Wednesday, September 11, 2013

My First Day

Alhamdulillah hari ini adalah hari pertama aku masuk kerja (masih masa uji coba sepertinya)

Tadaaaa.... Surprise... Aku jadi asisten guru untuk anak-anak pre Kindie (3 tahun). Tau kan anak umur 3 tahun itu lagi masa-masa ngegemesin dan aktif-aktifnya, hiihihihi.... Satu kelas jumlah anaknya 7 orang... Waktu ketemu anak-anak aja bahagianya udah luar biasa kan... Eits tantangan dimulai... Liatin mereka mainan pasir, eh ada temen yang naro pasir di atas kepala temen yang lainnya, hahahhaa... Aku mengamati mereka bermain aja... Waktunya masuk ke dalam kelas, kegiatannya adalah bermain dan belajar... Awalnya sekitar setengah jam untuk main-main di dalam kelas. Ada yang main kasir2an, blok balok, lilin malam, dan joget2 mengikuti musik... Aku ikutan mainan cobaa, aku masih suka main ternyata, hahahaha... Yaudah aku mainan lilin malam aja, mereka aku ajarin buat bulatan, bentuk lonjong, buat tas, buat orang, buat bunga, dll (untung masih inget, masa-masa Tk cukup berkesan bagi aku :") ).

Menemani anak-anak bermain itu butuh energi ekstra ternyata, mereka aktif banget... Aku ikut lari-larian, loncat-loncat, dan nari bareng mereka, hahahha.... Hari ini ada 2 sesi kelas... Bagus lah buat aku olahraga :p (udah lama g gerak). Oh iya, kan main loncat-loncatan, lupa klo tadi anaknya ada yang abis makan, jadilah dia muntah (tadaaaa hari pertama disambut dengan anak yang muntah). Oke saatnya belajar, tadi berusaha g panik liat anak yang muntah.... Bantuin gurunya bersihin sedikit muntahannya (diminta biar ob aja yang bersihin, takut malah g bersih nanti). Tantangan berikutnya adalah anak yang ngantuk sukanya gelendotan manja, jadi g fokus deh saat ada pelajaran... Kadang mereka g betah duduk, sukanya berdiri, jalan-jalan.... Aku berusaha ngasitau mereka untuk fokus ke penjelasan guru yang lagi ngajar di depan... Saat pelajaran berlangsung, celetukan polos mereka itu lho yang bikin ketawa... Terus ada pertanyaan random dari salah satu anak...
Anak bule : Miss, kok pake kerudung?
Aku : Iya dong, emang kenapa? Kamu kok g pake?
Anak bule : (Diem dulu sejenak) Iyaaa, soalnya kerudungnya lagi rusak.... (hahahhaha jawaban ngarang bgt g sih :p)

Anak : Miss ini apa (buah yang dia bawa di tepa)?
Aku : Ini namanya buah anggur, grape...
Anak : Ada bijinya (sambil makan)
Aku : Yaudah, dimakan dulu aja nanti bijinya dilepeh eh dibuang maksudnya
Anak : (Ngerasa aneh, akhirnya dia gigit dulu setengah, diubek2 dulu sampe ketemu bijinya, dibuang, baru dimakan)
Hahahahhaa....

Anak 1 : Miss, aku mau pipis
Anak 2 : Aku juga
Anak 3 : Aku juga
(semua anak tiba-tiba bilang mau pipis...) Ikut-ikutan mode on, hahahhaaa....

Untuk ukuran hari pertama, pengalaman hari ini udah wow banget sih... Banyak belajar, emang butuh kesabaran untuk berinteraksi dengan anak-anak dengan sejuta pertanyaan yang mereka ajukan (belajar bangeeet gimana caranya bisa kasih jawaban yang pas dan bisa mereka pahami).

Kan main-main udah, belajar udah, terakhir saatnya makan... Mereka pinter-pinter banget, bisa makan sendiri... Salut bangeeet :") Paling klo ada makanan yang dibungkus, minta tolong bukain "Miss, tolong bukain" rasanya mau bilang "Siapa sih sayang yang g mau bantu bukain klo minta tolongnya dengan muka yang setulus itu :")" *Gemeeees, pengen aku pelukin satu-satu.... :")

Oke besok siap main-main sama anak kecil lagi, yeay.... Besok cuma satu sesi, abis itu mau izin ambil ijazah... Oh iya next post harus sempet aku ceritain ah tentang pengalaman dalam perjalanan nulis skripchen, takut keburu lupa... Sampai bertemu di tulisan berikutnya yaaaa:)

Hap hap hap harus tetap semangaaaaat :")

No comments:

Post a Comment