Wednesday, October 26, 2016

Cara Bahagia...

Assalamu'alaikum,

Wie geht's? (Ya ampuuun udah lama banget g nulis dan ngomong pake bahasa Jerman)
Es geht mir gut... (Nanya sendiri jawab sendiri, hihihihihi...)

Banyak cara untuk bahagia atau sederhananya membuat hati senang dan tersenyum... Setiap orang memiliki cara bahagia yang berbeda-beda...
Ada yang bahagia liat pemandangan, entah itu melihat matahari terbit dengan langit jingga, melihat birunya laut dengan buih putih, melihat langit biru dihiasi awan putih dan burung-burung berterbangan, melihat lautan awan dari jendela pesawat, melihat gunung yang menjulang, melihat kapal-kapal di dermaga, melihat salju yang turun perlahan dari langit, melihat dedaunan yang basah karena hujan, melihat langit senja kemerahan, melihat langit gelap dihiasi ribuan bintang, dan masih banyak lagiii...
Ada yang bahagia mendengar suara alam, entah itu gemercik air, dentuman ombak yang menabrak karang, kicauan burung, angin yang berhembus, dan masih banyak lagi...

Kalau kamu yang mana? (Kamu: yang diajak bicara; yang disapa. KBBI online) -->>
Maaf g penting :p

Kisah mulai ditulis saat sudah larut malam begini... Saat udah pulang ke rumah setelah seharian di luar, saat udah mandi, gosok gigi, selimutan, dan siap tidur, hahahhaa...

Membagi cerita bahagia boleh kan... Aku mungkin memang salah satu manusia terrandom...
Hari ini (Selasa), jadwalnya kelas sosial di sekolah tempat aku mengajar... Alhamdulillah, tempat aku bekerja membuka kelas untuk keluarga prasejahtera seminggu sekali... Kelasnya dimulai pukul 15.30 saat kegiatan belajar mengajar Sekolah formalnya sudah selesai... Aku udh 3 tahun gabung jadi salah satu pengajar kelas sosial ini... Meskipun aku lagi cuti kerja, tapi setiap Selasa aku sempetin dateng... Penelitian tesis aku memang mengambil subjek anak kelas sosial ini...
Random nya di bagian mana ya?
Jadi, hari ini aku tiba-tiba kepikiran aja mau kasih edukasi tambahan mengenai pentingnya bercerita. Bismillah, aku izin sama rekan guru yang lain abis itu aku kumpulin Ibu-ibunya di satu kelas dan mulai deh bicara... Aseli awalnya deg-degan... Knp deg-degan? Ya gimana g deg2an, yang pertama, aku belum punya anak tapi udh mau sharing mengenai dunia anak ke mereka, yang kedua, ibu-ibunya ada sekitar 40 orangan, ketiga, aku g ada persiapan (berbekal ilmu yang selama ini aku pelajari aja), keempat, aku g nyediain alat bantu apapun... (Otak random, semakin random semakin jalan, semakin natural).

Bismillah, in syaa Allah niatnya kan baik...
Awalnya, aku buka dengan sapa-sapa ringan nih (padahal mah deg-degan), terus aku mulai deh jelasin tujuan aku ngumpulin Ibu-ibu di ruangan karena apa, kemudian jelasin aku mau melakukan penelitian yang tujuannya bla bla bla...
Ternyata seneng banget lho, alhamdulillaah ngobrol-ngobrolnya berjalan lancar, mereka juga aktif bertanya tentang perkembangan anak mereka... Seruuu... bahkan karena waktunya masih ada, aku sempet berbagi rangkuman seminar pendidikan seksual sejak dini pada anak, mereka antusias sekali dengan tema ini...

G terasa hampir sejam kita ngobbrol-ngobrol lho... Seru banget, serius tapi santai...
Saat sudah bubar eh ada satu Ibu nemuin aku... Beginilah percakapan kami...
Ibu : Miss anak saya mau kenalan (anaknya perempuan)
Aku : Oh iya... Addina... (sambil salaman)
Ibu : Anak saya nanya Miss ambil kuliah apa, dia pengen kya Miss bisa ngajar di Sekolah...
Aku :Aku ambil jurusan psikologi anak usia dini... Kamu sekarang SMP apa SMK?
Anak : SMK
Aku : Wah alhamdulillaah, iya pasti bisaaa :)) Semangat terus ya belajarnya...
Seneng banget sih klo denger ada yang mau jadi guru :")

Cara bahagia setiap orang berbeda-beda, kalau aku, ternyata aku bahagia dengan ketemu banyak orang, dengan sama-sama belajar, aku sharing pengetahuan teoritis yang aku dapetin, aku belajar realita kehidupan dari Ibu-ibu yang udh punya anak... Teori itu idealnya, kenyataannya belum tentu kan... Makin banyak diskusi makin banyak ilmu baru... Sukaaa sekali hari ini...

Sangking aku senengnya, sampe rumah aku semangat banget cerita ke mama... "Ma, tau g ma, tadi aku ngobrol sama Ibu-ibu, seru deh, mereka berbagi cerita tentang anaknya..." dst dst dst...

Ya Allah, alhamdulillah Engkau memberikan kebahagiaan kepadaku dengan cara yang unik...
Ya Allah semoga pengetahuan dan ilmu yang aku dapatkan dapat bermanfaat secara nyata, semoga ilmuku berkah... Aamiin... :)

No comments:

Post a Comment