Saturday, March 25, 2017

Playground of Bali

Assalamu'alaikum,

Tim Sukses Playground of Bali
Alhamdulillaah it's a wrap...

Ini dia perjalanan Palyground of Bali...
Tahun ini, alhamdulillaah Cikal menyelenggarakan event tahunan Playground of Bali... Ini adalah salah satu acara tahunan terbesar Sekolah Cikal yang melibatkan seluruh bagian dalam komunitas Sekolah Cikal, dari pendidik, murid, orangtua, dan lain-lain.
Sepertinya, event ini melibatkan ratusan bahkan mencapai ribuan orang.
Meski ini tahun ke-4 buat aku berada di Sekolah Cikal tapi sayangnya aku belum pernah ikutan event ini karena selalu berbarengan dengan masuk kuliah. Paling aku cuma bantu pas gladi bersih aja... Hiks2...
Kali ini, temanya Playground of Bali... Event ini diadakan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki... Para penampilnya dari kelas kakak-kakak (umur 2 tahunan) sampai kelas 5 SD. Semuanya wajib ikutan :))

Rasanya bergabung dan menjadi bagian dari event ini begitu menyenangkan dan seruu :)
Alhamdulillaah...

Ini beberapa foto pada hari Kamis, saat gladi resik.
Kelas kaka-kakak yang hebat... Really  happy.... :)
Aku sebenernya ngajar kelas bayi-bayi dan adik-adik (7 bulan - 2 tahun), tapi kelas aku belum ikutan. Jadi, aku bantuin kelas-kelas lain deh...
Oh iya, intermezzo ya, banyak banget yang nanya ke aku klo bayi-bayi diajarin apa... Kelas Bayi-bayi dan Adik-adik Sekolah Cikal ini lebih ke kelas parenting juga karena pendampingnya ikutan... Semenjak masuk kelas bayi-bayi, dari awal aku ngerasa ilmu aku masih cetek makanya aku bercita-cita ambil kulah psikologi anak usia dini dan alhamdulillaah cita-citanya terwujud :).

Lanjut cerita mengenai gladi bersih Playground of Bali..
Aku harus berhadapan dengan anak yang usianya lebih tua dibanding anak yang biasa aku ajar... Ternyata cara menghadapi mereka juga butuh trik khusus yang berbeda, aku banyak belajar dari guru kakak-kakak... Seru juga mereka udah bisa diajak diskusi dua arah untuk buat kesepakatan.. Cara nenangin mereka yang nangis, bisa dengan cara dihibur pake nyanyian atau dialihkan pakai kegiatan yang menyenangkan...
Dari berbagai cara, aku paling tertantang dengan cara diskusi dua arah sih sama mereka, karena butuh banget bicara yang sabar, tenang, dan g boleh emosi...
Harus kasitau mereka kenapa mereka g boleh nangis, harus kasih alasan yang logis dan g terlalu berat. Bilang klo nangis terus nanti bisa cape, mata perih, dan sesek nafas. Boleh sih nangis tapi g perlu lama-lama.
Awalnya, aku juga g tau klo cara diskusi ini udah bisa diterapin ke anak yang kecil banget... Tapi berdasaran teori dan udah aku praktekin, it works lho... Beneran alhamdulillaah berhasil... :)
Saat makein kostum, perlu diskusi juga supaya mereka semangat dan mau...
Saat tampil ke panggung, di backstage mereka hebat-hebat banget, padahal gelap banget dan panggung di TIM itu besar banget karena emang buat pertunjukkan profesional kan... Paling mereka cuma meluk guru-gurunya klo pas gelap...
Bangga banget sama mereka... Love you kids :*

Lanjut hari H. it's the DAY...

Dresscode kali ini adalah hitam dengan sentuhan Nusantara...

Siap bertugas :)
Aku udah standby dari jam 7 kurang di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki... :))
Rekan BBAA (Bayi-bayi dan Adik-adik) kembaran pake slayer batik Garut.
Kami bertiga (girls squad), masuk ke kelas-kelas... Sedangkan partner kami yang paling hits secikal raya gabung di tim musik, ya main suling, dan main alat musik apa aja deh hampir semua bisa... Bersih-bersih juga bisa, hahahahha... Piss yooo, suaminya Tante Rizka :")

Ala-ala Bali

Tim yang semua anggotanya unik a.k.a aneh... Aneh sama unik beda tipis hahahaa...
Sesi ke 1
Anak udah mulai berdatangan dari jam setengah 8. Akan tampil jam 10 pagi. Aku gabung di kelas Kakak-kakak (umur 2 tahun), lucu-lucu banget mereka, ya meski pasti ada aja yang masig nangis dan sedih saat perpisahan sama orangtuanya. Tugas aku dan temen-temen adalah, nemenin merka makan, gantiin mereka kostum, dan ajak mereka bermain bersama... Seruu soalnya mereka lucu-lucu dan gemesin...
Hahahaha... Krucil dengan segala kelucuannya... :))

Merinding disco, mereka kereen bangeet :))
Sesi ke-2
Aku bantu kelas PreK (Anak usia 3 tahun), beda lagi nih karakteristik anaknya... Mereka udah banyak banget ngomonng, kritis nanya ini itu, apa aja dikomentarin... Aku harus berpikir keras untuk jawab pertanyaan mereka, hihihihi... Aku happy-happy aja karena tetep aja bagi aku merka gemesi, hihihihi...
My lovely kruciiilz...


Duduk di bangku nomer 13
Paling haru itu saat selesai curtain call dan nganterin anak ketemu orangtuanya, mereka berpelukan dan orang tuanya senyum bahagia karena bangga sama anaknya... Saat orangtua bilang terima kasih ke kami dengan senyum bahagia itu rasanya lelah letih seharian riweh, hilang sudah... Jadi terharu mau nangis :")

Alhamdulillah aku seneng banget...
Terima kasih ya Allah telah diberikan kesempatan ini, soalnya klo rencana aku terwujud, sepertinya aku udah g bisa ikutan acara ini lagi karena mungkin aku sudah ada di tempat yang berbeda...
Well, pengalaman ini g akan aku lupain... Siapa tahu klo aku punya anak, aku bisa sekolahin anak aku di Cikal dan bisa liat mereka performance, hehehe :))

No comments:

Post a Comment