Monday, February 11, 2019

Bakeasy by Cookpad Part 1: Pengalaman Membuat Quiche

Beef Mushroom Quiche


Assalamu'alaikum teman-teman, kali ini aku mau nyeritain pengalaman pertama aku saat ikutan kelas masak mandiri di Bakeasy by Cookpad (lokasinya ada di daerah Senopati).
Awalnya, aku tau kelas baking ini itu dari IG story temen aku, terus aku ngerasa kok seru dan lucu banget tempatnya. Yaudah, meluncurlah aku ke IG @bakeasy_by_cookpad deh, untuk pilih menu silahkan mampir ke @bakeasy.menu, ada sekitar 25 menu dengan harga berbeda, yang bisa kamu pilih lho! Nah aku booked ovennya via whatsapp (WA).

Jeng jeng! Hari yang dinanti pun tiba... Aku dateng sendirian dong, ya maklumlah bingung mau ajak siapa karena siang bolong di hari kerja pula...

Pertama kali masuk, kita akan disambut sama Staff yang ramah (Mba siapa ya namanya aku lupa, huhuuu padahal udah kenalan). Aku memilih menu (aku pilih Beef Mushroom Quiche), kemudian aku selesaikan pembayarannya (untuk menu Quiche ini harganya 180k). Terus, aku dijelasin peraturan selama ikutan kelas di Bakeasy ini. Kelas masak di sini itu unik, kenapa? Karena kita selfbaking gitu lho... Panduannya masaknya udah ada di Ipad, jadi kita tinggal ikutin instruksi lewat Ipad. Keliatannya gampang ya? Eits jangan salah, meski instruksi sudah diberikan dengan sangat jelas tapi hasilnya bisa beda-beda lho setiap orangnya... Klo kamu g percaya, silahkan coba langsung deh...
Bagi aku, baking itu sangat butuh ketelitian dan kesabaran. Ya bayangin aja, itu takaran harus sesuai klo ngga bisa gagal deh, ya bisa jadi adonannya g ngembang alias bantet, atau malah terlalu ngembang, bisa gosong klo salah atur suhu oven atau ninggal oven kelamaan, dan beribu sebab lainnya.

Selanjutnya, ketika Ipad sudah di tangan, aku mulai menonton video pembuatan Quiche selama 2 menit biar ada gambaran (padahal mah aku udah prepare dengan nonton 5 kali video bikin Quiche sebelum hari itu). Saatnya menakar dimulai...
Saat menimbang bahan-bahan yang dipakai, ada cerita kocak nih. Aku yang g biasa pake timbangan digital kan bingung ya makenya gimana, misa di bahan tertera 25 gram terus berat wadahnya itu 25 gram, aku jadi mikir berarti pas ditimbang 50 gr totalnya (ini dalam hati aku bilang, ya ampuun matematika banget ini perlu ngejumlah-jumlahin). Ternmyata oh ternyata g begitu cara nimbang pake timbangan digital. Ada orang di situ yang ngasitau akau caranya, ternyata pas wadah ditaruh kan mncul angka 25g, bisa di ke 0-in dong dengan satu tombol yang ada di sebelah kanan, hahahaha dalem, hati mau ketawa mirislah...

Baiklah, mari kita lupakan sejenak ketidaktahuannku itu, hahahaha... Nah di bawah ini nih gambar bahan-bahan membuat Quiche. Eh itu bahannya udah bagian ke-2 deng, bagian pertamanya untuk buat kulitnya g aku foto. Buat semuanya bagian ini aku sendiri lho...

Bagian tersulit: lihat gambar
Bagian tersulit pada pembuatan Quiche ini bagi aku adalaaah waktu mau buat kulit Quiche nya... Kenapa? Klo yang udah sering baca blog aku tau dong aku anaknya berantakan dan g rapi, tetapi pada kesempatan kali ini aku dituntut untuk menjadi orang yang sabar, rapi dan hati-hati... Aku diminta nipisin adonan (g boleh ketipisan dan g boleh ketebelan), ketebalan sebisa mungkin sama rata, dan bentuknya lingkaran dengan besar 2 cm lebih besar dari cetakan...Waktu ngerjain bagian ini, aku bismillaah aja, pelan-pelan dan dibawa enjoy ajalah... Alhamdulillaah berhasiiil, yeay...

Adonan ditaruh dicetakan
Saat menaruh adonan yang udah aku pipihkan tadi ke cetakan juga butuh perjuangan, angkat adonananya harus hati-hati dan direkatkan ke cetakannya juga pelan-pelan... Alhamdulillah cantik dan rapi juga yaa kaaan :)).
Ditusuk-tusuk deh sebelum dipanggang
Penampakan setelah keluar dari oven nih.



Ternyata adonananya sedikit mimpes sodara-sodara tapi alhamdulillah masih cantik kan pinggirannya. Cuma entah mengapa di dalamnya ada beberapa lubang yang retak.
Tuang heavy cream dan taburi keju.




Saatnya memasukkan sosis dan jamur.

Siap masuk oveeen.
Alhamdulillaah, berjibaku ku terbayar :))
Voila, Beef Mushroom Quiche ala Addina jadi juga :).
Alhamdulillaah Quiche aku jadi juga... Nah klo ada yang beranggapan, "Yaiyalah pasti jadi kan udah ada step by stepnya", cobain langsung deh sini. Aku aja liat di depan aku sama-sama bikin Quiche tapi hasilnya beda. Orang itu sampe bilang, "Kamu kuenya cantik". Ini aku aja pelan-pelan banget mindahinnya karena Quiche itu "Fragile" sodara-sodara, bisa ancur klo mindahinnya kasar... 

Oh iya yang aku suka lagi dari konsep di @bakeasy_by_cookpad adalah abis kuenya jadi, kita bisa foto kuenya pake properti yang ada di sana. Yaudah karena akhir-akhir ini aku juga tertarik sama foodphotography, langsung deh aku tata dan jeprat-jepret. Nah klo foto di atas sedikit keterangan ya cahayanya, itu aku pake filternya instagram.

Kesan keseluruhan aku selama kelas di Bakeasy ini adalah seruuu... 
Nantikan postingan aku berikutnya karena aku udah 3 kali ikutan kelas di Bakeasy dengan menu berbeda... :)

Selamat mencoba, semoga postingan kali ini bermanfaat ya, aamiin...

No comments:

Post a Comment