Sunday, March 17, 2013

Menilik Sisi Lain Kehidupan

Keong Beracun, begitu kata salah satu penghuni Lapas

Bagaimana tidak , siapa sih yang mau tinggal di balik jeruji besi :(

Sabtu, 16 Maret 2013

Kami banyak belajar dari mereka :")

Ya, hari ini aku berkesempatan untuk belajar tentang kehidupan di sini -Lapas Wanita Tangerang

Ini adalah kegiatan charity ke-2 dari Hijabers Community Jakarta (yang pertama kali ke R.S. Dharmais). Kali ini kami dari HC JKT akan menyalurkan infaq dari temen-temen yang dateng ke pengajian bulanan HC JKT (kami belanjakan jilbab, mukena, dan sajadah)

Acara akan dimulai pukul 8 pagi. Aku sudah siap di Kober pukul 6.40, menunggu temanku Wina yang kebetulan juga divisi acara. Awalnya nih, yah maklumlah sebagai manusia, serem juga denger kata lapas 
(padahal ini udh eufemisme, apalagi klo disebutnya penjaraa, huaaa serem). Eits tapi ternyata g seserem yang dibayangkan kok, dibayangan aku itu nanti ketemu preman-preman wanita yang sangar, bertato, dan cowo abis. Itu dia makanya Allah melarang kita untuk su'udzon (berprasangka buruk), cape sendiri kan mikir seserem itu, padahal kenyataannya tempatnya bersih dan orang-orangnya subhanallah welcome sekali. G ada tuh kya di film2 yang jutek-jutek gitu. 

Sesampainya di Lapas, kenalanlah aku sama volunteer pengajar tetap di Lapas (masih muda-muda lho, sepantaran aku). As always, aku selalu kagum dan terkesima sama volunteer di tempat-tempat sosial. Subhanallah tulus banget merekaaa :")
Menujulah kami ke mushola, mereka (penghuni lapas) lagi mengaji, ada juga yang lagi sholat sunnah. Liat peristiwa itu, langsung jlebb, kagum campur tertohok. Mereka dengan segala keterbatasan yang ada, semangat  menuju Allah nya besar bangeet :"). Acara dibuka dengan hafalan asmaul husna (mereka hafal lho, aku belum *nangis malu). Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan, pengenalan dan tujuan kunjugan HC JKT kali ini, dan tausyiah dari Ka Oki Setiana Dewi (yang jadi Anna Althafunisa di Film Ketika Cinta Bertasbih itu lhoo, pada tau kan pastinya...). Seneng banget deh aku dengerin tausyiahnya, g bersifat menggurui dan bahasanya mudah dicerna. Ka Oki membahas tentang "Dzikir dan Doa" (Keutamaannya, kenapa doa tidak dikabulkan, dan adab berdoa supaya doa terkabul). Aku coba rangkum tausyiahnya Ka Oki yaaa temen-temen.... :)
Ka Oki Setiana Dewi
Rasulullah bersabda, bahwa seringan-ringannya ibadah adalah dzikir.
Paling ngena waktu Ka Oki bilang "seorang muslim akan bergetar hatinya ketika disebut nama Allah, jika tidak, maka ada yang salah dengan hatinya."
Ketika perbuatan dosaa yang diulangi lagi dan lagi sehingga menjadi suatu kebiasaan, maka hati lama-lama akan menjadi keras,dan kerasnya hati bisa lebih keras daripada batu.

Keutamaan Dzikir
  • Hati menjadi tenang (Dan hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang)
  • Mencegah dari perbuatan maksiat
  • Terlindung dari gangguan syeitan (baik yang berwujud manusia atau jin)
(padahal ada banyak poinnya, hehehe ini seinget aku aja lho... :))

Keutamaan Doa
  • Bisa merubah takdir
Alasan kenapa doa tidak terkabul
  • Terlalu banyak melakukan maksiat (sehinggga perbuatan dosa sudah menjadi suatu kebiasaan)
  • Masuknya makanan dan minuman haram
  • Tergesa-gesa
  • Berdoa hal buruk (ketika berdoa itu , penduduk langit (para malaikat) akan berkata doa yang sama untukmu, jadi klo doanya buruk, nahlo apa yang akan terjadi??? na'udzubillah) 
 Adab berdoa
  • Niat dengan tulus
  • Berwudhu (dalam keadaan suci)
  • Menghadap kiblat
  • Mengadahkan kedua tangan
  • Husnudzon kepada Allah doa akan dikabulkan
  • Mengutamakan mendoakan diri sendiri, kaum muslim, baru yang lain)
Doa itu insya Allah terkabul selama orang yang didoakan tidak mengetahuinya...
Apakah doa manusia diterima Allah atau tidak itu hanya Allah yang tau...
Mata manusia terlalu kecil untuk menilai baik dan buruknya seseorang, hanya Allah yang berhak menilai manusia.

