak-kakak, semoga aku bisa ikutan dan banyak belajar, aamiin :))
Aku menikmati banget masa cuti aku ini, karena apa, karena aku jadi punya banyak waktu untuk ikut seminar, konferensi, ketemu banyak orang, ngobrol dan bahas hal aku sukai, aku pengen suatu saat nanti  bisa all out di kegiatan sosial sih, cuma eh ini dia kalo pas cuti gini mobilisasi banyak tapi pemasukan bulanan g ada, hahahha... (well, tapi aku selalu yakin, Allah itu Maha Kaya, rezeki itu Allah yang mengatur dan aku tekankan di sini bahwa rezeki itu tidak hanya berupa uang tapi termasuk juga teman yang baik, lingkungan yang baik, kehidupan yang berkah, hidup yang bahagia dan masih banyak lagi). Alhamdulillah semoga dapat selalu bersyukur :)
Kalau ditanya kenapa baju aku agak formal (krn biasanya aku cuek banget), abis ini mau ke nikahan temen soalnya... hehehe...
Semoga g hanya seneng dapetin sertifikatnya aja, tapi gimana caranya setelah dapet sertifikat itu, ada ilmu yang bisa diambil... Sekarang, aku berusaha untuk tulis di blog sih klo ikut kegiatan, bukan untuk show off atau apa, ini supaya ilmu yang aku dapetin g aku simpen buat diri aku sendiri aja tapi bisa aku sebarkan ke orang lain juga, semoga in syaa Allah bermanfaat... Salah satu pahala yang g akan putus saat kita meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat kan... :)
Ketika aku nulis pun aku jadi belajar lagi tentang apa yang udah aku catet, semoga g hanya jago secara teori tapi prakteknya juga karena to be honest, praktek itu jauuuuh lebih sulit daripada teori... Yup, begitulah...
Alhamdulillah ya Allah, enak banget dapet makanan khas Indonesia, yummy...
Materi sudah selesai, saatnya makan (tapi sebelumnya sholat dzuhur dulu sih karena udah adzan), lidah bersyukur, alhamdulillah...
Apa sih maksudnya lidah bersyukur? Maksud aku, alhamdulillaah aku punya lidah yang g rewel masalah makanan... In syaa Allah asal makanannya halal, aku makan kok :) Kalau pun rasanya g sesuai aku akan menjadikannya sebagai tambahan wawasan rasa (kya wasabi dan kimchi.. rasanya uniiik bgt... :s).

Sekian cerita aku, semoga yang baca g pusing karena tulisan aku berantakan dan g terstruktur... Loncat-loncat... Untungnya di blog sendiri, hehehehe... Coba kalau di tulisan ilmiah udh banyak yang harus diperbaiki sih pastinya, hehehe...

Selamat beraktivitas semua, jangan lupa berdoa ya... Kamu pasti bisa melewati tantangan hidup ini :))

2 comments:

  1. Selamat Siang Mbak Addina,

    Saya sedang blogwalking dan menemukan blog anda.
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Siang Mba Soraya,

      Salam kenal, saya menghargai usaha Mba Soraya tapi mohon maaf untuk saat ini saya belum bisa membantu... Untuk saat ini, saya memperuntukan blog saya hanya untuk hal yang bersifat pribadi...

      Terima kasih :)

      Salam,

      Addina A.

      Delete