Thursday, August 9, 2018

Sirloin Steak Ala-ala :)

Assalamu'alaikum,

Kali ini, aku mau berbagi resep simpel cara masak Sirloin Steak. Inspirasi memasak kali ini datang karena menonton youtube Gordon Ramsay. Aku biasanya nonton 3-4 youtube channel sebelum aku masak sesuatu, ada juga yang aku tambah dengan baca blog orang, abis itu biasanya aku modifikasi deh :).

Resep Sirloin Steak ala Addina:
- 200gr Daging Sapi Sirloin
- Salted Butter (aku biasanya pake Elle&Vire / Orchid / Lurpak / Anchor)
- Garam
- Lada (lebih enak lagi pake black pepper yg masih agak kasar)
- Bubuk Paprika (optional)
- Rosemary (optional, ini rasa dan aroma Rosemary juga kuat banget, klo mau yang light, g usah pake juga udah enak kok)
- Bawang Putih (optional, kali ini aku g pake soalnya bagi aku rasa bawang putih itu terlalu kuat dan bikin rasa dagingnya terganggu, tapi balik lagi ke selera ya)
- Olive oil (optional, kali ini g pake soalnya olive oil di rumah lagi abis)

Voila Sirloin Steak ala Addina. So yummy so buttery :). Masya Allah.
Cara memasak:
1. Daging yang udah dibeli kan masih tampak berair ya, keringkan dulu pake tisu makan sampe benar-benar kering.
2. Potong daging menjadi 4 bagian klo dirasa daging terlalu besar (karena aku bukan pro, aku takut kematangan dagingnya g seperti yang aku harapkan jadi biasanya 1 daging 200gr aku potong jadi 3-4 bagian).
2. Taburi garam, lada, dan bubuk paprika (boleh juga dipakein olive oil klo ada), secukupnya. Dilumuri deh ke seluruh daging hingga merata.
3. Diamkan daging 4 jam - seharian (taruh di kulkas tapi bukan di freezer ya) supaya bumbu meresap.
4. Lelehkan salted butter pada penggorengan anti lengket secukupnya, tunggu sampai benar-benar panas (klo kata Chef Yuda supaya dapet hasil daging yang luarnya crispy tapi dalemnya juicy).
5. Taruh daging, biasanya klo udah panas banget dagingnya sampe berdesis, masukkan Rosemary, miringkan penggorengan abis itu butter yang sudah mencair diambil pake sendok dan dikucurkan ke bagian atas daging (kira-kira sekitar 3 menit).
6. Balik daging, lakukan hal yang sama (kucurkan lelehan butter di atasnya, sekitar 3 menit juga).
7. Kemudian angkat dan istirahatkan daging sekitar 2-3 menit.
8. Iris tipis-tipis deh (rasanya happy klo liat tingkat kematangannya sesuai sama yang diharapkan).

Klo dipakein Rosemary jadi lebih cantik saat difoto, hahahaha...
Penampakan saat dipotong-potong, aseli ini juicy banget :)
Nah klo menurut kalian, daging aku itu tingkat kematangannya medium apa medium well??? Aku rasa di tengah-tengahnya, hehehe... 
Komentar jujur, aseli ini super enak, empuk banget dagingnya, dan gampang buatnya. Oh iya, aku pilih Sirloin Steak karena bagian lemaknya aku suka banget, lumer di mulut.

Selamat mencoba ya :).

No comments:

Post a Comment