Tuesday, February 28, 2017

Training Penyelamatan Bencana Gempa Bumi

Assalamu'alaikum...

Hari Senin, 27 Februari 2017, di Sekolah tempat aku ngajar ada training penyelamatan pada bencana gempa bumi oleh Mr. Sam dari Australia....

Aku akan tulis beberapa ulasan training kemarin ya...

Mr. Sam bilang bahwa yang paling penting adalah kita harus tau lingkungan sekitar. Di mana letak benda-benda, di mana tempat yang aman saat terjadi bencana, berapa jumlah meja, berapa jumlah kursi, berapa jumlah orang dalam satu ruangan.

Jadi Mr. Sam bilang dan menegaskan juga bahwa penyebab kematian yang pertama kali pada bencana adalah karena panik.

Kalau ada gempa bumi, inget 3 hal "Drop, Cover, Hold". Maksudnya adalah klo saat gempa kita dalam posisi berdiri, kita harus segera jongkok, abis itu lindungi kepala dengan tangan sambil segera masuk ke bawah meja, dan pegang kaki mejanya supaya g membahayakan krn kan gerak-gerak.

Tempat yang aman untuk berlindung adalah di bawah meja atau kursi untuk melindungi kepala dari kejatuham benda di sekitar kita. Bisa juga berlindung di sudut karena biasanya sudut itu punya kerangka bangunan yang lebih kuat. Kalau ada kaca besar, hindari, karena saat gempa kemungkinan kacanya akan pecah menyebar, tapi kalau kita di bawahnya masih gpp. Kalau ada kaca kecil hindari berada di bawahnya krn kemungkinan kacanya akan jatuh. Tipsnya, supaya kaca lebih kuat dan g pecah, pakai lakban terus kya kasih tanda x di kacanya.

Hindari juga ada di bawah AC, selain bisa ketimpaan, AC yang jatuh juga bisa menimbulkan api atau ledakan.

Simpan makanan kaleng dan air minum di dalam ruangan, ini dimaksudkan seandainya kita masih hidup tapi kejebak di dalam ruangan krn gempa. Makanan kaleng dan minuman bisa untuk bertahan hidup.

Evakuasi dilakukan saat gempa sudah benar-benar selesai karena biasanya setelah gempa pertama akan ada gempa susulan.

No comments:

Post a Comment