Bagi aku sih tausyiahnya ngena banget di hati, subhanallah lah, jadi pembelajaran buat diri sendiri juga... Dilanjutkan sesi sharing dari penghuni lapas (banjir ini banjir, luar cuma setetes dua tetes, tapi hati mah udah banjir). Ada yang masuk lapas karena hutang piutang (ditipu saat perjanjian hitam di atas putih), ibu ini sampe struk karena beban pikiran :s aaa sediih. Ada juga yang karena suaminya main judi, wanita muda ini g mau suaminya masuk penjara jadi dia aja yang masuk penjara, padahal waktu di penjara dia lagi hamil 5 bulan coba, terus suaminya malah menikah lagiii.... huaaa dimana hati nuraninya.... Ada juga mak cik dari Malaysia, niat pas pensiun mau naik haji, eh pas ke Indonesia, dia dijebak sama temennya, jadi ditemukan narkoba di tasnya :s.  Nah sama Mak Cik ini aku banyak ngobrol deh, kebetulan Mak Cik juga suka ngrobrol orangnya, alhamdulillah Mak Cik sudah 7 kali khatam Qur'an selama 2,5 tahun di lapas. Mak Cik sempet bilang (umur mak cik 52. "kenapa saya baru dipenjara sekarang, kenapa tak dulu waktu masih bandel saat muda, kenapa skrng, tapi ya mungkin ini sudah jalan Allah untuk saya, saya di sini supaya ilmu saya cukup sebelum saya pergi haji), Mak Cik punya anak 7 tapi g satupun anaknya pernah nengok Mak Cik huhuhuhuhuhu.... 
Terus obrolan sama Mak Cik pun berlanjut sampe nanya tanggal lahir aku, plus bulan dan tahun, ya aku sebutin ajalah... 
Eng ing eng tiba-tiba Mak Cik bilang...
 "Ada suami orng yang sedang naksir kamu"
Aku : hahahaha, suami orang? (ketawa bangetlah aku, ya kalii suami orng, interaksi sama laki-laki aja hampir g pernah, ada-ada aja nih si Mak Cik)
Mak Cik : ya kurang dari 3 tahunlah kamu menikah (klo ini anggep aja doa, jadi di aamiin kan saja
Aku : Tau darimana Mak Cik?
Mak Cik : yah firasat aja, tapi hanya bayangan Mak Cik, semuanya Allah yang menentukan...
Yah percakapan dengan Mak Cik buat aku ketawa aja, aku serahkan semuanya pada Allah aja... Allah Maha Tahu apa yang manusia tidak tau :)

Acara pun selesai saat tiba waktu dzuhur, kita sholat berjama'ah. Setelah itu lanjutlah aku ngobrol-ngobrol dengan salah satu ibu di sini, sebutannya Bunda. Bunda terkena kasus penggelapan uang 86 M :s. Huaaa... Aku tanya "vonisnya berapa lama Bunda?" dan Bunda menjawab "20 TAHUN", masya Allah siapa yang g lemes dengernya, 20 tahun kan lama banget. "Bunda di sini udah berapa lama?" "Cepet kok ini g terasa, udah 5 tahun." Ah tetep aja lemes dengernya, jadi gila kali klo aku yg kena vonis 20 tahun.... :(

Seusai sholat dzuhur, kunjungan pun dilanjutkan ke tempat penghuni lapas menyalurkan kreativitasnya, ada yang buat desain baju, merangkai bunga, membuat keset, gantungan kunci dan lain sebagainya. Pokoknya mereka ditatar supaya bisa juga mengerjakan kerajinan tangan, seneeng banget liatnya, selalu suka sama orang kreatif :) Hasil karya mereka dijual juga lho.... :)

Tulisan aku ini g sedetail kunjungan aslinya sih, pokoknya intinya kunjungan kali ini luar biasa, aku jadi bisa melihat sisi lain kehidupan, klo membandingkan kehidupan kita sama yang ada di atas terus, jadinya kita ngerasa kurang mulu, ngeluh mulu, g pernah cukup... Perlulah lihat juga sisi lain kehidupan yang g selamanya indah, jadi bisa mengetuk hati, buat kita bersyukur, bersyukur, bersyukur, malu kali jadinya, mereka aja yang dikasih cobaan segitunya g ngeluh, masa kita yang bisa hidup menghirup udara bebas ngeluh mulu. Mereka malah semangat menuju Allahnya tinggi banget, rajin ngaji, sholat dll. Klo kita sampe lupa kpd Allah padahal kita udh dikasih kebahagiaan luar biasa, malu g sih... Kunjungan-kunjungan kya gini nih yang perlu banget, biar hati kita g jadi keras, banyakin deh bersyukur... 

Hijabers Community Jakarta bersama para volunteer pengajar :)

Jujur ya, sampe kosan aku nangis banget, jd bersyukur banget mama papa aku sehat walafi'at, adik-adik aku juga, mereka punya prestasi masing-masing, pokoknya jadi bersyukur bgt bgt bgt... Alhamdulillah... Terus jd tengiang-ngiang tausyiah ka Oki, jadi klo mau minta sama Allah, pertama-tama minta maaf dulu (istighfar), puji Allah dulu (dzikir), baru deh berdoa minta yang banyak dan detail kepada Allah... Kunjungan kali ini menyentuh banget, banyak banget pelajaran yang bisa diambil dan insya Allah bermanfaat, mereka bisa sharing terus dapet mukena, jilbab, dan sajadah. Kita yang ngunjungin dapet pelajaran kehidupan, melihat sisi lain kehidupan... 
Jadi g sabar mau ikutan acara charity selanjutnya....
Wanda, aku, Tria, Wina, dan Ka Fika :)

Akhir kata semoga mereka tetap kuat mejalani kehidupan di sana, semoga hidayah Allah tetap melingkupi mereka yang di dalam sana, dan kita semua yang di luar sini. Aamiin... 

Semoga tulisan ini bisa diambil hikmahnya, terutama bagi aku sih ini yang masih belajar juga.... :")



No comments:

Post a Comment